catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Tips Mengelola Keuangan Bagi Freelancer

Sebelum memutuskan keluar dari zona nyaman dengan pekerjaan yang dibayar dengan gaji tiap bulan, saya sempat gamang. Apa nantinya masih bisa mendapatkan penghasilan tanpa nodong suami. Sebab kebutuhan keluarga kami seringkali masih tergantung dari support penghasilan saya.
Namun karena kondisi kesehatan dan situasu "menuntut" saya berhenti bekerja bekerja di luar rumah jadilah..bismillah saya pun memulai dunia baru sebagai freelancer.

Hal pertama yang saya lakukan waktu itu adalah aktif mencari info tentang kuis dan kesempatan mendapatkan penghasilan tambahan. Ada beberapa cara mendapatkan penghasilan sebagai freelancer (mungkin akan saya tuliskan di artikel berikutnya) Tetapi dalam kesempatan ini saya ingin menulis tips mengelola keuangan bagi pekerja lepas yang penghasilannya "tak jelas"

Begini cara saya mengelola keuangan sebagai pekerja lepas:
1. Membuat list kebutuhan tetap setiap bulan
Meski pekerja lepas dengan penghasilan tak jelas tetapi pos-pos pengeluaran yang harus difasilitasi dari pendapatan pribadi saya berjalan seperti biasa. Tak perlu saya tulislah, ntar ada yang kirim uang lagi ke rekening saya dikira minta donasi hehehe. Dari list kebutuhan tetap tersebut, kisaran pendapatan yang harus diperoleh setiap bulan bisa terekam dengan baik dalam benak. Jadi saat terima komisi, fee, hadiah lomba berupa uang tunai saya tidak buru-buru membelanjakannya untuk barang yang sedang diinginkan melainkan ingat pada kebutuhan yang harus dicukupkan.

2. Utamakan menyiapkan dana pengeluaran menurut prioritas
Prioritas utama buat saya adalah "sejumlah uang untuk suatu hal penting yang harus saya keluarkan dari kantong pribadi tanpa membebani suami" dan dana untuk kuota internet. Maka kedua hal inilah yang anggarannya pertama kali saya sisihkan sesegera mungkin ketika memperoleh penghasilan.

3. Uang "nganggur" dikelola lagi
Ada uang nganggur? hahaha sepertinya semua uang terpakai sih ya. Tetapi sebenarnya ada kok uang yang meski nominalnya tidak gede gede banget namun berfungsi sebagai tabungan. Nah tabungan ini bisa kok dikelola lagi dalam instrumen investasi. Ada juga fee menulis yang langsung masuk sebagai unit reksa dana. Baiklah biarlah sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit.

4. Ikhtiar langit
Sudah pada paham kok ya masalah ikhtiar langit ini. DOa yang banyak, perbanyak istighfar, sedekah dan apa sajalah perbuatan baik yang bisa membantu kita keluar dari kesulitan. Kondisi dompet dan rekening kembang kempis kan suatu bentuk kesulitan juga haha.

Bagaimana dengan rahasia kalian mengenai tips mengelola keuangan yang pas-pasan.?
Share:

2 comments:

  1. Harusnya saya baca artikel ini dari awal, karena masih muda dan belum berkeluarga jadi asal dalam mengelola keuangan.

    Alahasil tabungan habis pas lagi butuh uang, belajar mengelola keuangan sangat perlu untuk siapa saja.

    Btw, thanks artikelnya sangat bermanfaat.

    ReplyDelete

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.