catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Jenis-Jenis Tabungan BTN

Alhamdulillah, Allah masih memberikan rezeki kepada kami salah satunya melalui lomba-lomba blog. Kali ini saya mendapatkan rezeki melalui lomba blog Kompasiana dengan tema 69 Tahun Bank Tabungan Negara (BTN).


 Qodarullah tulisan saya yang menceritakan pengalaman ketika mengajukan KPR BTN dan saya kombinasikan dengan review singkat kelebihan BTN serta tantangan bagi BTN di zaman digital sekaligus saran yang mungkin bisa menjadi solusi, berhasil memikat hati dewan juri dan berhak mendapatkan hadiah tabungan BTN untuk juara 2


Karena persyaratan untuk mendapatkan hadiah harus memiliki tabungan BTN, maka saya pun segera membuka rekening di kantor cabang BTN terdekat. Kantor Cabang BTN Sepanjang adalah pilihan saya karena bisa sekalian numpang suami berangkat bekerja meski harus menunggu sambil duduk santai depan kantor karena belum jam buka.

Sambil nunggu saya mikir, waduh kalau buka tabungan Batara kena bea admin 12.500 tiap bulan dan setoran awal minimal 200 ribu dong yah.  Nah kalau belum bisa nambahin saldo sambil nunggu transferan hadiah bakal cepet habis itu isi rekening.  Was-was datangnya dari setan sodara wkwkw.

Alhamdulillah, setelah dipersilahkan masuk saya disodori pak satpam BTN brosur tentang pilihan tabungan BTN. Setidaknya ada sekitar lima produk tabungan BTN:

1. Tabungan Batara
setoran awal 200 ribu
setoran berikutnya 50 ribu
biaya administrasi per bulan 12.500
saldo minimum yang mengendap di bank 50 ribu
Denda saldo di bawah minimal 5 ribu rupiah per bulan
Biaya penutupan rekening 50ribu
Biaya rekening pasif 5 ribu rupiah per bulan
Biaya penggantian kartu ATM 15 ribu
Biaya transaksi setoran di luar wilayah provinsi rekening asal 5ribu rupiah
Biaya penarikan di loket (nominal di bawah 5 juta kena biaya 5 ribu, nominal 5-10 ribu kena biaya 10 ribu)
Biaya notifikasi transaksi SMS 500 rupiah per transaksi
Dapat ATM GPN dan VISA

2. Tabungan Batara Pos
setoran awal minimal 50 ribu
setoran berikutnya minimal 10 ribu
ada fitur gratis bea admin jika memenuhi syarat tertentu
dicover premi asuransi jiwa
kartu ATM

3. Tabungan BTN Prima
Ini tabungan untuk investasi
setoran awal 2 juta rupiah
setoran berikutnya minimal 50 ribu
saldo mengendap 2 juta
Biaya administrasi perbulan 17.500
Denda saldo di bawah minimal 20 ribu rupiah
Biaya penarikan habia 50 ribu
Biaya penggantian buku hilang atau rusak 15 ribu
Biaya penarikan habis 15 ribu
Denda rekening pasif 20 ribu
Transaksi online penarikan tunai antar kantor cabang tanpa konfirmasi H-1 dikenai biaya 50 ribu rupiah
Transaksi online setoran tunai antar kantor cabang 5 ribu

4. TabunganKu
setoran awal 20 ribu
Setoran minimum (mengendap) 20 ribu
Biaya penarikan habis 20 ribu
tidak ada biaya administrasi
setoran berikutnya 10 ribu
Denda rekening pasif 2 ribu per bulan (saldo minimum tetapi tidak ada transaksi)
Jika dalam 6 bulan mencapai saldo minimum tetapi tidak ada transaksi maka rekening ditutup otomatis dan saldo yang tersisa digunakan sebagai biaya tambahan.
dapat kartu ATM GPN

5. BTN Junior
Tabungan ini diperuntukkan bagi anak-anak usia hingga 12 tahun.
Keren kan mengajarkan tabungan sejak dini. 
Biaya penggantian buku tabungan hilang atau rusak 10ribu
Biaya penarikan habis 10 ribu

Dari beberapa pilihan tabungan tersebut, TabunganKu yang saya rasa paling cocok. Terutama karena tidak ada bea admin bulanan dan masih bisa tarik via ATM plus daftar internet banking.

