catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Meditasi : Memusatkan Pikiran, Mendekatkan Diri Kepada Tuhan


Membaca kembali postingan saya tempo hari tentang Meditasi, apa yang bisa kita simpulkan tentang manfaat meditasi ? bahwa meditasi adalah sarana untuk melatih pikiran sehingga lebih berkonsentrasi melakukan sebuah pekerjaan?, benar itu salah satu manfaat meditasi namun ada peranan yang lebih besar yaitu mencerahkan hidup dan meningkatkan kesehatan diri kita.

Bagaimana bisa meditasi mencerahkan hidup ? seperti yang diulas sebelumnya meditasi adalah saat mengambil jeda di tengah kesibukan kita, layaknya oase saat kita tengah berada di tengah padang pasir, menyejukkan hati menumbuhkan rasa syukur kepada Sang Pencipta. Meditasi tidak sekedar memusatkan pikiran dan merenung tetapi dalam perenungan itu kita dituntun untuk mencari solusi memetakan kemampuan diri dengan cara meminimalisir kekurangan dan mengoptimalkan kelebihan. Mungkin kita pernah terpuruk atau gagal mewujudkan impian tapi itu masa lalu bukan untuk selalu dikenang kepahitannya melainkan diambil sebagai hikmah, beberapa hal yang mungkin dijadikan pelajaran agar kegagalan yang sama tak pernah terulang, “Buang yang buruk ambil yang baik”. Di situlah tujuan bermeditasi : membuat kita terpusat pada masa kini untuk berproses meraih masa depan. Metode meditasi akan membantu mengendalikan arus pikiran, sehingga masalah berat tidak bertambah berat, dan masalah kecil tidak menjadi berat. Sikap pun akan menjadi lebih stabil dan positif

Bermeditasi, merenung mengenali sisi positif dari kita akan menimbulkan kedekatan diri pada Sang Pencipta. Saat menemui jalan buntu, menderita kekalahan dan kekecewaan yang teramat dalam sering membuat kita terasing, mengutuk diri sendiri hingga menyalahkan lingkungan bahkan disadari atau tidak menyalahkan takdir atas penderitaan yang dialami, di sinilah meditasi berfungsi. Setiap ajaran agama pada dasarnya mengajarkan pentingnya meditasi melalui berbagai manifestasi : sholat, berdzikir, berdoa, pati geni pada hari raya Nyepi, bersemedi inti dari ritual itu semua adalah meditasi, memusatkan konsentrasi dan hati meraih ketenangan sejati, mendekatkan diri kepada Sang Illahi.

Meditasi juga mampu membuat kita lebih menyatu dengan alam sekitar, mengenali betapa berlimpah karunia Tuhan menjadikan sebagai salah satu alasan betapa banyak hal mencerahkan. Lupakan sejenak permasalahan termasuk masalah anak SUSAH MAKAN Seperti yang sering kita dengar dan percaya : berjuanglah semampumu dalam menggapai asa, gemakan cita-cita mengangkasa maka semesta akan membantumu, mengamini doa mewujudkannya nyata.


Meditasi membantu terwujudnya pemikiran positif terhadap diri sendiri, menyadari betapa lingkungan sekitar adalah bukti berlimpahnya karunia Tuhan disinilah meditasi berfungsi meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik dari sebelumnya sehingga lahirlah kesehatan pada tubuh. Sebagaimana motto Men Sana In Corpore Sano : Di dalam jiwa yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Fungsi organ tubuh menjadi membaik, dan pada beberapa kasus bisa menyembuhkan berbagai penyakit, seperti yang sudah dirasakan oleh Adjie Silarus.

Adjie Silarus merupakan seorang Meditator yang sudah merasakan hasil dari meditasi yang dilakukan selama bertahun-tahun ini. Adjie, yang pernah memiliki penyakit yang berawal dari stres ini, berusaha menyembuhkan penyakit dengan pola pikirnya, bukan dengan obat-obatan. Dia menggunakan meditasi sebagai sarana penyembuhan fisiknya. Gaya hidup positif yang berawal dari meditasi, dilakukannya secara konsisten, sehingga bukan saja pola pikirnya yang terlatih namun kesehatannya pun pulih jauh lebih baik!. Dan kini bekerja sama dengan  Indscript Creative melalui Personal Branding Agency ia mengajak kita untuk mendapatkan pencerahan melalui meditasi.

Inilah contoh tahapan sederhana cara bermeditasi ala Adjie Silarus yang dapat kita pelajari di dalam blognya.


20130227 095149 Cara Ampuh Mengatasi Stres Kerja
20130227 095317 Cara Ampuh Mengatasi Stres Kerja

20130227 095342 Cara Ampuh Mengatasi Stres Kerja
20130227 095403 Cara Ampuh Mengatasi Stres Kerja
20130227 095425 Cara Ampuh Mengatasi Stres Kerja
20130227 095437 Cara Ampuh Mengatasi Stres Kerja
20130227 095603 Cara Ampuh Mengatasi Stres Kerja
20130227 095630 Cara Ampuh Mengatasi Stres Kerja
20130227 095702 Cara Ampuh Mengatasi Stres Kerja
20130227 095751 Cara Ampuh Mengatasi Stres Kerja


Jika dengan teratur bermeditasi, seseorang bisa meraih kualitas hidup yang lebih baik dari sebelumnya, lalu apa yang perlu ditunggu? Adjie Silarus akan membantu kita untuk memulai hari-hari yang lebih cerah dan bahagia dengan meditasi. Sejumlah pelatihan bisa didapatkan untuk mendapat kualitas meditasi yang benar-benar bermanfaat. Bukan hanya sekadar melatih pikiran, namun juga mencerahkan hidup dan meningkatkan kesehatan diri kita. Jalan sukses akan terbentang lebih lebar manakala kita bahagia dan sehat jasmani rohani!

Share:

No comments:

Post a Comment

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.