Google+ Followers

Tuesday, July 28, 2015

Pertimbangan Memilih Sekolah

Pengalaman pertama selalu berkesan dan tak mudah dilupakan begitu kata orang. Tentu termasuk pengalaman hari pertama di sekolah.

Tanggal 27 Juli kemarin adalah hari pertama Raditya masuk sekolah MI (Madrasah Ibtidaiyah) setingkat SD. Berbeda dengan kakaknya yang sekolah di SD Negeri dekat rumah, Raditya saya sekolahkan di madrasah yaitu MI Zamrud di Pekarungan Sukodono.

Beberapa pertimbangan saya menyekolahkannya di MI Zamrud adalah :
1. Adaptasi lebih mudah. Kebetulan Raditya adalah lulusan TK Zamrud. Beberapa temannya melanjutkan di MI Zamrud. Tentu mempermudah Raditya beradaptasi mengingat ia anak yang introvert.
2. Jumlah siswa. Siswa yang bersekolah di MI cenderung lebih sedikit daripada siswa di sekolah negeri yang membludak. Pertimbangan saya dengan jumlah siswa yang tidak melebihi kapasitas penyerapan ilmu akan berjalan lebih optimal. Demikian pula halnya dengan komunikasi antara guru-siswa dan guru-orang tua/wali murid
3. Pendidikan agama lebih kuat. Pendidikan dasar agama sebenarnya tidak harus diperoleh di sekolah. Ibu dan ayah adalah madrasah utama. Namun kalau soal pelajaran membaca Al Quran anak saya cenderung malas-malasan kalau ibunya sendiri yang mengajar. Duh, capek hati juga kalau baru belajar setengah lembar sudah ngga diperhatikan si murid. 
4. Lokasi dekat rumah. Lokasi MI Zamrud tidak terlalu jauh dari rumah. Terletak di sebelah bangunan RA dan TK dengan kondisi bangunan yang cukup memadai. Saya masih bisa menjemputnya menggunakan sepeda kayuh dengan jarak tempuh sekitar 10 menit bersepeda. Sehat dan hemat, Raditya juga tidak tersiksa dengan perjalanan yang memakan waktu lama. Jam 6.30 berangkat bareng si Papa dan jam 12 siang (rencananya akan berkembang menjadi jam 13.30 dengan tambahan pelajaran Baca Tulis Al Quran) sehingga cukup istirahat dan tidak kelelahan.
5. Biaya terjangkau. Sebagian besar Sekolah Islam Terpadu membebankan biaya pendidikan yang cukup besar terus terang kami tak sanggup membayarnya. Namun biaya sekolah di MI cukup terjangkau dan kualitas pengajaran juga tidak dapat disepelekan. 

Atas seizin Allah semoga keputusan kami menyekolahkan Raditya di MI Zamrud membawa kebaikan baginya di masa depan.
Ceria di hari pertama masuk sekolah MI 


Monday, July 27, 2015

No Fotografi di Makam Sunan Giri

Hafal nama-nama Walisongo dan perannya dalam syiar agama Islam di nusantara khususnya pulau Jawa? Salah satu sunan dari walisongo adalah Sunan Giri.

Saya baru sadar bahwa dari pusara kesembilan wali, lima makam terdapat di Jawa Timur yaitu
1. Maulana Malik Ibrahim yang terletak di pusat kota Gresik, tepatnya di desa Gapura Wetan
2. Sunan Ampel, putra Maulana Malik Ibrahim yang terdapat di belakang masjid Ampel, Surabaya 
3. Sunan Bonang di Tuban (konon terdapat perbedaan pendapat mengenai keberadaan makam Sunan Bonang, ada yang mengatakan bahwa makam Sunan Bonang berada di Majalengka Jawa Barat bahkan ada yang menyatakan makam Sunan Bonang berada di Rembang)
4. Sunan Drajat di Lamongan
5. Sunan Giri di Gresik

Sunan Giri adalah pendiri kerajaan Giri Kedaton dan memiliki beberapa nama julukan, antara lain Joko Samudro atau Raden Paku. Lokasi makam Sunan Giri tergolong unik karena terletak di puncak bukit. 

Menjelang akhir libur lebaran lalu kami berkesempatan mengunjungi makam Sunan Giri. Kebetulan searah dengan perjalanan menuju Tuban untuk menghadiri acara khitanan/aqiqah dari keponakan.

Rute menuju makam Sunan Giri dari arah Surabaya/Sidoarjo tidaklah terlalu sulit. Dari arah tol Surabaya-Gresik keluar melalui pintu tol Romokalisari. Ikuti jalan raya dan papan petunjuk menuju makam Sunan Giri. Sekitar  lima belas menit perjalanan akan terasa jalan semakin mendaki. Mendekati lokasi makam terdapat lahan parkir untuk menuju makam Sunan Giri. Lahan parkir ini ditujukan untuk rombongan yang menggunakan bus besar atau mungkin jika lahan parkir di dekat kompleks makam tidak mencukupi. Dari sini perjalanan dilanjutkan dengan kereta kuda alias dokar atau ojek motor. Namun kami dengan mobil sewaan dari rumah langsung menuju lokasi makam dan karena masih pagi, sekitar jam 7.30 lahan parkir masih cukup luas.

Tidak ada retribusi masuk kompleks makam, hanya harus membayar karcis parkir suka rela. Jika ingin ke kamar kecil juga memberikan sumbangan sesuai standar.

Lokasi makam yang mengharuskan mendaki bukit mungkin sedikit menyulitkan bagi peziarah yang sudah manula. Eh tapi saya pun sempat ngos-ngosan karena jarang berolahraga. Namun pohon-pohon rindang dan anak tangga membantu perjalanan lebih terasa ringan.


Satu hal yang menarik, menjelang kompleks makam utama (sepanjang perjalanan di kiri kanan anak tangga terdapat pemakaman, mungkin makam para santri sang Sunan. Tetapi kompleks makam utama yang terdiri dari makam Sunan Giri dan anak keturunanannya terdapat di puncak bukit dalam lokasi khusus) 
Makam Sunan Giri berada di dalam tempat khusus, tertutup dengan papan kayi berukir. Di bagian luar makam sang sunan terdapat makam anak-anak dan keturunannya di antaranya adalah makam Sunan Tengah dan Sunan Dalem.


Menjelang gapura makam utama terdapat spanduk bertuliskan "Dilarang meminta-minta di Makam Sunan Giri" nah saya menangkap maksud kata : meminta-minta bisa berarti dua hal yaitu : meminta-minta sebagai pengemis (sepanjang anak tangga banyak pengemis berjajar) atau meminta-minta "berkah". Hayoo ngaku berapa banyak yang datang ke makam ulama, sunan untuk meminta berkah?

