Google+ Followers

Wednesday, July 1, 2015

Tips Pasang Iklan di OLX ID #BekasJadiBerkah

"Cara tepat jual cepat", familiar dengan tagline ini? Yup, benar. Ini Tagline dari OLX, dulunya Tokobagus. Heran saya karena beberapa bulan belakangan banyak yang komplain tentang pemasangan iklan di OLX yang katanya tidak seefisien TokoBagus. Ada lagi keluhan loadingnya lama. Kalau dari pendapat saya sih so far so good, belum ada komplain. Mungkin yang membedakannya form saat pasang iklan. Verifikasinya juga nggak lama, nggak sampai setengah jam iklan sudah tampil dengan cantiknya.

Sekedar ingin berbagi tips pasang iklan di OLX ID. Saya lakukan langkah-langkah ini dan iklan saya pun terpasang tanpa gangguan.

1. Sign in. Dah pada jadi member OLX blom ? kalau saya sudah jadi member sejak September 2014. Caranya ga pakai ribet kok, sama dengan mengisi form daftar di sosial media.

2. Klik "Pasang Iklan Gratis" di sebelah nama user kita



3. Isi Formulir secara lengkap hingga tuntas. Ini dia urutan formulirnya :
a. Judul : disediakan space 70 karakter. Tips : Hindari menggunakan huruf kapital semua (bukankah kita kurang nyaman kalau membaca sms yang menggunakan huruf kapital semua kan ? seperti sedang dimarah-marahin xixixixi). Pilih kata-kata praktis, efisien dan menarik minat, awali dengan kata Dijual atau BU alias Butuh Uang.
b. Kategori : jangan sampai salah pilih kategori barang yang hendak dijual. Ada 10 katagori nih, pastikan tepat mengkategorikan barang. Jangan sampai deh jual handphone bekas tapi pilih kategori motor brrrm gak nyambung sama sekali.




c. Deskripsi Iklan : tips deskripsikan barang dengan kalimat yang menimbulkan imajinasi dan menarik minat. Sama dengan menulis karya deskripsi di bangku sekolah dulu. Tulis sedetail-detailnya. Misal : kondisi (jika bekas) berapa persen, masih mulus, warna. Kalau punya nilai sejarah boleh diceritakan singkat (siapa tau mantan gebetan jatuh kasihan trus itu produk dibeli dengan harga mahal xixixixi). Maksimalkan space 4096 karakter sebaik-baiknya. Again, hindari pakai huruf kapital pada semua kata. Boro-boro dibaca, yang liat sekejap bisa ngomel dan iklannya di skip ajah.
d. Upload foto : yang hobi fotografi pasti suka bagian ini. Tips : pilih foto yang paling baik pencahayaannya dan barang jadi tampak menonjol. Hindari deh foto yang buram akan membuat calon pembeli seolah memilih kucing dalam karung. Hindari pula meletakkan barang yang akan dijual di tengah tumpukan barang lain yang tidak ada relevansinya, misal menjual sepatu bekas backgroundnya tempat sampah (aduh enggak banget deh). Daan makin banyak foto makin bagus, ambil foto dari berbagai angle.
e. Info kontak : tulis data diri selengkap-lengkapnya. Termasuk nomor HP, WA (centang kotak "bisa dihubungi via WA di bawah no HP) atau Pin BB kan poin-poin penting kalau mo jualan online? 

Penasaran penampakan iklan saya untuk even #BekasJadiBerkah ? ini dia :


Eaa maklum ga dapat THR, ga dapat gaji ya beginilah cara kerja freelance buat mencukupi kebutuhan Ramadhan dan Lebaran. Jangan sampai lah mengurangi infak dan sedekah gegara inflasi, ga punya gaji, ga pernah terima THR. Bisa aja cari barang-barang yang bisa dijual, sebagian bisa disedekahin tapi paling jempol kalau semua hasil penjualannya dibelanjakan di jalan Allah :)


9 comments: