catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Kisah Tentang Sedekah Paling Utama

Apa sih bedanya sedekah dengan infaq? Pernah kepikir ndak perbedaan dari kedua penyebutan ini? Kalau dikaji lebih jauh sedekah cakupannya lebih luas daripada infaq.

Infaq itu membelanjakan harta karena suatu "kewajiban" Sebagian besar kita menganggap infaq itu mengeluarkan harta untuk diberikan kepada orang lain, tetapi bukan zakat. Zakat ini kan zakat maal dan zakat fitrah. Zakat maal itu zakat yang wajib dikeluarkan dari harta yang telah mencapai nisab dan sudah mengendap selama satu tahun. Ada juga dikenal zakat profesi. Kalau zakat fitrah ya zakat yang harus dikeluarkan sebagai kewajiban di bulan Ramadhan hingga sebelum ditunaikan sholat Iedul Fitri. Nah infaq ini bukan termasuk dalam zakat. Jadi memberikan uang (yang biasa kita sebut sedekah) untuk keperluan berjuang di jalan Allah, untuk membantu orang yang kesusahan.

Sedangkan sedekah sebenarnya tidak hanya memberikan sesuatu berupa uang. Masih ingat kan hadits "sedekah paling ringan adalah senyuman untuk saudaramu". Dan hadits tentang sedekah "...lantunan tasbih adalah sedekah, tahmid adalah sedekah, menyingkirkan duri dari jalan adalah sedekah"

Jadi sedekah adalah segala sesuatu yang kita keluarkan, kita lakukan dengan maksud baik untuk membantu orang lain, menyenangkan dan meringankan kesusahan. 

Masih ingat juga pesan Rasulullah bahwa sedekah paling utama adalah sedekah di saat sempit. Sedekah dengan yang terbaik dari yang kita punya? Lha ini saya punya kisah menggelikan. Kan ceritanya ingin mempraktikkan sedekah di saat sempit. Sedekah duit pas saldo rekening lagi ngeri banget. Ternyata sodara dari saldo 130 ribu sekian, sudah saya niatkan 50 ribunya untuk tujuan infaq eh sama bank ditolak. Haha assemm saldo mengendap di bank ini minimal 100 ribu yak. Jadilah saya nyengir sendiri baca notifikasi di sistem internet bankingnya.

Wkkwkwk perhatian, sedekah atau infaq di saat sempit kayaknya ga bisa dilakukan melalui transfer bank sodara, karena jika saldo rekening anda sedang sempit tetap harus ada saldo mengendap di bank yang tak bisa dicairkan atau ditrasnsfer ke rekening lain. Kalau di bank Syariah sih 50 ribu ya. Kalau bank konvensionall sepertinya emang 100 ribu. Padahal 100 ribu tuh masih bisa dipakai buat ngebakso sama es jus hahaha.




Share:

No comments:

Post a Comment

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.