Kalau saja mereka yang dimakamkan bisa berbicara mungkin akan menasehati para peminta berkah. Ingatlah bahwa tujuan berziarah kubur adalah sebagai pengingat bahwa kelak kita juga akan mati. Berziarah kubur juga disunahkan untuk membacakan doa bagi yang telah meninggal, berdoa untuk diri kita sendiri agar meniru kesalihan para ulama aman-aman saja asal doa tersebut ditujukan dan dipanjatkan kepada Allah SWT semata, bukan yang lainnya.

Pintu keluar wisata religi ini melewati barisan para pedagang di kios-kios yang menjajakan aneka suvenir dan makanan khas kota Gresik. Ada rebana bertuliskan Wisata Religi Makam Sunan Giri, kaos bertuliskan hal yang sama, biskuit topping gula-gula dan aneka penganan lainnya yang dikemas dalam kemasan plastik mini seharga 10 ribu untuk 3 jenis camilan.
Kok foto-fotonya hanya di luar kompleks makam utama sih? karena memang ada papan "dilarang memotret di makam Sunan Giri". Saya hanya mematuhi peraturan saja, banyak pertimbangan mengapa ada peraturan dilarang memotret. Mungkin karena khawatir foto-foto tersebut dikomersialkan, diedit sedemikian rupa sehingga memunculkan "penampakan" atau untuk keperluan yang tidak pantas dilakukan. Selain itu mungkin juga akan mengurangi kekhusyuan orang yang sedang berdoa. Namanya kan wisata religi, tujuannya adalah untuk mencari ketenangan hati agar lebih dekat kepada Sang Illahi.

Berada di sini, merenung sejenak betapa para sunan, ulama zaman dulu berjuang di jalan dakwah dengan segala kesulitannya, mengadakan perjalanan jauh, mendapat pertentangan dari mereka yang merasa "risih" dan "terancam" oleh syiar Islam. Padahal para wali tidak menetapkan upah, bayaran, ongkos transportasi dan pungutan apapun. Terbayang bagaimana cara lemah lembut diterapkan mereka sehingga masyarakat memeluk Islam dengan sula rela, tanpa paksaan.

Khusus di makam Sunan Giri ini terbayang betapa hormatnya para santri kepada guru. Kebayang ngga sulitnya medan untuk memakamkan sang guru di atas bukit yang saat itu belum dibangun tangga permanen seperti sekarang?

Buat saya berwisata religi seperti mengunjungi makam ulama, sunan atau masjid bersejarah adalah untuk mendapatkan hikmah. Hikmah tentang Islam yang sebenarnya, agama Rahmatan Lil Alamin seperti yang diharapkan Sang Pencipta dari para pemeluknya.


Friday, July 24, 2015

Excite Point : Cara Dapat Pulsa, Voucher Belanja, Gadget yang Exciting

Internet telah menjadi salah satu kebutuhan pokok di zaman teknologi canggih. Komunikasi via internet memperpendek jarak yang terbentang. Chatting, saling komen di media sosial atau kirim-kirim email sudah jamak dilakukan saat ini. Internet juga menjelma semacam barang sakti. Pusat informasi tidak hanya diperoleh dari buku dan kitab tetapi bisa dicari melalui berselancar di dunia maya, meski tetap harus diperiksa sumbernya apakah dari sumber yang bisa dipercaya?

Tapi kurang afdol rasanya kalau internet "hanya" berfungsi sebagai alat komunikasi dan pusat informasi. Maunya sih bisa jadi sumber penghasilan. Owh bisa banget kok. Blogger dan kuis hunter dunia maya sudah pada merasakan gemerincing duit dari dunia maya. Tapi kalau belum ada rezeki berupa duit dari ngeblog atau berburu lomba bukan berarti internet ngga bisa kasih penghasilan. Coba deh join Excite Point tinggal klik dan ikuti instruksi :

http://exci.to/1E2ZIdk

Apaan sih Excite Point itu? Excite point adalah situs yang berfungsi dobel : kumpulin poin atau belanja online. Yup. Excite poin ini ajaib banget, poinnya bisa ditukar voucher belanja atau pulsa. Pernah join situs-situs survey? nah Excite poin serupa dengan situs tersebut bahkan lebih mudah. Kalau situs survey ada yang mengenal DL, artinya kalau pengisi survey sudah melampaui target maka survey otomatis ditutup, batal dong dapat poin. Sedangkan Excite poin memberikan poin melalui banyak aktivitas yaitu :
1. Belanja Online
2. Mengisi Survey
3. Download aplikasi
4. Daftar di situs-situs tertentu yang bekerja sama dengan Excite Point
5. Posting review
6. Ngegame (Jackpot, Tebak skor, Tebak Gambar dan Survey Of The Week)

Dari pusat-pusat pengumpulan poin itu yang paling gede adalah pada aktivitas Download baik download aplikasi maupun install browser dan game.

Asyik aja belanja online via Excite Point eh dapat poin. Install dan download dapat poin hingga puluhan ribu. Bahkan iseng main jackpot dan tebak skor bisa dapat poin juga. Jackpot bisa dimainkan setiap hari, poinnya antara 50 - 999 . Kalau Tebak skor cuma mingguan dan jika tebakan kita tepat dapat skornya 500. Survey Of The Week ada 10 episode, setiap minggu hanya bisa melakukan satu kali survey, masing-masing mendapat poin 500. Kalau sudah menyelesaikan 10 survey artinya tidak ada lagi poin yang bisa diterima.

Eh ya jangan lupa verifikasi alamat email dan lengkapi data pendaftaran karena bisa dapat poin 2000 untuk aktivitas ini.

Ih ntar ada bea admin pendaftaran? Eits jangan khawatir, Excite Point free of charge. Saat usai mendaftar langsung dapat poin 3000, verifikasi email dapat 2000, survey of the week dah dapat 500. Nah lo sekali jalan aja sudah kumpul 5500 poin, jangan lupa mainkan jackpot. Ceki ceki aplikasi yang perlu di didownload eh bisa dapat tambahan poin ribuan hingga puluhan ribu. Sip banget kan?

Nah siapa sih yang nggak mau free pendaftaran, aktivitas mudah dilakukan lalu dapat hadiah berupa voucher belanja atau pulsa kalau sabar ngumpulin poin bisa banget ditukar gadget berupa Smartphone, Powerbank, DVD Player, Keyboard.
Bahkan kalau poin sobat bisa sampai 5.500.000 bisa ditukar Goldbar 10 Gram!
Buruan daftar sob, saya sudah pernah tukar poin pulsa puluhan ribu (dapatnya ga pakai lama, 10 menit setelah claim pulsanya langsung masuk) dan voucher belanja Indomaret.
PS : 
* Poin yang bisa dituker minimal 20 ribu untuk pulsa sebesar 20 ribu pula (operator Telkomsel, Indosat, XL, Three, Smartfren.
* Voucher belanja yang tersedia ada banyak pilihan. Ada Indomaret, Alfamart, Sodexo, Giant, Gramedia, Carrefour, Hypermart Hero,  MAP, Pertamina, KFC dll
Kalau pengen dapat voucher Alfamart, Sodexo, Indomaret, Pertamina, Pizza Hut poin 30 ribu ditukar voucher seharga 25 ribu. Voucher yang lain tukar 120.000 poin dapat voucher seharga 100 ribu.



Owh Ini Toh Abon Jambrong Unia

Rezeki tak lari kemana, ternyata perkataan itu bukan omong kosong belaka. Beneran ini terjadi pada saya. Sekitar tiga bulan lalu ceritanya menang Give Away berhadiah Abon Jambrong Unia. Tunggu punya tunggu tak ada produknya nongol. Sempat nanya ke penyelenggara katanya masih ditanya ke produsen sebagai pihak yang langsung mengirimkan hadiah.

Hari demi hari berlalu tetap tak ada titik terang. Ya udahlah saya anggap belum rezeki. Eh tak dinyana beberapa hari setelah lebaran tibalah paket Abon Jambrong Unia berbarengan dengan undangan Aqiqah dari kakak saya di Tuban yang dikirim seminggu sebelum lebaran.

Oalah ini to Abon Jambrong yang disebut orang sebagai makanan khas Betawi. Saya malah baru tau kalau Abon Jambrong itu adalah abon dari ikan jambrong. Kirain Jambrong nama merknya. Iseng googling bagaimana sih bentuk ikan jambrong sebelum jadi abon. 
Ini lho bentuk ikan jambrong yang saya ambil dari kaskus adalah seperti ini :

Nah kalau dari website abon jambrong Unia sudah diolah dalam bentuk ikan asin jadi seperti ini

Sedangkan dalam bentuk Abon Jambrong Unia, saya terima dalam packing praktis dan cantik
Cakep banget packingnya. Rasanya? sedaaapnyeee gitu kata Upin Ipin. Ngga ngira lho kalau abon Jambrong yang gurih dan renyah ternyata dari ikan segede itu. Rasanya pas antara sedikit asin, gurih, pedas dan ada manis-manisnya. Abon jambrong ini bisa dipake lauk tinggal taburin ke nasi hangat ditemani sambal bawang dan krupuk uyel, bisa dimasak bareng nasi goreng, bisa dicampurkan dalam tumis sawi atau kangkung. Mo dimasak sambak goreng pakai pete? boleh banget kok.

Kemasannya yang ekonomis dan efisien menjadi salah satu faktor Abon Jambrong Unia tetap renyah, gurih dan nggak mudah mlempem. Kemasannya mini 150 gram bisa dibawa untuk bekal piknik, ngantor atau sekolah. Ada dua varian rasa : original dan pedas.

Salut deh buat Mbak Nia sang pemilik Produk Abon Jambrong Unia. Jambrong yang konon tergolong ikan asin kelas "teri" bisa naik kelas jadi makanan siap saji masa kini.






Wednesday, July 22, 2015

Warna-warni Kemenangan Kue Lebaran

Lebaran Idul Fitri disebut sebagai hari kemenangan. Kira-kira kemenangan dari perjuangan melawan apa? tentu kemenangan melawan hawa nafsu setelah berpuasa sebulan penuh. Puasa Ramadhan adalah perjuangan besar sebagaimana hadits Nabi yang menyatakan bahwa jihad terbesar adalah jihad melawan hawa nafsu.

Lebaran merupakan momen kebahagiaan. Bahagia karena telah menunaikan perintah Allah yaitu berpuasa Ramadhan dan mengeluarkan zakat fitrah. Bahagia karena lebaran adalah saat kumpul keluarga. Bukankah di Indonesia libur lebaran cukup panjang? Minimal dua minggu libur untuk anak sekolah dan dua hari tanggal merah plus tiga hari cuti tahunan bagi pekerja adalah waktu yang memadai untuk menghabiskan waktu bersama sanak saudara. Apalagi lebaran 2015 bertepatan dengan libur kenaikan kelas. Yuhuuy bisa mudik dan jalan-jalan sepuasnya ya? Itu bagi yang punya tujuan mudik dan tentunya uang saku.

Lebaran kami kali ini berbeda. Biasanya kami mudik ke Probolinggo dan menginap beberapa hari namun kali ini karena Mama sedang tinggal di rumah kakak di Tuban jadilah hari raya tanpa acara menginap bersama. Waw padahal waktu senggang cukup banyak lalu harus ngapain dong. Akhirnya ya...kembali ke laptop, cari-cari lomba menulis dan kuis seperti biasa. 

Salah satu keuntungan menjadi member grup-grup FB info kuis dan grup kepenulisan adalah informasi mengenai lomba menulis selalu up to date seperti contohnya Grup Kumpulan Emak-Emak Blogger. Yippy ketemu juga info lomba yang pas di hati, kuis sekaligus lomba menulis bertajuk Warna-warni Kemenangan yang disponsori Dulux. Tema lomba menulis nya simple saja menceritakan ekspresi warna-warni kemenangan di tengah keluarga. Pilihan sub temanya adalah Kumpul Keluarga, THR, Mudik, Baju Lebaran, Silaturahmi, Malam Takbiran, Ibadah, Ketupat, Kue Lebaran dan Wisata.

Dari sub tema tersebut Warna-warni Kemenangan 2015 tentang Kue Lebaran adalah pilihan paling tepat buat saya ceritakan. Maklum sebagai freelance ga mungkinlah dapat THR dan si Papa yang baru bekerja 3 bulan belum dapat THR. Baju lebaran? ngga ada yang istimewa karena saya mengajarkan bahwa lebaran tak selalu harus mengenakan baju baru. Kumpul keluarga? aih kalau udah kumpul keluarga suka lupa foto-foto nih, ga bisa dong dibuat bahan tulisan. Ibadah dan Silaturahmi? nah apa lagi yang ini, ngga kepikir bawa kamera pas sholat Ied atau foto-foto saat berkunjung ke tetangga untuk bersilaturahmi. Ketupat? alamaak seumur-umur ngga pernah masak ketupat kecuali dapat kiriman hantaran. Mudik dan berwisata? lah kan cuma mudik sehari ke Tuban dan ngga pergi kemana-mana. Pengen sih kisah mudik naik bus ekonomi antar kota diiringi pengamen jalanan diceritakan dalam warna warni kemenangan 2015 tapi modelnya pada terkantuk-kantuk begini, kecuali saya yang hobi narsis di sana sini hihihi


Nah kalau cerita warna-warni kue lebaran pasti bisa diceritakan dan pas buat tema kompetisi foto di www.warnawarnikemenangan.com.

Keluarga kecil kami memiliki selera berbeda-beda soal warna favorit dan makanan. Saya lebih suka warna coklat atau warna kalem tapi soal makanan ringan kue bercita rasa gurih dan asin adalah favorit saya, maka Kaastengels yang tampak kalem karena hanya punya satu warna : kuning kecoklatan adalah favorit saya. Sadar kalau Kaastengels tergolong kue lebaran paling mahal saya bela-belain bikin Kaastengels sendiri nih meski kejunya cukup pakai keju cheddar sebagai pengganti keju edam nan mahal.