Syarat membuka tabungan di BTN: 
  1. KTP, NPWP, uang setoran tentu saja dong. 
  2. Isi formulir pengajuan (sebenarnya BTN sudah ada layanan Open Account BTN by online, tapi mungkin saya ga gitu paham caranya, eh macet ngisi formulirnya di nama dan alamat, ketolak terus dengan alasan harus 14 karakter) Kalau lancar harusnya bisa sampai tahap finish sehingga nasabah tinggal ambil buku tabungan dan kartu ATM di kantor cabang BTN terdekat.
  3. ga pakai materai (ahaha asik, biasanya di beberapa bank buka rekening kudu bawa atau beli materai 6 ribu)


Nah buat yang khawatir tabungannya tergerus bea administrasi, TabunganKu BTN bisa menjadi salah satu solusi. Kan asik nabung ga kena bea admin bulanan dan saldo mengendap cukup 20 ribu doang. Etapi kata mas CSnya tabunganKu ini bisa dilock jika dalam 3 bulan tidak ada transaksi keluar atau masuk. Dan untuk membuka locknya dikenai biaya 5 ribu rupiah.


Share:

Langkah-Langkah Pengajuan Wajib Pajak Non Efektif

Pernah nggak dalam hidup kita merasa melakukan hal paling songong? Saya pernah. Yaitu pas sok-sokan mendaftar NPWP karena "terlalu taat" pada pemerintah dan saat itu kebetulan NPWP menjadi salah satu syarat pengiriman naskah di sebuah media massa yang memberikan fee untuk artikel yang dimuat.

Maka, 20 Maret tahun 2013 resmilah saya menjadi warga negara yang memiliki NPWP padahal saat itu saya tidak lagi bekerja yang otomatis tidak menerima gaji tetap, penghasilan saya juga serabutan. Malah sebagai penulis lepas, pemburu hadiah kadang sebulan gak dapat komisi menulis sama sekali, boro-boro menang lomba yang jutaan rupiah.

Dan...karena saya pikir penghasilan saja nggak jelas kok kenapa harus susah-susah lapor Surat Pemberitahuan (SPT) alias laporan pajak. Toh setiap dapat hadiah lomba yang mewajibkan membayar pajak hadiah, saya kan pasti bayar pajaknya daripada hadiahnya hangus hehehe. So, pada tahun pertama menerima SPT kosong dari Ditjen Pajak yang seharusnya dikembalikan setelah diisi, saya abaikan aja tuh. Tahun berikutnya pun sama. Tahun-tahun berikutnya dikirimi surat peringatan, lalu SMS peringatan. Duh jadi ga enak kan, macam buronan. Jadi ngomelin suami karena beliau yang nyuruh saya bikin NPWP dulu itu. Padahal belakangan baru saya tau kalau NPWP cukup dimiliki suami saja apalagi jika istri tidak bekerja dan tidak berwirausaha. 

Lhadalah suami saya di tempat kerja yang baru ini kok perusahaannya ga tertib pajak. Jadilah beliau harus mengurus pelaporan SPT sendiri. Pas mengisi online malah dapat email dari Ditjen Pajak jika penghasilannya masuk dalam kategori wajib pajak di bawah PTKP (Penghasilan Tak Kena Pajak) jadi bisa mengajukan Wajib Pajak (WP) Non Efektif dan tidak berkewajiban melaporkan SPT. Ketahuan deh penghasilannya di bawah 4,5 juta per bulan hahaha. Yaelah, suami aja dapat kemudahan masuk kategori PTKP dan saya masih berkutat dengan reminder dari Ditjen Pajak.

