Google+ Followers

Wednesday, January 15, 2014

#1Hari1Ayat - Mengapa Harus Ada Kilat ?


Posting 15 – Serial Tadabur Alam – Tentang Halilintar ketakutan dan harapan
Saat event #1Hari1Ayat ini digelar, bersamaan dengan musim penghujan, tak jarang saya menulis ditemani halilintar menyambar-nyambar sehingga Rafi dan Radit bergegas kruntelan ( berdesakan) di dekat saya sambil melingkar.

“Kenapa sih Ma Allah menciptakan kilat, petir dan halilintar, bikin kaget saja”, begitu tanya si Rafi. Ah ya seringkali dalam kehidupan kita merutuk, bersungut-sungut mengapa Allah harus menyusahkan hidup dengan hal-hal yang kita anggap membuang waktu dan tak bermanfaat seperti mengapa harus sakit jika sehat itu membuat ibadah terasa nikmat, mengapa diciptakan babi kalau haram untuk dimakan, mengapa ada lalat, kecoa dan nyamuk kan hanya bikin susah saja tetapi kalau kita teliti dan mau meluangkan waktu di semua ciptaan dan mahklukNya itulah terdapat semua tanda-tanda kekuasaan Allah seperti yang telah Ia firmankan.

Sekali lagi saya merasa bersyukur selalu berusaha menyempatkan memahami tafsir setelah tilawah sehingga punya jawaban untuk pertanyaan Rafi kali ini. Saya sempat membaca Ar Raad dan di ayat 12 dan 13 dapat ditemui jawaban, mengapa sih harus ada kilat dan halilintar ?



Diciptakannya Guntur, petir, halilintar adalah agar tumbuh perasaaan antara takut dan penuh pengharapan. Pernah tidak kita menjalani hari-hari ketika menjelang ujian sekolah, menemani anggota keluarga yang sakit, terjebak kemacetan yang terlintas dalam benak kita tentu lah rasa cemas sekaligus berharap semua ini segera berlalu dengan kemudahan dan kebahagiaan, begitulah kira-kira persamaannya dengan terciptanya Guntur, petir dan halilintar. Ketika halilintar menggelegar, Guntur bergemuruh dan petir menyambar perasaan cemas, ketakutan sekaligus berharap perlindungan Allah akan muncul secara bersamaan. Dan akhirnya kita pun menyadari bahwa keberadaan Guntur yang sangat mengerikan adalah salah satu sarana agar kita tak lupa terhadap kebesaran Tuhan karena di ayat ketigabelas tersebut dijelaskan bahwa halilintar dan guruh tersebut sesungguhnya sedang bertasbih memuji nama Allah.


Allahu Akbar, betapa banyak ayat-ayat mu yang tersebar di alam raya namun kami hanya mengabaikannya begitu saja semoga kami mampu menjalani sisa hidup ini dengan lebih bermakna...aamiin allahumma aamiin...

2 comments:

  1. tak ada satu pun yang sia2 dari apa yang Allah ciptakan....., semua ada maksud dan tujuannya...

    Makasih postingnya mbak... Salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar mbak, jika saja kita selalu istiqomah bertadabur dengan hati yang tawadhu, senang berkenalan dengan mbak Nova :)

      Delete