Google+ Followers

Wednesday, July 22, 2015

Warna-warni Kemenangan Kue Lebaran

Lebaran Idul Fitri disebut sebagai hari kemenangan. Kira-kira kemenangan dari perjuangan melawan apa? tentu kemenangan melawan hawa nafsu setelah berpuasa sebulan penuh. Puasa Ramadhan adalah perjuangan besar sebagaimana hadits Nabi yang menyatakan bahwa jihad terbesar adalah jihad melawan hawa nafsu.

Lebaran merupakan momen kebahagiaan. Bahagia karena telah menunaikan perintah Allah yaitu berpuasa Ramadhan dan mengeluarkan zakat fitrah. Bahagia karena lebaran adalah saat kumpul keluarga. Bukankah di Indonesia libur lebaran cukup panjang? Minimal dua minggu libur untuk anak sekolah dan dua hari tanggal merah plus tiga hari cuti tahunan bagi pekerja adalah waktu yang memadai untuk menghabiskan waktu bersama sanak saudara. Apalagi lebaran 2015 bertepatan dengan libur kenaikan kelas. Yuhuuy bisa mudik dan jalan-jalan sepuasnya ya? Itu bagi yang punya tujuan mudik dan tentunya uang saku.

Lebaran kami kali ini berbeda. Biasanya kami mudik ke Probolinggo dan menginap beberapa hari namun kali ini karena Mama sedang tinggal di rumah kakak di Tuban jadilah hari raya tanpa acara menginap bersama. Waw padahal waktu senggang cukup banyak lalu harus ngapain dong. Akhirnya ya...kembali ke laptop, cari-cari lomba menulis dan kuis seperti biasa. 

Salah satu keuntungan menjadi member grup-grup FB info kuis dan grup kepenulisan adalah informasi mengenai lomba menulis selalu up to date seperti contohnya Grup Kumpulan Emak-Emak Blogger. Yippy ketemu juga info lomba yang pas di hati, kuis sekaligus lomba menulis bertajuk Warna-warni Kemenangan yang disponsori Dulux. Tema lomba menulis nya simple saja menceritakan ekspresi warna-warni kemenangan di tengah keluarga. Pilihan sub temanya adalah Kumpul Keluarga, THR, Mudik, Baju Lebaran, Silaturahmi, Malam Takbiran, Ibadah, Ketupat, Kue Lebaran dan Wisata.

Dari sub tema tersebut Warna-warni Kemenangan 2015 tentang Kue Lebaran adalah pilihan paling tepat buat saya ceritakan. Maklum sebagai freelance ga mungkinlah dapat THR dan si Papa yang baru bekerja 3 bulan belum dapat THR. Baju lebaran? ngga ada yang istimewa karena saya mengajarkan bahwa lebaran tak selalu harus mengenakan baju baru. Kumpul keluarga? aih kalau udah kumpul keluarga suka lupa foto-foto nih, ga bisa dong dibuat bahan tulisan. Ibadah dan Silaturahmi? nah apa lagi yang ini, ngga kepikir bawa kamera pas sholat Ied atau foto-foto saat berkunjung ke tetangga untuk bersilaturahmi. Ketupat? alamaak seumur-umur ngga pernah masak ketupat kecuali dapat kiriman hantaran. Mudik dan berwisata? lah kan cuma mudik sehari ke Tuban dan ngga pergi kemana-mana. Pengen sih kisah mudik naik bus ekonomi antar kota diiringi pengamen jalanan diceritakan dalam warna warni kemenangan 2015 tapi modelnya pada terkantuk-kantuk begini, kecuali saya yang hobi narsis di sana sini hihihi


Nah kalau cerita warna-warni kue lebaran pasti bisa diceritakan dan pas buat tema kompetisi foto di www.warnawarnikemenangan.com.

Keluarga kecil kami memiliki selera berbeda-beda soal warna favorit dan makanan. Saya lebih suka warna coklat atau warna kalem tapi soal makanan ringan kue bercita rasa gurih dan asin adalah favorit saya, maka Kaastengels yang tampak kalem karena hanya punya satu warna : kuning kecoklatan adalah favorit saya. Sadar kalau Kaastengels tergolong kue lebaran paling mahal saya bela-belain bikin Kaastengels sendiri nih meski kejunya cukup pakai keju cheddar sebagai pengganti keju edam nan mahal.


Si Papa, paling suka bikin kejutan. Maka kue kesukaannya adalah kue dengan isi yang membuat terkejut karena ada rasa sedikit kecut. Nastar selai nanas adalah favoritnya. Sebenarnya warna kebanggaannya adalah biru tapi nggak mungkin kan nastarnya jadi berwarna biru?

Anak-anak doyan banget kue-kue berasa manis. Rafi dan Raditya suka coklat dan warna favorit mereka adalah warna gold yang mengkilat, jadilah sajian lebaran kesukaan mereka adalah coklat berlapis kemasan gemerlap. Ssst tapi Kaastengels, kue semprit, nastar, kue mawar dan jajan kalengan juga tidak luput dari jarahan mereka jadi sebenarnya warna dan kue favorit mereka apppa siiiih?

OK, mengemas ide menjadi sebuah tulisan jadilah sudah. Tinggal kesiapan fotografi. Berhubung serumah cuma berempat dan pengennya foto berempat maka kamera digital murah meriah dengan timer jadi andalan. Tiga kali take dengan gaya berbeda untuk kontes foto berbeda hahaha. Untunglah hasil foto berpacu dengan waktu karena sudah mendekati adzan Maghrib ini tidak mengecewakan. Mungkin pengaruh model dan latar belakang pemotretan yah... eaaa. 