Si Papa, paling suka bikin kejutan. Maka kue kesukaannya adalah kue dengan isi yang membuat terkejut karena ada rasa sedikit kecut. Nastar selai nanas adalah favoritnya. Sebenarnya warna kebanggaannya adalah biru tapi nggak mungkin kan nastarnya jadi berwarna biru?

Anak-anak doyan banget kue-kue berasa manis. Rafi dan Raditya suka coklat dan warna favorit mereka adalah warna gold yang mengkilat, jadilah sajian lebaran kesukaan mereka adalah coklat berlapis kemasan gemerlap. Ssst tapi Kaastengels, kue semprit, nastar, kue mawar dan jajan kalengan juga tidak luput dari jarahan mereka jadi sebenarnya warna dan kue favorit mereka apppa siiiih?

OK, mengemas ide menjadi sebuah tulisan jadilah sudah. Tinggal kesiapan fotografi. Berhubung serumah cuma berempat dan pengennya foto berempat maka kamera digital murah meriah dengan timer jadi andalan. Tiga kali take dengan gaya berbeda untuk kontes foto berbeda hahaha. Untunglah hasil foto berpacu dengan waktu karena sudah mendekati adzan Maghrib ini tidak mengecewakan. Mungkin pengaruh model dan latar belakang pemotretan yah... eaaa. 

Pengen cerita sedikit nih tentang latar belakang pemotretan. Dinding yang tampak ceria ini dicat menggunakan Catylax Dulux Yellow Sunset A911-45365N. Baru? enggak sudah dua tahun lalu. Sisa catnya masih bagus dan disimpan rapi di garasi alias teras rumah. Catylax Dulux membantu kami berhemat karena tidak harus setiap tahun mengecat, membuktikan bahwa hari raya tak harus selalu keluar biaya perbaikan demi mempercantik dekorasi rumah. Kalau ingin tampil beda tinggal ditambahkan stiker dinding lucu seperti gambar Winnie The Pooh, tokoh kartun lainnya atau aksen pepohonan dan bunga.
Nah setelah foto-foto saatnya berpartisipasi di kontes foto #WarnaKemenangan di website Dulux. Udah pada ikutan belum nih? hadiahnya banyak loh mulai dari furniture keren hingga gadget Xiaomi yang sedang ngetrend.

Caranya gampang kok :
1.  Klik 
2.  Kalau ingin upload foto tanpa webcam tinggal klik tanda x di pojok kiri atas.
3. Pilih stiker kebahagiaan sesuai tema foto, ada 10 pilihan. Setiap pilihan memiliki stiker khusus yang lucu. Misalnya pilihan "THR" akan muncul stiker segepok uang, "Malam Takbiran" akan memunculkan stiker bedug, Frame "Kue Lebaran" jadi lebih cantik dengan stiker cupcakes.
4.  Upload foto yang diinginkan
5.  Pilih frame dengan memilih tanda panah kiri dan kanan. Tersedia setidaknya sepuluh pilihan warna bingkai.
6.  Klik next lalu pilih "upload"
7. Foto terupload otomatis dan ikuti instruksi berikutnya yaitu menuliskan cerita tentang keseruan hari raya terutama yang berkaitan dengan foto tersebut. Jangan lupa isi data diri lengkap yaitu nama sesuai KTP (jangan nama beken atau nama samaran), no HP milik sendiri (masa' iya nomor tetangga) dan alamat email yang masih aktif (bukan yang sudah pensiun)

8. Klik submit, maka foto narsis dan kisah behind the scene yang telah ditulis akan masuk ke gallery.
9. Last but not least jangan lupa banyak berdoa biar bisa menangin hadiahnya. Saya mah berdoa menang Xiaomi buat gantiin HP Nokia C5 yang sudah copot keypadnya dan bela-belain diselotip segala (maklum saya penganut paham irit to the max, baru ganti HP kalau udah rusak beneran euy)

Sudah selesai sampai di sini ? eits tunggu bentar. Namanya emak-emak pasti suka diskon dan potongan harga. Dulux ngga mau kalah membahagiakan emak-emak dong. Sebagai produsen yang menghargai konsumen Dulux memberikan potongan harga sejumlah seratus ribu rupiah untuk pembelian sebesar satu juta rupiah. Caranya gampang kok, tinggal ikuti instruksi di pilihan menu "Voucher" di pojok kanan atas dari aplikasi ini yaitu daftar melalui SMS, ketik Dulux (spasi) Nama#No Telpon kirim ke 2000. Kalau sudah pernah mendaftar jadi member di website Dulux biasanya otomatis sudah terdaftar mendapat sms diskon karena saya pernah menerima sms potongan harga tersebut beberapa bulan lalu. Oia promo ini valid hingga 31 Juli 2015 jadi buruan deh dimanfaatkan. 


Nah sekarang intipin gallery. Wiiy foto warna kemenangan keluarga kami tampak keren dengan aplikasi stiker kemenangan besutan Dulux. 



Ngga rugi deh saya suka KEPO-in FB dan Twitternya Let's Colour Indonesia. Apalagi sekarang sosmednya makin lengkap dengan kehadiran instagram dan youtube. Pilihan dan simulasi warna, tips dan trik dekorasi, teknik pengecatan serta artikel-artikel menarik lainnya dibahas tuntas di website dan akun-akun sosial media Dulux. 

Terimakasih Dulux, rumah kami tetap cantik di hari raya, hari kemenangan meski kami tak sempat mengecatnya ulang. Hati pun riang dan aktivitas apapun di dalam rumah mampu menerbitkan senang.
Terimakasih pula KEB (Kumpulan Emak-Emak Blogger) grup FB keren yang sering mengadakan lomba menulis plus kuis, jadilah saya numpang beken heee.

Ayo ceritakan warna kemenangan kalian, kita seru-seruan dalam dunia warna-warni kemenangan 2015 bersama Dulux :)






Wednesday, July 15, 2015

Lima Tips Mudik Sehat dan Selamat

Pernah diadakan survey nggak ya tentang pertanyaan : apakah keseruan Ramadhan dan Lebaran? mungkin kalau disebar survey jawaban mudik adalah salah satunya.

Konon kata mudik berasal dari bahasa Jawa : mulih dhilik alias pulang dulu, pulang sebentar (untuk kemudian kembali lagi). Intinya mudik itu untuk pulang ke kampung halaman, sowan (baca : mengunjungi) orang tua dan bersilaturahim dengan sanak kerabat serta tetangga masa kecil.

Ada loh yang mudiknya harus berjuang menembus macet berjam-jam, berjibaku dengan sesaknya kondisi di kendaraan umum dan perlu keluar duit cukup banyak hanya untuk mulih dhilik. Nah agar mudik benar-benar berkesan tentunya harus dipersiapkan segala sesuatunya agar sehat dan selamat sampai tujuan.