Qodarullah suami sudah sukses tuh kirim formulir pengajuan WP Non Efektif dengan mereply email dari Ditjen Pajak. Oh ya formulirnya bisa diperoleh di website Ditjen Pajak. Search di google dengan keyword: formulir WP Non Efektif. Lah saya pun ikut meniru cara pak suami. Tapi kok email saya direject. Jadilah saya kirim tweet ke @kringpajak menanyakan email yang direject untuk pengajuan WP Non Efektif. Eh dapat jawaban jika pengajuan WP Non Efektif harus dilakukan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KPPP) yang sesuai domisili atau KPPP tempat pengajuan NPWP. OK saya kirimlah by pos.

Lha kok dua hari kemudian saya ditelpon petugas pajak dan menyatakan bahwa pengajuan WP Non Efektif saya tidak bisa diproses karena saya belum pernah melaporkan SPT. Bapak Zainul yang sabar tersebut menyarankan saya untuk datang ke KPPP, melaporkan SPT baru menemui beliau untuk mengajukan WP Non Efektif. 

"Tapi saya ngga tau cara mengisinya pak, di sana dibantu petugas kan?
"Jangan khawatir Bu, di sini semua yang melaporkan SPT akan dibantu petugas kok. Batasnya lima hari kerja dihitung sejak ibu menulis surat pernyataan pengajuan WP Non Efektif ini. Jadi kalau bisa disegerakan ya Bu.

Jadilah saya keesokan harinya saya datang ke KPPP Sidoarjo Barat. Bayangan bakal ketemu birokrasi yang rumit, antrian panjang, waktu menunggu yang membosankan, bakal di KPPP hampir setengah harian langsung sirna. Wah ternyata saya datang jam 7.45 eh jam 9 pagi sudah nangkring di atas ojek untuk pulang ke rumah.


Step by stepnya simple dan cepet sekali. Dokumen yang dibawa juga hanya KTP, NPWP dan fotokopi KTP dan NPWP. KK boleh dibawa untuk dokumen penunjang. Jangan lupa bawa HP android. Eh ya wajib punya email nih untuk terima kode verifikasi nanti. Lalu nikmati pelayanan petugas pajak yang ramah dan cepat:

1. Ambil nomor antrian di resepsionis yang terlebih dahulu sudah menanyakan domisili (ya kali, kalau nyasar karena tidak sesuai dengan domisili. KPPP di Sidoarjo ada 3 alamat. Kadang masih ada yang asal nemu KPPP aja)
2. Tunggu dipersilahkan untuk ke aula tempat melaporkan SPT
3. Minta formulir pengajuan E-Fin. Lalu isi dan serahkan ketika tiba giliran. 

4. Tunggu nomor antrian dipanggil
5. Terima E-Fin dari petugas di meja pertama (kita ditanya lagi untuk konfirmasi apakah NPWP mau di Non Efekifkan saja atau di non aktifkan alias dihapus)
6. Menghadap ke meja pelaporan SPT sambil membawa E-Fin dan KTP
7. Jawab pertanyaan petugas pajak yang butuh data kita untuk mengisi SPT. Jujur dong jawabnya kalau ditanya berapa penghasilan pribadi, ada uang berapa di tabungan.
8. Terima verifikasi di email yang kita daftarkan
Kemudian barulah mengajukan WP Non Efektif. Saya langsung minta ke resepsionis untuk bertemu Bapak Zainul seperti yang beliau pesan. Saya tinggal melengkapi materai di surat pernyataan dan beliau sudah melakukan ricek tentang SPT yang saya laporkan, eh dibantu petugas pajak kok, saya cuma kasih informasi yang diminta saja hehehe.

Dan kemarin sudah terima kepastian bahwa pengajuan Wajib Pajak (WP) Non Efektif saya diterima. Alhamdulillah jadinya ga repot-repot lapor SPT lagi deh tahun-tahun berikutnya. Tapi kalau suatu waktu nanti saya jadi pengusaha yang penghasilannya jauh melampaui batas Penghasilan Wajib Pajak, ya harus lapor lagi dong ya.
Share:

Galau Memilih Reksa Dana Saham Atau Campuran? Kenali Dulu Kisi-Kisinya

Tahun ajaran baru sudah kian dekat. Biaya-biaya yang harus dikeluarkan wajib disiapkan cepat atau lambat. Masa-masa puyeng orang tua dengan penghasilan tak seberapa seringkali diakhiri penyesalan sambil bergumam mengapa tidak berinvestasi sejak lama?

