catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Cara kirim SMS Tanpa Pulsa (Layanan Telkomsel Collect SMS)

Wahai para pengguna Telkomsel pernah terima sms dari 88331 berbunyi "Collect SMS Telkomsel nomor +6281XXXXXXX gagal mengirim sms ke Anda. Jika berkenan membayar biaya SMS Rp 165 balas YES dan NO jika tidak. Info CS 133/188 ?

Saya pernah beberapa kali terima sms semacam ini baik di nomor SimPATI maupun nomor Kartu AS. Awalnya saya cuekin, saya kan nggak hafal nomor HP asli di kontak. Entah kenapa saya iseng banget pagi ini nyobain layanan ini. Tentunya saya cek dulu nomor yang tercantum pada sms layanan Collect SMS. Sorot nomor lalu tekan Call ...Lho ternyata tetangga saya. Karena niat saya emang pengen nyobain layanan ini bener apa enggak dan biasanya jam sepuluh pagi beliaunya masih kerja, saya ngga nelpon cuma nge-test nomor doang alias miscall.

OK deh saya balas YES ke nomor 88331 yang ngirim sms tadi, halah ternyata sms yang saya kirim pending entah kapan nyampenya.

Langsung browsing ke website Telkomsel, Owh ternyata ada layanan Collect SMS untuk mereka yang lagi "fakir" alias kehabisan pulsa atau mereka yang lagi dalam masa tenggang. Eh saya sih awalnya cuma kenal layanan TCM (Telkomsel Call Me) alias buat yang ga punya cukup pulsa tapi pengen ditelpon. 

Layanan Collect SMS ini bisa digunakan oleh pengirim SMS yang tidak memiliki cukup pulsa atau pengirim SMS sedang dalam masa tenggang

Biaya untuk collect SMS = Rp 110 per SMS jika nomor pengirim sudah terdaftar sebagai nomor prioritas di contact list atau Rp 165 per SMS jika nomor pengirim belum terdaftar sebagai nomor prioritas (rate SMS per 27 April 2015)

Nah ternyata kita bisa masukin nomor kerabat, anak, tetangga ke dalam nomor prioritas dengan cara hubungi *500*7# pilih menu DAFTAR lalu masukkan nomor-nomor telepon yang dianggap prioritas utama ke dalamnya.

Sebenarnya Layanan Collect SMS ini bisa dimanfaatkan kalau kepepet ya tapi sayang sudah dua puluh menit berlalu sms 'YA" saya ke 88331 tetep pending. Entar duluan si empunya nomor HP nyamperin ke rumah xixixi beliau ini pelanggan pulsa di counter saya mungkin pas pengen isi pulsa. Tapi ya sudahlah kita tunggu saja episode berikutnya ..LHO ?!

UPdated : saya coba menu masukin prioritas ini ternyata kena biaya abonemen 2200 rupiah per bulan, duh enggak jadi aja deh, mending dipotong 165 rupiah tiap sms lah kan tetangga saya ini paling banter sms beli pulsa sebulan 2x :D kadang kalau dia punya pulsa ya ngga pakai motong pulsa saya via Collect SMS hehehe

Share:

9 comments:

  1. Saya juga baru tau kemaren pas sms temen ko dapet balesannya aneh kaya orang minta dibayarin SMS, tapi karena males baca detailnya sy cuekin & sy telepon aja orangnya hahah, ternyata ini program resmi telkomsel toh

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak Emiscara, saya akhirnya ketemua tetangga saya itu. bener dia mo sms tp kehabisan pulsa, trus karena sungkan akhirnya dia batalin prosesnya makanya kok sms konfirmasi saya ngga masuk :)

      Delete
  2. saya pernah juga alami hal yang sama. Baru tahu kalau ini fitur resmi si raksasa Telkomsel, ya dari tulisan bunda. Untung mampir di sini yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh makasih udah mampir Bund, tulisan lama tapi ngehits banget di blog ini :D

      Delete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. Gmna carany supya bisa byar collect, soalnya hp sya prna d pnjam tman dan pas masuk collect malah d cntang jadiny gk bisa byar collect lgi , tlong infonya

    ReplyDelete
  6. Kenapa sms collect yg muncul ma nmor aku malah ng bisa d byarin.. Responx cumn bilng ""coba lagi""trus Yg masuk kon nomorx 88771.. Bukan 88331.
    Mohon solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf ini tulisan tahun 2015, bisa saja sudah ada perubahan dr operatornya

      Delete

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.