Hal-hal apa saja sih yang harus dipersiapkan dan dilakukan 
1. Biaya-biaya 
Sebelum memutuskan mudik cek dulu biaya-biaya yang perlu dikeluarkan. Ongkos transportasi, beli oleh-oleh, angpo lebaran dll. Sesuaikan dengan kondisi finansial. Ga perlu terlalu memaksa diri membeli barang mahal.
2. Packing
Lakukan packing minimal sehari sebelumnya. Apa saja         yang harus disiapkan? baju ganti, perlengkapan sholat,         perlengkapan mandi, obat-obatan dan mainan anak-anak   selama di perjalanan. Siapkan kebutuhan anak-anak           dalam tas tersendiri agar mudah dicari
3. Transportasi
Bagi yang mudik dengan kendaraan sendiri cek dahulu         kondisi  kendaraan, siapkan perangkat perlengkapan             kendaraan seperti ban serep, pompa angin, dongkrak dll.   Jangan lupa kotak P3Knya ya. Kalau yang mudik dengan       kendaraan umum pasti sudah pada pegang tiket dong,         pilih tempat duduk yang nyaman. Kalau naik kereta             pastikan duduk di kursi jatah sesuai nomor biar gak bikin     BT orang lain. Ada lagi opsi lain : mudik gratis. Saya pernah loh ikut mudik gratis, asyik banget kok. Tempat duduk apsti tersedia, dapat goodie bag pula padahal benar-benar gratis. Hanya saja tujuan mudik terbatas dan tanggal mudik sudah ditentukan jadi harus siap mengajukan cuti saat tanggal mudik gratis tersebut (Maka bagi yang pengen merasakan nikmatnya mudik gratis pantau informasinya jauh hari sebelum lebaran. Biasanya ada mudik gratis dari produsen motor, pemerintah daerah, PJKA, pusat perbelanjaan dan instansi tertentu agar bisa segera mengajukan cuti)
4. Perhatikan kondisi tubuh.
Usahakan cukup istirahat sebelum perjalanan. Begadang       sebelum melakukan perjalanan hanya akan membuat         tubuh lelah dan mudah terserang penyakit. Kurang tidur lebih berbahaya lagi jika pemudik sekaligus pengendara kendaraan pribadinya. Banyak kecelakaan lalu lintas terjadi karena kondisi pengemudi yang mengantuk atau kurang fit. Siapkan kondisi psikologis pula, bayangkan kebahagiaan bertemu dan berkumpul sanak saudara. Jangan bayangkan kemacetan dan keruwetan di jalan raya agar tidak lemas dulu sebelum melakukan perjalanan hehehe.
5. Doa
Ngeri ya kalau baca berita selama mudik banyak terjadi kecelakaan lalu lintas yang memakan korban jiwa. Yang paling dekat dengan kita adalah kematian, begitu nasehat Imam Ghazali. Maka  karena maut bisa datang kapan saja banyak-banyakin doa sebelum melakukan perjalanan dan selama perjalanan.

Akhir kata selamat jalan, semoga selamat hingga tujuan.


Sunday, July 12, 2015

Bugar Berpuasa Berkat Jurus #242

        Air adalah sumber kehidupan, tag line Aqua sebagai produsen Air Minum Dalam Kemasan terpercaya bukan isapan jempol belaka. Faktanya tidak ada kehidupan jika tidak ada air. Manusia hidup berasal dari air (mani), bayi dalam kandungan terlindungi dari benturan di dalam rahim oleh air ketuban, makanan yang diperolehnya melalui plasenta juga berupa cairan. Menurut penelitian laboratorium tubuh manusia dewasa terdiri dari 60% air sedangkan tubuh bayi terdiri dari 75% air. Mengapa air sangat penting bagi kehidupan? Air memiliki fungsi penting bagi tubuh manusia sebab memiliki banyak fungsi yaitu:

  1. Sebagai pembentuk sel dan cairan tubuh.  Air selalu terdapat pada seluruh organ vital manusia dalam kadar berbeda-beda, otak mengandung 73% air, jantung (73%), hati (71%), ginjal (79%) dan paru-paru (83%). Bahkan tulang, bagian yang tampak kokoh dan keras sebagai penunjang tubuh terdiri dari 31% air.
  2. Sebagai pengatur suhu tubuh. Tidak dapat dipungkiri kadar air sangat berpengaruh pada pengaturan suhu tubuh.
  3. Sebagai pelarut. Bagaimana zat-zat makanan dapat diserap oleh tubuh? zat tersebut hanya dapat diserap dengan baik jika berubah menjadi bentuk larutan dengan air sebagai pelarut alami. 
  4. Sebagai pelumas dan bantalan, fungsi ini terdapat pada kelenjar di bawah kulit. Tanpa jaringan yang berfungsi sebagai pelumas kulit akan mudah terluka meski oleh gesekan ringan.
  5. Sebagai media transportasi. Sistem transportasi zat bagi tubuh adalah darah. Darah terdiri dari 80% cairan atau air.
  6. Sebagai media mengurangi toksin dan produk sisa metabolisme. Tujuan dari proses sekresi adalah mengeluarkan sisa metabolisme dari dalam tubuh. Sekresi melalui keringat dan urine membantu mengurangi akumulasi zat yang berpotensi meracuni tubuh.

Apa Akibatnya Jika Kekurangan Air?

    Menurut penelitian seseorang bisa bertahan hidup jika karena sesuatu hal tidak dapat makan hingga tujuh hari atau bahkan lebih tetapi bisa segera meninggal jika tidak mengkonsumsi cairan dalam waktu maksimal tiga hari. Dehidrasi merupakan kondisi tubuh yang bisa menimbulkan gangguan metabolisme dan sirkulasi tubuh cukup serius.

     Pada tahap awal kekurangan air menyebabkan rasa haus teramat sangat dan indra pengecap kehilangan cita rasa. Pada dehidrasi tingkat lanjutan bisa menyebabkan mulut kering dan pecah-pecah, sulit berkonsentrasi, suhu tubuh terasa meningkat, lebih mudah marah, tidak sabaran, mengantuk, gemetar berlebihan hingga mual dan muntah.

     Dehidrasi berat akan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan yang cukup berbahaya seperti suhu tubuh terus meningkat, denyut jantung lebih cepat, pernapasan terganggu, sesak nafas, otot melemah, bibir membiru, lidah membengkak, timbul halusinasi dan keseimbangan tubuh terganggu. Pada tingkat paling gawat dehidrasi bisa menimbulkan kematian. Bagaimana saat berpuasa ketika dilarang makan dan minum apakah bisa menyebabkan dehidrasi?


Image from howtohealthylife.com
Gambar dari morehealthytips.com


Mitos dan Fakta Saat Berpuasa
      Berpuasa di bulan Ramadhan adalah salah satu ibadah yang wajib dilakukan umat muslim. Berpuasa menurut syariat Islam adalah tidak makan, tidak minum dan tidak berhubungan intim dengan istri/suami sejak adzan subuh yaitu yang ditandai dengan garis putih di langit saat fajar hingga adzan Maghrib yang ditandai dengan tenggelamnya matahari. Kondisi tersebut menyebabkan tubuh harus beradaptasi.
     Ditinjau dari segi medis dan secara ilmiah berpuasa membawa banyak kebaikan bagi kesehatan tubuh. Organ-organ pencernaan bisa diibaratkan mesin yang terus berjalan, ketika berpuasa organ-organ pencernaan beristirahat dari kerja berat. Kondisi tersebut memberi kesempatan metabolisme tubuh berjalan lebih lancar, kelebihan kalori yang disimpan berupa lemak dapat terbakar sehingga pada umumnya berpuasa sebulan penuh membantu menurunkan berat badan beberapa kilogram.
       Faktanya beberapa orang mengeluhkan berat badan tidak mengalami perubahan bahkan bertambah gemuk saat bulan puasa. Mengapa hal ini bisa terjadi? Kemungkinan besar adalah karena pola makan yang kurang tepat. Sebagian orang saat berpuasa hanya memindahkan jam makan. Usai sholat tarawih dimanfaatkan untuk makan malam kemudian bergegas tidur setelah merasa kenyang. Padahal waktu makan malam ideal adalah minimal dua jam menjelang tidur agar kalori yang terserap tubuh benar-benar digunakan untuk beraktivitas dan tidak menumpuk sebagai lemak. Hindari menu makanan yang terlalu banyak mengandung gula, lemak dan karbohidrat karena dapat menyebabkan berat badan naik dengan cepat. Pola makan sehat dengan asupan nutrisi yang tepat perlu diperhatikan. Ketika ingin makan malam usai tarawih hendaknya komposisi sayur dan buah diperbesar dibandingkan porsi karbohidrat dan lemak. Minum air putih sebelum dan sesudah makan membantu menjaga nafsu makan agar tidak mengkonsumsi makanan dalam porsi berlebihan. Dan perlu diperhatikan agar tidak segera tidur usai makan malam.
       Obesitas yang tidak berkurang meski telah berpuasa Ramadhan juga bisa terjadi karena mitos “berbuka dengan yang manis”. Fruktosa, zat yang menimbulkan cita rasa manis di dalam tubuh diubah menjadi glukosa (gula). Semakin tinggi kadar gula dalam tubuh dapat menimbulkan obesitas. Apalagi selama berpuasa mayoritas orang mengurangi aktivitas dan olahraga berat yang pada kondisi normal membantu membakar kalori lebih cepat.


          Mitos berbuka dengan yang manis berdalih mengikuti tauladan dari Rasulullah. Padahal jika ditelisik lebih jauh hadits Rasulullah saat berpuasa adalah berbuka dengan kurma basah (rothb) atau seteguk air putih sesuai bunyi Hadits Riwayat Abu Daud No.2356 dan Ahmad 3/164. 
"Rasulullah Shallallahu 'alihi wa sallam biasanya berbuka dengan rothb (kurma basah) sebelum menunaikan shalat. Jika tidak ada rothb maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering). Dan jika tidak ada yang demikian beliau berbuka dengan seteguk air"
Kurma basah sangat jarang ditemui maka kurma kering bisa menggantikannya. Manisnya kurma ini yang kemudian dianggap setara dengan minuman dan makanan manis lainnya dalam jumlah berlebihan. Jika Rasul menganjurkan berbuka dengan kurma atau air putih sebenarnya dapat dijelaskan secara ilmiah. Kalori pada satu hingga tiga biji kurma relatif lebih cepat diserap tubuh dibandingkan buah lain dan menghasilkan energi secara optimal. Fungsi utama berbuka puasa dengan air putih adalah untuk menghindari dehidrasi. Sehingga mengawali berbuka dengan sebiji kurma dan segelas air putih membantu tubuh mendapatkan energi sekaligus terhindar dari dehidrasi.
     Apakah artinya mengkonsumsi makanan dan minuman manis tidak dianjurkan selama berpuasa? Makanan dan minuman manis sebenarnya tetap aman dikonsumsi selama berbuka puasa asal dilakukan dalam porsi terbatas yaitu cukup satu porsi dan tetap harus minum air sesudahnya. Fungsi makanan dan minuman manis adalah menstabilkan kadar gula yang menurun menjelang berbuka puasa namun menyebabkan kelebihan kalori jika dikonsumsi secara berlebihan.
      Benarkah berpuasa dapat menimbulkan dehidrasi? Meski saat berpuasa tidak diperbolehkan makan dan minum namun kebutuhan tubuh akan zat nutrisi dan air dapat dipenuhi ketika berbuka dan sahur. Agar terhindar dari dehidrasi berapa takaran air putih yang harus dikonsumsi? Jawabnya : terapkan Jurus #242.

      Jurus #242 adalah langkah untuk memastikan konsumsi air minum selama puasa tercukupi dengan takaran 2 + 4 + 2 = 2 gelas saat berbuka, 4 gelas di saat malam menjelang tidur, 2 gelas saat sahur. Kebutuhan air bagi setiap individu berbeda, tergantung usia, jenis aktivitas dan kondisi tempat tinggal. Namun pada umumnya manusia dewasa memerlukan minimal delapan gelas air minum atau sekitar 1,8 - 2 Liter setiap hari. Semakin tinggi letak daerah dari permukaan laut udaranya semakin dingin dan pengeluaran cairan biasanya berkurang sehingga konsumsi air minum tidak sebanyak individu yang tinggal di daerah dataran rendah yang panas. Semakin tinggi tingkat aktivitas semakin banyak keringat terkuras sehingga semakin besar pula kebutuhan air minum. 
       Ketika berpuasa tidak berarti kebutuhan air minum harus dikurangi. Meski subuh hingga maghrib tidak makan dan minum namun kebutuhan cairan dapat digantikan selama jam berbuka puasa, menjelang tidur hingga waktunya santap sahur. Pola 2 + 4 + 2 merupakan cara paling tepat dan efektif untuk memastikan kebutuhan tubuh akan cairan. Bayangkan jika kebutuhan akan air minum 8 gelas sehari harus dilakukan dalam satu waktu berdekatan, misalnya saat berbuka puasa atau sahur saja, pasti perut terasa penuh air, kembung sehingga merasa tidak nyaman. Namun pola 2 + 4 + 2 mampu mencukupi kebutuhan air dalam komposisi tepat dan dengan cara efisien tetapi tetap nyaman bagi tubuh.
video

      Saat berbuka puasa kebanyakan orang lebih memikirkan sajian menu makanan daripada kebutuhan nutrisi, gizi dan kecukupan air minum. Akibatnya saat berbuka puasa dan sahur diutamakan memilih menu yang mengenyangkan sehingga lambung terisi penuh dan kurang mengkonsumsi air putih. Padahal kekurangan air minum saat berpuasa bisa menyebabkan bibir pecah-pecah, mudah menderita sariawan, pencernaan terganggu dan penyerapan zat-zat makanan dalam tubuh kurang optimal. 
Image from morehealthytips.com
Gambar dari morehealthytips.com