Jika sudah begini jadi seperti diingatkan, sudah berinvestasi belum bulan ini?


Mengapa Sih Kita Perlu Berinvestasi?

17 Maret 2019 lalu kami, para blogger Surabaya sekitarnya hadir di kelas belajar investasi Reksa Dana #KopdarInvestarianMAMI #InvestarianSUB4. Nggak terasa sudah sampai pada kelas terakhir. KopdarInvestarianMAMI dibagi dalam 4 kelas. Jika di Kopdar #InvestarianSUB3 dan sebelumnya kami belajar tentang dasar-dasar berinvestasi Reksa Dana serta kisi-kisi Reksa Dana Pasar Uang dan Reksa Dana Pendapatan Tetap, kali ini materinya up grade dong, mengenai Reksa Dana Saham dan Reksa Dana Campuran.

Sebelum kelas dimulai, seperti Kopdar Investarian sebelumnya acara diawali dengan quiz yang merefresh kembali pentingnya berinvestasi sejak dini. Kira-kira kenapa sih kita perlu berinvestasi? Dan investasi itu idealnya bisa dipanen kapan?
Mengapa perlu investasi? sebab:
1. Kebutuhan hidup terus meningkat seiring dengan bertambahnya usia, berkembangnya keluarga
Biaya untuk keluarga satu dengan dua anak jelas berbeda. Kebutuhan biaya hidup pasti tidak sama
2. Adanya inflasi
Salah satu cara meredam kejamnya inflasi adalah dengan berinvestasi. Nabung aja gak cukup, apalagi jika saldo tabungan tidak bertambah dan tergerus biaya administrasi bulanan
3. Ketidakpastian masa depan
Tak ada yang tahu hingga kapan kita bisa bekerja, mencari nafkah secara produktif. Menerima penghasilan berupa gaji,  komisi pekerjaan atau keuntungan berbisnis. Investasi yang aman, likuid dan berkembang secara signifikan adalah cara menjawab ketidakpastian tanpa rasa khawatir berlebihan.

Jadi, kapan investasi bisa dipanen? Nah ini pertanyaan yang menjebak saat quiz. Separuh dari peserta terjebak dengan menjawab: untuk keperluan masa depan. Sebagian lagi menjawab dengan benar: untuk kebutuhan jangka pendek dan masa depan. Dan tidak ada yang menjawab untuk kebutuhan jangka pendek.
Jangan salah, investasi bisa saja ditujukan untuk kebutuhan jangka pendek. Nggak perlu menunggu untuk berpuluh-puluh tahun. Namun untuk memilih investasi apa yang harus ditanam perlu mempertimbangkan kira-kira investasi tersebut diharapkan bisa dicairkan kapan dan untuk keperluan apa. Misalnya memutuskan investasi emas. Jika dicairkan dalam waktu tak kurang dari satu tahun, bisa saja menelan kerugian sebab harga emas sangat fluktuatif dan dikenakan biaya-biaya lain, misalnya biaya produksi untuk emas batangan atau biaya pemakaian untuk perhiasan. Tetapi jika ditinjau dalam kurun waktu minimal lima tahun barulah terasa peningkatan harga sekaligus keuntungan yang diterima. 

Demikian pula halnya dengan investasi Reksa Dana. Jika galau mau pilih jenis Reksa Dana apa yang mau dibeli. Kenali dulu kisi-kisinya dan pertimbangkan kapan investasi tersebut ingin dicairkan. Harapannya, hasil investasinya akan mencapai seperti yang diinginkan.

