Google+ Followers

Thursday, April 30, 2015

Hemat LPG

Punya kompor listrik dan kompor gas LPG atau microwave ? Bingung pilih lebih hemat mana pakai kompor gas atau komport listrik, lebih hemat mana memanaskan menggunakan microwave atau menghangatkan di atas kompor gas?

Tarif listrik yang tinggi dan harga gas elpiji 12Kg yang melonjak sering membuat ibu-ibu bingung saat masak. Kalau saya sih karena cuma punya satu pilihan yaitu kompor gas jadi ya ga ada pilihan lain, ga bingung milih tapi bingung puter otak agar lebih hemat LPG hihihi.

Tapi andai saya punya kompor gas, microwave dan kompor listrik iseng-iseng saya pasti ngitung untung ruginya. Paling mudah liat watt microwave dan kompor listrik. Kompor listrik rata-rata berdaya listrik 100 - 500 watt. Anggaplah setiap hari kompor listrik 500 Watt tersebut digunakan untuk memasak antara 2- 3 jam setiap hari. Tarif listrik untuk 1300/2200 Va per April 2015 adalah sebesar Rp. 1352 Maka kompor listrik tersebut akan memakan biaya :

0,5 kwH x 3 jam x 1352 = Rp. 2028 setiap harinya. Nah ngitung harga LPG yang agak susah nih. Anggap saja pemakaian rata-rata LP 12 KG habis selama tiga bulan dan harga LPG sekarang Rp. 150 ribu maka  per bulan hanya menghabiskan 50 ribu rupiah atau 1600 rupiah setiap hari.

Ah daripada ngitung lebih hemat mana ada baiknya kita hemat cara pemakaian saja baik listrik maupun gasnya.

Tips hemat LPG antara lain :
1. Memasak dengan api sedang. Memutar tombol kompor hingga maksimal bukan berarti masakan cepat matang. Bisa-bisa masakan gosong wah malah buang-buang gas LPG, kan sayang...

2. Saat menggoreng sesuatu yang ringan, krupuk atau tempe misalnya. Beberapa saat sebelum diangkat pada gorengan terakhir matikan kompor. Sisa minyak yang masih panas dapat membantu mematangkan gorengan. Lumayan kan hemat gas beberapa saat tapi jangan sampai lupa mengangkat segera setelah matang

3. Usahakan menggoreng dalam jumlah besar. goreng tempe misalnya setelah dipotong-potong bisa segera digoreng bareng, kalau goreng satu-satu maah bisa habis banyak itu LPG. Lah kan butuh minyak goreng lebih banyak ? sebenarnya yang mo kita bicarakan itu hemat minyak goreng apa LPG sih ? hahaha ...Enggak, klo mo lebih hemat minyak lagi bisa pilih perabot masak teflon, butuh minyak dikiiit tapi masakan matang sempurna

4. Usahakan menghemat minyak goreng sekaligus LPG. Gimana caranya ? tentukan urutan masakan yang perlu digoreng. Dahulukan bahan yang tidak cepat membuat kotor, misalnya kerupuk, tempe, tahu...baru udang dan ikan. Jadi minyak goreng yang tersisa dan masih dalam keadaan panas bisa dipakai untuk menggoreng si ikan dan udang misalnya, hasil masakan tetep cantik, minyak goreng hemat LPG juga cukup amaaan. Bukankah kalau mendahulukan bahan yang cepet membuat minyak kotor pasti butuh penggorengan dengan minyak baru yang butuh pemanasan?

5. Ada rencana bikin menu yang dikukus ? coba pikir beberapa menu kukus yang bisa dikonsumsi untuk pagi hingga malam malah kalau bisa untuk keeseokan hari waktu sarapan. Saya biasanya masak botok tahu tempe dan pepes, sekalian manfaatin daun pisang. Mengukusnya bisa sekalian kan, terus makannya bisa divariasikan untuk makan siang atau malam. Kalau ada rencana bikin rolade kan pasti butuh dikukus dulu gulungannya ? bisa lo dimasukkan sekalian lalu digoreng kapan-kapan. Matangnya bisa barengan kok dan tidak mempengaruhi rasa asal penempatannya serapi mungkin.

Tips Hemat Listriknya gimana dooong ? ah ya baru ingat, saya belum mandi ...saya mandi menunggu matahari terbit, setelah memasak, beres-beres rumah dsb dsb jadi ga perlu nyalain lampu kamar mandi hahaha salah satu tips hemat listrik yang jangan ditiru :D
InsyaAllah entar kapan-kapan posting Tips Hemat Listrik :)

Selamat hidup hemat dan jadilah orang hebat :D

3 comments:

  1. aihh baru ngeh, ternyata mahal juga yah pake kompor listrik. qiqiqiqiqi... gajadi beli lah kalo gitu, abis cuma mupeng lihat desain kompor listrik yg slim & clean gitu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha paling murah LPG 3kG alias si melon mbak Widy :)

      Delete
  2. PT. Citra Nusantara Energi sebagai distributor Gas Alam sangat cocok digunakan di Industri maupun di alat transportasi pribadi atau umum. AMAN, HEMAT & HARGA TERJANGKAU For more info klik http://cne.co.id/ atau geratih.blogspot.com

    ReplyDelete