       Mencukupi kebutuhan air minum dengan pola 2 + 4 + 2 memberikan banyak manfaat, antara lain tubuh terhindar dari dehidrasi, mengurangi keinginan untuk menambah porsi makan, tubuh tetap bugar berstamina meski menjalankan ibadah puasa sebulan penuh dan kekenyalan kulit tetap terjaga secara alamiah karena tubuh tidak kekurangan cairan.
Agar kebutuhan air minum selama puasa tercukupi secara optimal maka Jurus #242 diterapkan dengan cara berikut ini:
1.  Awali berbuka puasa dengan 1-3 biji kurma dan segelas air putih kemudian laksanakan sholat Maghrib. Aqua merupakan air minum pilihan mayoritas penduduk Indonesia sebab terjamin kualitasnya dan praktis sebab tersedia dalam berbagai pilihan kemasan.

2.   Usai sholat Maghrib kembali minum satu gelas air putih kemudian lanjutkan dengan makanan utama dengan porsi sehat, cukup karbohidrat terutama dari bahan berserat tinggi seperti beras merah, gandum atau oats, protein nabati atau hewani dan vitamin serta mineral dari seporsi sayuran dan sepotong buah. Tak lupa minum segelas air putih usai berbuka puasa
3.    Pelaksanaan sholat isya dan tarawih berjamaah membutuhkan waktu minimal satu jam, agar tetap fit minum Aqua satu gelas sebelum berangkat ke masjid. Aktivitas sholat berjamaah dan perjalanan ke masjid biasanya menyebabkan haus sehingga tak jarang masjid-masjid atau para jamaah menyediakan air mineral dalam kemasan Aqua sebagai bekal usai tarawih atau lanjut tadarrus bersama. Minimal dua gelas air putih kembali dikonsumsi untuk menghilangkan rasa haus.
4.   Menjelang tidur meskipun tidak sedang berpuasa biasakan minum segelas air putih. Minum air putih menjelang tidur membantu penyerapan nutrisi dalam tubuh berjalan lebih optimal dan untuk menghindarkan tubuh dari dehidrasi.
5.   Saat santap sahur adalah saat minum dua gelas air putih. Bangun tidur sebelum sahur biasanya akan merasa haus, kerongkongan terasa kering karena selama tidur tubuh mengeluarkan cairan dalam bentuk keringat. Sebelum melaksanakan sholat tahajud minum segelas air kemudian dilanjutkan dengan santap sahur berupa karbohidrat dari makanan tinggi serat, seporsi protein hewani, sepotong buah dan satu porsi sayur dilengkapi segelas air putih.

Dengan tips tersebut kebutuhan air minum minimal 8 gelas perhari tercukupi selama berpuasa. Pastikan tubuh tetap tercukupi kebutuhan nutrisi dan kalorinya. Kebutuhan air, gizi dan kalori tubuh yang terjaga selama berpuasa membantu stamina tetap fit. Untuk mendeteksi dehidrasi sejak dini dapat dilakukan dengan cara sederhana yaitu memantau urin setiap pagi. Dehidrasi ringan ditunjukkan dengan warna urin kuning pekat dan jumlahnya sangat sedikit. Atasi dengan menambah porsi air minum saat berbuka puasa, malam hari menjelang tidur dan saat santap sahur.

      Mengkonsumsi air minum tidak menyebabkan efek negatif jika melebihi takaran minimal 8 gelas sehari. Air putih merupakan cairan terbaik untuk menghindarkan tubuh dari dehidrasi sebab secara alami air mengandung mineral, tanpa pemanis, pewarna dan zat pengawet yang dapat menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan atau menyebabkan kelebihan kalori sehingga menyebabkan masalah obesitas di kemudian hari.

Daftar Pustaka :
1. Lembar Fakta Aqua 242
2. www.kompashealth.com
3. www.republika.co.id
4. www.detikhealth.com
5. www.rumaysho.com
6. Berbagai sumber dan dokumentasi pribadi


Sunday, July 5, 2015

Vitamin C Kauffman Dosis Tinggi Atasi Penuaan Dini

    Perpaduan inner beauty dan penampilan luar merupakan aset yang sangat penting. Bagi wanita khususnya kesehatan tubuh akan lebih sempurna jika diimbangi dengan kecantikan dan perawatan wajah. Kemampuan intelegensi, tubuh sehat, wajah dan kulit cemerlang akan menunjang penampilan seorang wanita di depan publik. Seseorang dengan tingkat intelegensi cukup tinggi dan santun berbahasa tampil kurang sempurna jika penampilan luar tampak kusam dan awut-awutan.
      Kulit kusam dan bernoda flek hitam merupakan masalah yang sering dialami wanita Indonesia. Akibatnya kulit terutama di bagian wajah lebih mudah kusam. Hal tersebut diperparah dengan gaya hidup yang kurang sehat. Terlalu sering terpapar sinar matahari tanpa perlindungan sun block, kurang mengkonsumsi air, sayur dan buah, pengaruh polusi adalah faktor-faktor yang dapat menyebabkan kondisi kulit kehilangan kekenyalan dan kesegaran alamiahnya. Keriput lebih cepat muncul sehingga penuaan dini timbul tanpa disadari.
      Tidak ada wanita yang tidak ingin dipuji kecantikannya. Sehat, cerah dan tampak awet muda adalah cita-cita setiap wanita. Tak heran jika demi perawatan wajah dan tubuh wanita rela merogoh kocek dalam-dalam. Bisnis berupa salon kecantikan menjamur dan menawarkan berbagai jenis perawatan tubuh dan wajah mulai dari yang bertarif ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Selain proses perawatan di klinik kecantikan produk-produk pemutih dapat dibeli bebas di pasaran. Amankah produk-produk pemutih tersebut bagi kulit wajah manusia? Bahan kimia seperti Merkuri sering terdapat pada produk-produk pemutih. Bahayanya, bisa menyebabkan flek hitam lebih cepat muncul dan bersifat permanen pada pemakaian jangka panjang. Adakah pemutih alami yang aman bagi kulit wajah?
       Perawatan kecantikan alami tidak menggunakan produk-produk kimia yang berbahaya namun memanfaatkan khasiat vitamin dan mineral. Vitamin C adalah salah satu vitamin yang memiliki khasiat sangat besar bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Vitamin C merupakan vitamin yang larut dalam air dan berfungsi membantu sistem pertahanan tubuh. vitamin C yang juga dikenal dengan nama asam askorbat memiliki banyak fungsi bagi kesehatan dan kecantikan. Untuk kesehatan vitamin C bertugas menurunkan kolesterol jahat, membantu penyerapan zat besi dan berperan dalam pembentukan collagen yang berfungsi dalam sistem kekebalan tubuh. Bagi kecantikan vitamin C berfungsi menghasilkan antioksidan yang membantu mengeliminir radikal bebas yang bisa merusak sel-sel tubuh, dapat dikatakan vitamin C berfungsi sebagai bahan anti aging alami yang aman bagi tubuh.


Vitamin C bisa terdapat secara alami pada sayur dan buah-buahan. 


       Dalam bentuk suplemen vitamin C bisa diperoleh dalam bentuk tablet effervescent, tablet, tablet hisap dan yang paling mutakhir adalah dalam bentuk injeksi. Salah satu suplemen terbaik adalah Vitamin C Kauffman High Dose. Dalam bentuk injeksi vitamin C akan lebih mudah ditransportasikan dalam darah. Sistem kerja Vitamin C Kauffman High Dose seperti jalannya infus cairan elektrolit pada seseorang yang sedang menderita sakit atau obat yang disuntikkan ke dalam tubuh pasien. Melalui proses injeksi sebuah zat akan lebih efektif bekerja dan mengurangi resiko iritasi lambung bagi yang memiliki lambung sensitif.
        Vitamin C Kauffman High Dose memiliki kemampuan menekan pertumbuhan sel melanin yaitu sel yang memberikan pigmen gelap pada lapisan dermis kulit. selain itu sebagai antioksidan alami, vitamin C mampu melawan radikal bebas yang terdapat pada zat-zat polutan dan radiasi matahari. Kemampuan vitamin C dosis tinggi sebagai antioksidan tersebut membantu menghambat penuaan sel-sel kulit sehingga menjaganya tetap kenyal dan awet muda. 
      Ditinjau dari segi kecantikan Kauffman High Dose Vitamin C mencerahkan dan melembabkan kulit secara alami, berfungsi sebagai zat anti aging atau penuaan dini, menyamarkan flek-flek hitam, mencegah kulit terlihat kusam, memutihkan kulit secara alami serta memberikan efek glow pada kulit, hingga membantu mengurangi Stretch marks dan cellulite. Sedangkan dari segi kesehatan Kauffman High Dose Vitamin C merupakan bahan baku untuk memproduksi collagen alamiah yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh, menyehatkan jantung serta mengobati sariawan dan flu.





Vitamin C Kauffman High Dose berbentuk ampul 5000 mg. Dalam bentuk ampul vitamin C lebih cepat diserap tubuh, kelebihan vitamin C akan dieksresikan bersama urin sehingga tidak menyebabkan gagal ginjal. Namun perlu diperhatikan bahwa proses injeksi harus dilakukan di bawah pengawasan dokter agar dipastikan sesuai prosedur medis, dalam dosis tepat dan menghindari terjadinya infeksi atau gangguan lain karena kesalahan prosedur.

Rutin infuse Kauffman sebulan 4x akan memberikan efek awet muda dan whitening. Gaya hidup sehat dan mencukupi kebutuhan vitamin C tubuh merupakan faktor utama membentuk kulit kenyal dan elastis, tubuh pun lebih bugar sehingga dapat beraktivitas secara dinamis.

Wednesday, July 1, 2015

Tips Pasang Iklan di OLX ID #BekasJadiBerkah

"Cara tepat jual cepat", familiar dengan tagline ini? Yup, benar. Ini Tagline dari OLX, dulunya Tokobagus. Heran saya karena beberapa bulan belakangan banyak yang komplain tentang pemasangan iklan di OLX yang katanya tidak seefisien TokoBagus. Ada lagi keluhan loadingnya lama. Kalau dari pendapat saya sih so far so good, belum ada komplain. Mungkin yang membedakannya form saat pasang iklan. Verifikasinya juga nggak lama, nggak sampai setengah jam iklan sudah tampil dengan cantiknya.

Sekedar ingin berbagi tips pasang iklan di OLX ID. Saya lakukan langkah-langkah ini dan iklan saya pun terpasang tanpa gangguan.

1. Sign in. Dah pada jadi member OLX blom ? kalau saya sudah jadi member sejak September 2014. Caranya ga pakai ribet kok, sama dengan mengisi form daftar di sosial media.

2. Klik "Pasang Iklan Gratis" di sebelah nama user kita



3. Isi Formulir secara lengkap hingga tuntas. Ini dia urutan formulirnya :
a. Judul : disediakan space 70 karakter. Tips : Hindari menggunakan huruf kapital semua (bukankah kita kurang nyaman kalau membaca sms yang menggunakan huruf kapital semua kan ? seperti sedang dimarah-marahin xixixixi). Pilih kata-kata praktis, efisien dan menarik minat, awali dengan kata Dijual atau BU alias Butuh Uang.
b. Kategori : jangan sampai salah pilih kategori barang yang hendak dijual. Ada 10 katagori nih, pastikan tepat mengkategorikan barang. Jangan sampai deh jual handphone bekas tapi pilih kategori motor brrrm gak nyambung sama sekali.




c. Deskripsi Iklan : tips deskripsikan barang dengan kalimat yang menimbulkan imajinasi dan menarik minat. Sama dengan menulis karya deskripsi di bangku sekolah dulu. Tulis sedetail-detailnya. Misal : kondisi (jika bekas) berapa persen, masih mulus, warna. Kalau punya nilai sejarah boleh diceritakan singkat (siapa tau mantan gebetan jatuh kasihan trus itu produk dibeli dengan harga mahal xixixixi). Maksimalkan space 4096 karakter sebaik-baiknya. Again, hindari pakai huruf kapital pada semua kata. Boro-boro dibaca, yang liat sekejap bisa ngomel dan iklannya di skip ajah.
d. Upload foto : yang hobi fotografi pasti suka bagian ini. Tips : pilih foto yang paling baik pencahayaannya dan barang jadi tampak menonjol. Hindari deh foto yang buram akan membuat calon pembeli seolah memilih kucing dalam karung. Hindari pula meletakkan barang yang akan dijual di tengah tumpukan barang lain yang tidak ada relevansinya, misal menjual sepatu bekas backgroundnya tempat sampah (aduh enggak banget deh). Daan makin banyak foto makin bagus, ambil foto dari berbagai angle.
e. Info kontak : tulis data diri selengkap-lengkapnya. Termasuk nomor HP, WA (centang kotak "bisa dihubungi via WA di bawah no HP) atau Pin BB kan poin-poin penting kalau mo jualan online? 

Penasaran penampakan iklan saya untuk even #BekasJadiBerkah ? ini dia :


Eaa maklum ga dapat THR, ga dapat gaji ya beginilah cara kerja freelance buat mencukupi kebutuhan Ramadhan dan Lebaran. Jangan sampai lah mengurangi infak dan sedekah gegara inflasi, ga punya gaji, ga pernah terima THR. Bisa aja cari barang-barang yang bisa dijual, sebagian bisa disedekahin tapi paling jempol kalau semua hasil penjualannya dibelanjakan di jalan Allah :)