Reksa Dana Saham

Apa sih saham itu? saham bisa diartikan sebagai surat berharga yang berfungsi sebagai bukti kepemilikan terhadap suatu perusahaan. Saham berbeda dengan obligasi. Obligasi adalah surat hutang. Saham adalah penyertaan modal dalam perjanjian yang terikat dalam dua pihak atau lebih. Seorang investor yang memiliki saham dalam suatu jenis usaha punya andil dalam memilih jajaran direksi atau hal-hal yang berkaitan dengan bisnis tersebut. Sedangkan pemilik obligasi tidak punya hak dalam mencampuri bisnis dan hanya menunggu piutang beserta pembagian hasil usahanya (bunga) dikembalikan sesuai perjanjian yang disepakati.

Reksa Dana Saham adalah jenis Reksa Dana yang minimal 80 persen unitnya ditanamkan di pasar saham. Fluktuasi alias risikonya tinggi. Tapi gainnya pasti jauh lebih besar. High Risk High Return.

Investasi saham bisa dilakukan sendiri tetapi harus ingat:
1. Coba-coba pilih saham dengan ilmu pas-pasan, kira-kira paham benar atau gambling doang?
2. Modalnya cukup besar
Beli saham 1 lot, perusahaan bonafid, butuh berapa duit coba
3.Rajin memantau pergerakam sahamnya setiap saat
Ya kali kagak ada kerjaan lain selain memantau harga saham.

Sedangkan jika memilih bantuan manajer investasi Reksa Dana, keuntungannya adalah sebagai berikut:
1. Instrumen saham disaring sesuai strategi investasi
Tugas manajer investasi adalah memastikan investasi yang dipercayakan kepadanya ditanamkan pada perusahaan yang aman, bukan abal-abal atau menjelang bangkrut
2. Modalnya terjangkau
Masih ingat kan kalau investasi di Reksa Dana bisa dimulai dari 10 ribu rupiah saja? (Tetapi khusus Reksa Dana Saham minimal modalnya 100 ribu rupiah, masih tetep ringan lah daripada jutaan kalau beli saham sendirian)
3. Pergerakan saham dipantau dan dapat dialihkan jika kinerja tidak sesuai
Ini salah satu tugas manajer investasi. Harus rajin memantau pergerakan bursa efek, emiten saham, laporan keuangan perusahaan tempat manajer investasi menanam saham.

Mengingat pergerakan saham tingkat fluktuatifnya cukup tinggi, disarankan memilih Reksa Dana Saham jika hasilnya ditujukan untuk rencana jangka panjang. Misalnya biaya sekolah anak-anak 10-15 tahun yang akan datang. Minimal 8 tahun lah, agar tidak sport jantung dan panik jika tiba-tiba harga Nilai Aktiva Bersih (NAB) atau Unit penyertaan sedang turun.

Perlu diingat bahwa naik turunnya harga saham itu dipengaruhi oleh: kondisi pasar saham secara global, kinerja perusahaan dan tergantung permintaan pasara. Jika kinerja perusahaan makin melejit maka harga saham ikutan naik. Pasar merespon saham perusahaan tertentu dengan animo luar biasa, harga saham akan terkerek secara otomatis.

Reksa Dana Campuran
Reksa Dana Campuran adalah Reksa Dana yang merupakan gabungan dari Reksa Dana Pasar Uang, Reksa Dana Pendapatan Tetap dan Reksa Dana saham.

Reksa Dana Campuran punya ciri khas;
1. Komposisi beragam
Komposisi Reksa Dana Campuran sudah ditetapkan di awal, tidak bisa diubah semau manajer investasi. Misalnya MAMI memiliki Manulife Dana Campuran II, prosentase Reksa Dana Sahamnya 30 persen dan sisanya Reksa Dana Pasar Uang 30 persen, Reksa Dana Pendapatan Tetap 40 persen. Maka komposisi ini tidak bisa berubah misalnya menjadi 20:40:40 meski pada suatu waktu harga saham perusahaan yang ditanami modal menunjukkan gejala penurunan. Manajer investasi hanya bisa mengalihkan saham tersebut pada perusahaan lain yang lebih sehat.
2. Bersifat Moderat
Pprosentase yang reksa dana sahamnya lebih besar harusnya dipetik hasilnya jangka panjang. Jika prosentase Reksa Dana pasar uang lebih besar maka risikonya lebih rendah
3. Investasi jangka menengah 5-7 tahun
4. Investasi minimal 100 ribu

