Google+ Followers

Saturday, June 6, 2015

Review Ramadhan In Love

Penerbit Indiva
Halaman : 152 halaman
ISBN : 978-602-1614-66-2
Harga : Rp. 25.000,-
Kategori : Motivasi (genre remaja)


Ramadhan menjadi bulan yang ditunggu-tunggu kaum muslim sedunia. Kehadirannya seolah oase di tengah dahaga. Saat hidup terasa jenuh berlumur dosa Ramadhan seolah menjadi penawarnya. Ramadhan adalah bulan yang dinanti bagi umat yang rindu menjadi mukmin sejati sebab kemuliaan Ramadhan tak bisa ditawar lagi. Hanya saat Ramadhan pintu neraka tertutup, syaitan dibelenggu. Lalu jika berpuasa tetapi tetap tergoda menggugurkan pahalanya siapa yang sedang berperan itu? Pastilah si hawa nafsu. Sebab Ramadhan adalah bulan bagi para pencari pahala jihad, jihad terbesar adalah melawan hawa nafsu.
Atas inspirasi Ramadhan itulah seleksi antologi Ramadhan In Love yang diadakan di Grup Kepenulisan Be A Writer digelar. Grup yang digawangi mbak Leyla Hana dengan mentor-mentor beken seperti mbak Riawani Elyta dan mbak Shabrina_WS plus blogger-blogger berprestasi seringkali mengadakan seleksi untuk memilih naskah terbaik dan diajukan kepada penerbit. Kadangkala penerbit malah menawarkan lowongan naskah buku yang sedang dicari.
Alhamdulillah, hanya atas pertolonganNya saya lolos seleksi antologi bertema Tips Menjadi Juara di Mata Allah. Ramadhan In Love ditujukan untuk segmen remaja, bahasanya segar dan ringan khas jenaka namun isinya komplit mulai dari tips menjaga kebugaran selama berpuasa ramadhan, amalan-amalan utama di bulan Ramadhan, tips mendapatkan Lailatul Qadr hingga sejarah tentang peristiwa penting bagi umat Islam yang terjadi di bulan Ramadhan.

Terdapat 12 tulisan dari 11 kontributor yaitu :

1.  Bersiaplah untuk Hal yang Luar Biasa ~ Arul Chandrana
Naskah ini pas banget dipasang sebagai pembuka karena penulis novel Pemburu Rembulan ini dikenal sebagai penulis dengan bahasa segar dan lincah sekaligus jenaka. Bersiaplah untuk Hal yang Luar Biasa berisi tentang tips-tips menghadapi puasa Ramadhan agar tidak gagal di tengah jalan. Apa saja sih yang harus dilakukan sebelum Ramadhan tiba?

2.   Semangat Ramadhan Lewat Sejarah ~ Linda Satibi
Wow membaca buku Ramadhan In Love membuat mata terbuka lebar. Ternyata banyak sekali peristiwa penting dalam sejarah umat Islam yang terjadi pada bulan Ramadhan. Tulisan mbak Linda ini menyadarkan bahwa Ramadhan bukan berarti bulan untuk bermalas-malasan sebab banyak kemenangan diraih kaum muslimin di bulan Ramadhan. Peristiwa bersejarah apa sajakah itu? Mengenangnya kembali membuat kita semakin bersemangat mengisi Ramadhan dengan aktivitas penuh makna.

3.   Fikih Puasa ~ HR Umar Faruq
Jangan terburu pusing dengar kata Fikih. HR Umar Faruq menulisnya dengan gaya tulisan mengalir dan segar. Fikih puasa membahas hal yang komplit tentang puasa mulai dari hal yang membatalkan puasa, beberapa kasus yang diperdebatkan apakah membatalkan puasa atau tidak (seperti hukum menggunakan obat tetes telinga saat berpuasa, infusdan lainnya) hingga masalah metode penentuan awal Ramadhan dan 1 Syawal.

4.   Tetap Energik dan (Tambah) Sehat dengan Puasa ~ Rena Puspa
Penulis buku Bahagia Ketika Ikhlas ini mengupas makna puasa ditinjau dari segi kesehatan. Owh ternyata berpuasa berkaitan dengan kinerja enzim dan makna pembagian tahapan Ramadhan menjadi tiga bagian (masing-masing tahapan sepuluh hari) itu ada kaitannya dengan ilmu kesehatan juga. Seperti apa sih, yuuk baca sendiri biar legaa.

5.   Agar Puasamu Tak Sekedar Lapar Dahaga ~ Sarah Amijaya
Duh rugi ya kalau puasa ramadhan sekedar menggugurkan kewajiban saja. Padahal ramadhan datangnya setahun sekali dan belum tentu tahun depannya bertemu lagi sebab tak ada yang dapat memperkirakan datangnya mati. Lalu tips apa saja sih agar Ramadhan benar-benar penuh makna? Yuk intip tips mbak Sarah, seorang PNS di Departemen Agama

6.   Tips Menjadi Juara di Mata Allah ~ Dwi Aprilytanti Handayani
Hee ini tulisan saya, Alhamdulillah bisa lolos seleksi di antara puluhan naskah yang masuk di meja mbak Riawani Elyta sebagai penanggung jawab. Sst ada alasan mengapa saya memilih judul tersebut, sebab saya saat itu lagi ilfil dengan iklan motor matic yang …”jadi juara di hatimu” …uggghh benci banget saya liat iklan siswa siswi berboncengan dan berpelukan erat, kan masih mending yang jadi juara basket atau olimpiade eaaa. Lebih bagus dan terhormat jika menjadi juara di mata Allah, apalagi jadi juara berpuasa, ibadah yang khusus Allah yang bakal menilainya secara langsung dan bakal mendapat ganjaran masuk surga melalui pintu Ar Rayyan. Di sini saya mengupas SWOT (Strength, Weakness, Opportunities dan Threats) dalam berpuasa, idih macam orang mau maju perang aja ya, ya iyalah kan puasa itu berperang mengalahkan hawa nafsu. Nah karena saya yakin tulisan kontributor lain pasti sudah komplit menyitir ayat dan hadits tentang keutamaan puasa, saya malah menyitir tema yang nyeleneh yaitu lagunya Bimbo, puasa..puasa sebulan penuh lamanya, puasa puasa Ramadhan bulan mulia…

7.   Asyiknya Bangun Sahur ~ Vina Syarief
Sahur…sahur…apa sih bedanya puasa umat Islam dengan puasa umat lain? Yap! Makan sahur adalah jawabnya. Puasa umat Islam baik sunnah maupun Ramadhan selalu disertai makan sahur karena ada keberkahan di dalamnya. Apa saja tips agar nggak susah bangun untuk makan sahur, bagaimana agar sahur lebih bermakna dan menu apa yang pas untuk makan sahur, intip tulisan beliau ya

8.   Meraup Manfaat dan Kebaikan dari Berbuka Puasa – Rukhaniyah
Waktu apa yang paling ditunggu saat berbuka puasa? Tentu waktu berbuka hahaha…Etapi menunggu berbuka kok rasanya terlalu lama…kira-kira ngapain aja sambil menunggu waktu berbuka? Ssst mbak Nia siap bagi-bagi tipsnya plus tips menu sehat untuk berbuka puasa.

9.   Keutamaan Sholat Tarawih – Kazuhana El Ratna Mida
Apa sih sholat tarawih itu, apa saja keutamannya trus kita mo sholat tarawih berapa rokaat? Di sini dikupas tuntas tas tas

10. Keutamaan Membaca Al Quran di Bulan Ramadhan – Rukhaniyah
Hayoo siapa yang rajin baca Quran hanya saat Ramadhan? Celingak celinguk cari teman. Ah nggak ah, saya yakin mukmin sejati selalu ingat baca Quran tiap hari hanya intensitasnya ditingkatkan saat Ramadhan. Kenapa sih kok kita wajib membaca Al Quran? Keutaamaan apa yang diperoleh dengan rajin membaca Al Quran dan kegiatan apa yang berkaitan dengan membaca Al Quran biar gak bosen dibahas di bab ini

11. Mengejar Lailatul Qadr – Kania Ningsih
Salah satu yang menjadikan ramadhan istimewa adalah adanya Lailatul Qadr di sepuluh hari terakhir Ramadhan. Malam 1000 bulan ini tak setiap orang mendapatkannya, padahal pahala ibadah di Lailatul Qadr setara degnan pahala beribadah selama 1000 bulan. Maklum di sepuluh hari terakhir Ramadhan biasanya orang sibuk belanja baju, kue atau berdesakan di jalan untuk mudik hari raya. Tips apa yang perlu diterapkan agar tidak gagal meraih kemuliaan malam Lailatul Qadr? Intip tips-tips mbak Kania ya.

12.  Nyalakan Cahaya Ramadhan Sepanjang Usia ~ Ariff’ah
Tulisan ini pas dibaca di akhir-akhir Ramadhan nanti sebagai muhasabah, introspeksi apakah Ramadhan kita benar-benar bermakna, atau jangan-jangan hanya mendapat haus dan dahaga? Lebih parah lagi jika pasca Ramadhan amalan-amalannya dilupakan. Duh trus gimana dong agar tetap istiqomah beribadah seintensif seperti saat Ramadhan, nah Arriff’ah gak pelit bagi-bagi tipsnya.


Pengen punya bukunya? Bisa dicari di toko buku atau hubungi FB Penerbit Indiva. Hanya 25 ribu rupiah tetapi menambah ilmu dan wawasan tentang kemuliaan Ramadhan, keutamaan berpuasa akan terus menjadi bagian dari sepanjang hidup kita. Sst ada kuisnya loh, berhadiah Al Quran dan buku Ramadhan In Love untuk tiga orang pemenang. Kuis mini ini diselenggarakan dari tanggal 4 -14 Juni 2015 Cek di sini ya …

14 comments:

  1. Semoga buku bermanfaat ini jadi amal jariah ya mbak.. Selamat Menyembut Ramadhan.

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Monggo dicari di tobuk mbak Titi, semoga bermanfaat :)

      Delete
  3. Replies
    1. aih mbak Linda, belum sekeren reviewnya mbak Linda deh :)

      Delete
  4. Ugh jadi ga sabar pengen baca. Udah ikut kuisnya, moga dapet, jadi bisa buat 'cemilan di bulan puasa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin...moga2 menang trus nanti direview sekalian ya De biar dapat hadiah tambahan :)

      Delete
  5. Waduh, mba Dwi udah bikin reviewnya nih, kereeen. saya bukunya udah dikasihin ke ortu, katanya lagi membina remaja di kampung...mudah2an saya bisa dapet bukunya lagi jadi pengen reeview juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kereen buku mbak Kania malah lebih berkah karena digunakan untuk membina remaja, semoga tulisan kita menjadi amal jariyah ya mbak :) ayo pesen bukunya lagi mbak :D

      Delete
  6. Waduh, mba Dwi udah bikin reviewnya nih, kereeen. saya bukunya udah dikasihin ke ortu, katanya lagi membina remaja di desa, biar pada maju

    salam sukses
    Amoorea Sabun

    ReplyDelete