Pengen cerita sedikit nih tentang latar belakang pemotretan. Dinding yang tampak ceria ini dicat menggunakan Catylax Dulux Yellow Sunset A911-45365N. Baru? enggak sudah dua tahun lalu. Sisa catnya masih bagus dan disimpan rapi di garasi alias teras rumah. Catylax Dulux membantu kami berhemat karena tidak harus setiap tahun mengecat, membuktikan bahwa hari raya tak harus selalu keluar biaya perbaikan demi mempercantik dekorasi rumah. Kalau ingin tampil beda tinggal ditambahkan stiker dinding lucu seperti gambar Winnie The Pooh, tokoh kartun lainnya atau aksen pepohonan dan bunga.
Nah setelah foto-foto saatnya berpartisipasi di kontes foto #WarnaKemenangan di website Dulux. Udah pada ikutan belum nih? hadiahnya banyak loh mulai dari furniture keren hingga gadget Xiaomi yang sedang ngetrend.

Caranya gampang kok :
1.  Klik 
2.  Kalau ingin upload foto tanpa webcam tinggal klik tanda x di pojok kiri atas.
3. Pilih stiker kebahagiaan sesuai tema foto, ada 10 pilihan. Setiap pilihan memiliki stiker khusus yang lucu. Misalnya pilihan "THR" akan muncul stiker segepok uang, "Malam Takbiran" akan memunculkan stiker bedug, Frame "Kue Lebaran" jadi lebih cantik dengan stiker cupcakes.
4.  Upload foto yang diinginkan
5.  Pilih frame dengan memilih tanda panah kiri dan kanan. Tersedia setidaknya sepuluh pilihan warna bingkai.
6.  Klik next lalu pilih "upload"
7. Foto terupload otomatis dan ikuti instruksi berikutnya yaitu menuliskan cerita tentang keseruan hari raya terutama yang berkaitan dengan foto tersebut. Jangan lupa isi data diri lengkap yaitu nama sesuai KTP (jangan nama beken atau nama samaran), no HP milik sendiri (masa' iya nomor tetangga) dan alamat email yang masih aktif (bukan yang sudah pensiun)

8. Klik submit, maka foto narsis dan kisah behind the scene yang telah ditulis akan masuk ke gallery.
9. Last but not least jangan lupa banyak berdoa biar bisa menangin hadiahnya. Saya mah berdoa menang Xiaomi buat gantiin HP Nokia C5 yang sudah copot keypadnya dan bela-belain diselotip segala (maklum saya penganut paham irit to the max, baru ganti HP kalau udah rusak beneran euy)

Sudah selesai sampai di sini ? eits tunggu bentar. Namanya emak-emak pasti suka diskon dan potongan harga. Dulux ngga mau kalah membahagiakan emak-emak dong. Sebagai produsen yang menghargai konsumen Dulux memberikan potongan harga sejumlah seratus ribu rupiah untuk pembelian sebesar satu juta rupiah. Caranya gampang kok, tinggal ikuti instruksi di pilihan menu "Voucher" di pojok kanan atas dari aplikasi ini yaitu daftar melalui SMS, ketik Dulux (spasi) Nama#No Telpon kirim ke 2000. Kalau sudah pernah mendaftar jadi member di website Dulux biasanya otomatis sudah terdaftar mendapat sms diskon karena saya pernah menerima sms potongan harga tersebut beberapa bulan lalu. Oia promo ini valid hingga 31 Juli 2015 jadi buruan deh dimanfaatkan. 


Nah sekarang intipin gallery. Wiiy foto warna kemenangan keluarga kami tampak keren dengan aplikasi stiker kemenangan besutan Dulux. 



Ngga rugi deh saya suka KEPO-in FB dan Twitternya Let's Colour Indonesia. Apalagi sekarang sosmednya makin lengkap dengan kehadiran instagram dan youtube. Pilihan dan simulasi warna, tips dan trik dekorasi, teknik pengecatan serta artikel-artikel menarik lainnya dibahas tuntas di website dan akun-akun sosial media Dulux. 

Terimakasih Dulux, rumah kami tetap cantik di hari raya, hari kemenangan meski kami tak sempat mengecatnya ulang. Hati pun riang dan aktivitas apapun di dalam rumah mampu menerbitkan senang.
Terimakasih pula KEB (Kumpulan Emak-Emak Blogger) grup FB keren yang sering mengadakan lomba menulis plus kuis, jadilah saya numpang beken heee.

Ayo ceritakan warna kemenangan kalian, kita seru-seruan dalam dunia warna-warni kemenangan 2015 bersama Dulux :)






10 comments:

  1. rajin mak, kuenya bikin sendiri. saya mah beli ajaa :D belon punya oven

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahaha demi ngirit Mak ...irit to the max adalah falsafah hidup saya :D

      Delete
  2. Kue nastar ini selalu ada disaat lebaran :)

    ReplyDelete
  3. Waah nastar dan kastengel juga selalu jafi favorit keluargaku mak. Sukses yaa lombanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih Mak....kue-kue khas lebaran jadi favorit di mana-mana yah :)

      Delete
  4. Duh, saya lom pernah bikin kue, bisanya bantu2 doang klo kakak & ibu bikin

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah si Mak suka merendah nih, nah saya cuma bisa bikin kue kering doang :D

      Delete