Pak Legowo, Presiden Direktur MAMI memberikan tips memilih jenis Reksa Dana yang ideal:
1. Tentukan kapan hasil investasi tersebut diharapkan bisa dipetik dan 
2.    Investor di MAMI bisa kok meracik investasi ala Reksa Dana Campuran dengan cara sendiri. Yaitu dengan cara membeli unit Reksa Dana berdasarkan jenisnya, apakah Saham atau Pendapatan Tetap atau Pasar Uang sesuai komposisi yang diinginkan.

Bagaimana, sudah dapat gambaran kira-kira pilih Reksa Dana Saham atau Campuran? Jika sudah menetapkan pilihan dan ingin mulai berenang di kolam yang tantangannya lebih besar, saatnya switch ke jenis Reksa Dana yang lebih menantang.

Tipe Transaksi Reksa Dana (MAMI)

Sudah yakin mau switch unit Reksa Dana? Etapi sebelumnya kenali tiga transaksi Reksa Dana di klikmami.com terlebih dahulu. Transaksi tersebut adalah pembelian, pencairan dan pengalihan (switch)
Untuk memilih transaksi, cukup di klik di pilihan transaksi dan ikuti step by stepnya.

Switch Unit Reksa Dana
Setelah mengikuti kelas Kopdar Investarian saya tergerak untuk mencoba setiap transaksi. Pencairan ntar aja deh, switch dulu dong.
Dan caranya sangat mudah. 
1. Klik pilihan Alihkan Reksa Dana
2. Klik "alihkan dari" pada panel Pilih Reksa Dana yang akan dialihkan
3. Klik "alihkan ke" pada panel Pilih Reksa Dana tujuan pengalihan.

4. Tunggu konfirmasi yang akan dikirimkan ke Hp kita. Atau kita bisa mendapat konfirmasi melalui layar website MAMI


Karena saya kelas pemula, maka saya memilih mengalihkan sebagian unit Reksa Dana Pasar Uang saya ke Pendapatan Tetap. Belum berani ah kalau mencoba RD Campuran atau Saham.
Tapi lihat laporan kok belum masuk ke report yah proses pengalihan unit Reksa Dana saya. Ah tanya LANI saja. 

Ternyata proses pengalihan diproses pada hari yang sama (jika transaksi dilakukan sebelum pukul 13.00 WIB) namun laporannya baru bisa dibaca investor keesokan harinya. 

Respon LANI cepet banget loh. Saya bisa sekalian bertanya tentang biaya yang mungkin timbul karena proses switching:



Dan bonusnya saya dikirimi tabel tentang Deffered Sales Charge

Makin transparan saja pilihan investasi kita di Reksa Dana kan teman? Monggo silahkan dipilih-pilih mau beli yang mana. Eh iya, kalau memutuskan ingin membeli unit Reksa Dana melalui MAMI ada empat pilihan pembayaran yaitu Virtual Account, Transfer Bank (biaya tergantung bank) , Indomaret (biaya 3000 per transaksi pembelian dengan batasan maksimal 5 juta per hari ) atau Transfer BCA yang ditandai dengan 3 kode unik. 
Kira-kira sudah ada gambaran ingin investasi Reksa Dana apa dan dipanen kapan? caranya mudah kok klik https://www.klikmami.com/Reksadana/Disclaimer/RegistrationDisclaimer?refcode=RFdJQVBJU1k=

Investasi Reksa Dana itu seru. Beli, amati perkembangannya dan nikmati.

Share:

Apakah Kita Pernah Mengambil Hak Orang Lain?

Pernahkah kita merenungkan bahwa peraturan-peraturan di negara hukum, di tengah masyarakat itu sebenarnya menjaga kita agar tidak merampas hak orang lain?

