catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

#1Hari1Ayat - Untuk Apa Gunung Diciptakan ?


Posting 23 - Untuk Apa Gunung Diciptakan ? - Tadabur Alam


Saya sungguh beruntung mendapat kesempatan untuk merasakan nikmat sholat di masjid Al Ukhuwah di dekat rumah. Udaranya sejuk karena di dekat sawah, hamparan gunung Arjuno di kejauhan indah terbentang, saat Arjuno membara setiap kemarau karena kebakaran hutan, bara apinya tampak seperti lampu yang menyala dilihat dari pelataran masjid kami.

Ketika cuaca cerah menjelang Maghrib, awan yang berarak di dekat puncaknya tampak kontras dengan warnanya yang biru, Masya Allah, Subhanallah tiada henti kalimat pujian terlantur mengagumi indah ciptaanNya.

Dalam Al Quran kata "gunung" diucapkan beberapa kali, sebagai pertanda bahwa gunung pun memiliki arti tersendiri.
Dalam QS Al Anbiyaa ayat 31 dijelaskan bahwa gunung ditempatkan di bumi agar bumi tak menjadi goncang karenanya. Saya jadi ingat dongeng tentang terciptanya gunung gunung di Jawa yang konon berfungsi sebagai paku bumi, apa kira-kira leluhur kita itu terinspirasi dari ayat Quran ya ?
Ada yang berkata Allah berfirman dalam kitab-kitabNya seringkali dalam bentuk kiasan dan tugas umat adalah untuk tafakur, tadabur demi memahami maknanya. Mudah-mudahan saya tak salah tafsir bahwa sebenarnya fungsi gunung tak berhenti sebagai paku bumi, namun gunung telah mendapat tugas dari Allah kelak ia akan menjadi salah satu pertanda kiamata tiba, yaitu ketika bumi berguncang dan gunung memuntahkan isinya (ibarat paku ayng lepas dari sebuah papan, maka semua menjadi berantakan). Gunung diciptakan kokoh agar menjadi sumber daya alam bumi, berbagai sayur mayur, tanaman teh, kopi tumbuh subur jika ditanam di daerah pegunungan. Gunung yang meletus pun menyimpan hikmah bahwa debu vulkanis yang tersisa beberapa tahun setelahnya adalah penyubur bumi yang tiada habisnya, belerangnya pun bermanfaat dalam kehidupan manusia sehari-hari.

Di sinilah ayat-ayat Allah berkata tak sekedar harfiah belaka, jika tak ada gunung, tak ada pegunungan, buah dan sayuran mungkin tak beragam seperti sekarang, berbagai jenis kayu dan tumbuhan obat pun hanya dapat tumbuh di gunung dan pegunungan...untuk itulah Allah menciptakan gunung, agar manusia mendapatkan manfaatnya, tidak kebingungan dan goncang dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Wallahualam bishowab...

Share:

No comments:

Post a Comment

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.