1. Larangan menggunakan pompa air untuk menyedot air langsung dari pipa PDAM dengan alasan mengisi tandon atas. Kalau mau pakai pompa air pakai air tanah, jangan PDAM atau buat tandon bawah baru pompanya akan menyedot air dari tandon. Sebab meski tidak pasang pompa, setiap kali pompa air itu beroperasi jarum meteran tetanggamu yang berada dekat pompa akan ikut bergerak dan mengakibatkan tagihannya melonjak (kaget dengan tagihan PDAM yang hampir dua kali lipat padahal tidak ada peningkatan pemakaian dan menyaksikan sendiri bagaimana jarum meteran bergerak setiap kali pompa air bukan milik kami beroperasi)

2. Memelihara unggas (itik, ayam, bebek) di perumahan apalagi dilepas dari kandang. Sebab kotorannya akan berserakan di mana-mana, membuat sengsara para tetangga. Belum lagi baunya dan virus yang mungkin akan disebarkan seperti wabah "flu burung" tempo hari (sampai sempat ingin pindah rumah tapi nggak mungkin juga)
3. Parkir kendaraan di gang atau jalan umum hingga "makan" jalanan. Bayangkan jika setiap pemilik mobil parkir kendaraan di depan gang dengan alasan halamannya terlalu sempit dan kurang bebas untuk bergerak jika parkir di halaman. Maka tak ada lagi yang bisa menggunakan jalan umum dengan leluasa, padahal itu hak bersama (saya pernah disuruh sopir taksi online untuk jalan keluar gang karena ia kesulitan menjemput langsung di depan rumah, sebab terlalu banyak mobil parkir berjajar-jajar dan ia tak bisa lewat)
Dari ketiga contoh itu kebetulan saya menjadi korban. Tetapi jadi terpikir jangan-jangan Allah menjadikan saya korban sebab saya sebelumnya adalah pelaku perampas hak alias zalim tanpa pernah mau memohon maaf dan ampunan. Entah hak siapa yang saya lalaikan, hak Allah? hak orang lain? hak makhluk lain?
Padahal kelak di akhirat, kezaliman itu akan dipertanggungjawabkan.
Astaghfirullah... 

Share:

Tips Mengelola Keuangan Bagi Freelancer

Sebelum memutuskan keluar dari zona nyaman dengan pekerjaan yang dibayar dengan gaji tiap bulan, saya sempat gamang. Apa nantinya masih bisa mendapatkan penghasilan tanpa nodong suami. Sebab kebutuhan keluarga kami seringkali masih tergantung dari support penghasilan saya.
Namun karena kondisi kesehatan dan situasu "menuntut" saya berhenti bekerja bekerja di luar rumah jadilah..bismillah saya pun memulai dunia baru sebagai freelancer.

Hal pertama yang saya lakukan waktu itu adalah aktif mencari info tentang kuis dan kesempatan mendapatkan penghasilan tambahan. Ada beberapa cara mendapatkan penghasilan sebagai freelancer (mungkin akan saya tuliskan di artikel berikutnya) Tetapi dalam kesempatan ini saya ingin menulis tips mengelola keuangan bagi pekerja lepas yang penghasilannya "tak jelas"

Begini cara saya mengelola keuangan sebagai pekerja lepas:
1. Membuat list kebutuhan tetap setiap bulan
Meski pekerja lepas dengan penghasilan tak jelas tetapi pos-pos pengeluaran yang harus difasilitasi dari pendapatan pribadi saya berjalan seperti biasa. Tak perlu saya tulislah, ntar ada yang kirim uang lagi ke rekening saya dikira minta donasi hehehe. Dari list kebutuhan tetap tersebut, kisaran pendapatan yang harus diperoleh setiap bulan bisa terekam dengan baik dalam benak. Jadi saat terima komisi, fee, hadiah lomba berupa uang tunai saya tidak buru-buru membelanjakannya untuk barang yang sedang diinginkan melainkan ingat pada kebutuhan yang harus dicukupkan.

2. Utamakan menyiapkan dana pengeluaran menurut prioritas
Prioritas utama buat saya adalah "sejumlah uang untuk suatu hal penting yang harus saya keluarkan dari kantong pribadi tanpa membebani suami" dan dana untuk kuota internet. Maka kedua hal inilah yang anggarannya pertama kali saya sisihkan sesegera mungkin ketika memperoleh penghasilan.

3. Uang "nganggur" dikelola lagi
Ada uang nganggur? hahaha sepertinya semua uang terpakai sih ya. Tetapi sebenarnya ada kok uang yang meski nominalnya tidak gede gede banget namun berfungsi sebagai tabungan. Nah tabungan ini bisa kok dikelola lagi dalam instrumen investasi. Ada juga fee menulis yang langsung masuk sebagai unit reksa dana. Baiklah biarlah sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit.

4. Ikhtiar langit
Sudah pada paham kok ya masalah ikhtiar langit ini. DOa yang banyak, perbanyak istighfar, sedekah dan apa sajalah perbuatan baik yang bisa membantu kita keluar dari kesulitan. Kondisi dompet dan rekening kembang kempis kan suatu bentuk kesulitan juga haha.

Bagaimana dengan rahasia kalian mengenai tips mengelola keuangan yang pas-pasan.?
Share:

Kisah Tentang Sedekah Paling Utama

Apa sih bedanya sedekah dengan infaq? Pernah kepikir ndak perbedaan dari kedua penyebutan ini? Kalau dikaji lebih jauh sedekah cakupannya lebih luas daripada infaq.

Infaq itu membelanjakan harta karena suatu "kewajiban" Sebagian besar kita menganggap infaq itu mengeluarkan harta untuk diberikan kepada orang lain, tetapi bukan zakat. Zakat ini kan zakat maal dan zakat fitrah. Zakat maal itu zakat yang wajib dikeluarkan dari harta yang telah mencapai nisab dan sudah mengendap selama satu tahun. Ada juga dikenal zakat profesi. Kalau zakat fitrah ya zakat yang harus dikeluarkan sebagai kewajiban di bulan Ramadhan hingga sebelum ditunaikan sholat Iedul Fitri. Nah infaq ini bukan termasuk dalam zakat. Jadi memberikan uang (yang biasa kita sebut sedekah) untuk keperluan berjuang di jalan Allah, untuk membantu orang yang kesusahan.

Sedangkan sedekah sebenarnya tidak hanya memberikan sesuatu berupa uang. Masih ingat kan hadits "sedekah paling ringan adalah senyuman untuk saudaramu". Dan hadits tentang sedekah "...lantunan tasbih adalah sedekah, tahmid adalah sedekah, menyingkirkan duri dari jalan adalah sedekah"

Jadi sedekah adalah segala sesuatu yang kita keluarkan, kita lakukan dengan maksud baik untuk membantu orang lain, menyenangkan dan meringankan kesusahan. 

Masih ingat juga pesan Rasulullah bahwa sedekah paling utama adalah sedekah di saat sempit. Sedekah dengan yang terbaik dari yang kita punya? Lha ini saya punya kisah menggelikan. Kan ceritanya ingin mempraktikkan sedekah di saat sempit. Sedekah duit pas saldo rekening lagi ngeri banget. Ternyata sodara dari saldo 130 ribu sekian, sudah saya niatkan 50 ribunya untuk tujuan infaq eh sama bank ditolak. Haha assemm saldo mengendap di bank ini minimal 100 ribu yak. Jadilah saya nyengir sendiri baca notifikasi di sistem internet bankingnya.

Wkkwkwk perhatian, sedekah atau infaq di saat sempit kayaknya ga bisa dilakukan melalui transfer bank sodara, karena jika saldo rekening anda sedang sempit tetap harus ada saldo mengendap di bank yang tak bisa dicairkan atau ditrasnsfer ke rekening lain. Kalau di bank Syariah sih 50 ribu ya. Kalau bank konvensionall sepertinya emang 100 ribu. Padahal 100 ribu tuh masih bisa dipakai buat ngebakso sama es jus hahaha.




Share:

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.