catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Tabungan Rencana Haji Bank Danamon Syariah

Tanggal 20 Februari 2019 lalu saya melakukan aktivitas dari satu bank ke bank lainnya. Setelah menyelesaikan proses pembayaran pemesanan ST-003 di BRISyariah. Saya melanjutkan perjalanan ke Bank Danamon Syariah untuk membuka tabungan Danamon Syariah dalam rangka mencairkan hadiah lomba blog Kompasiana yang bekerja sama dengan Bank Danamon Syariah. Hadiahnya berupa Tabungan Rencana Haji. Dan syarat membuka Tabungan Rencana Haji adalah membuka tabungan induk dulu di Danamon Syariah yang disebut tabungan Bisa iB.

Senang bisa berkunjung ke Danamon Bebekan, Sepanjang Sidoarjo. Saya langsung dilayani mbak Jenny, CS Danamon Syariah. Dijelaskan segala sesuatu persyaratan dan dipinjami tethering hotspot segala karena sinyal saya hilang di dalam gedung padahal pas perlu banget buat daftar internet banking Danamon. Bersyukur sebelumnya pihak Danamon Pusat - bapak Albi dan Danamon Surabaya Bapak Chandra sudah saya kontak untuk keperluan pengambilan hadiah ini. Khawatir kalau tidak mengirim pemberitahuan dulu ke kantor Danamon Syariah tempat saya mencairkan hadiah malah menunggu lama karena konfirmasi kesana kemari.

Persyaratan membuka tabungan Bisa iB dan Rencana Haji Danamon Syariah tidak rumit. Untuk membuka rekening induk hanya bawa uang minimal 100 ribu untuk setoran awal, materai 6 ribu rupiah (atau uang pengganti materai) dan kartu tanda pengenal asli (KTP atau SIM). Lalu mengisi formulir yang disodorkan CS.

Kelebihan rekening Bisa iB Danamon Syariah:
1. Tidak ada bea admin bulanan
2. Akad Mudharabah (bagi hasil)

3. Banyak fitur gratis transfer, tarik tunai, cek saldo di beberapa ATM PRima, Bersama dan Alto
Keunggulan Tabungan Rencana Haji Danamon Syariah:
1.   Tidak ada bea bulanan
2. Tidak ada pinalti apabila karena suatu hal tabungan tersebut dicairkan sebelum jatuh tempo
3.  Akad Mudharabah (bagi hasil)
4. Tidak ada beaya gagal debit. Sumber dana Tabungan Rencana Haji Danamon Syariah kan tabungan Bisa iB. Nah apabila terjadi gagal debet karena saldo tidak mencukupi pada tanggal yang telah ditetapkan sesuai setoran pertama, maka pendebetan dilakukan pada tanggal berikutnya atau pada bulan berikutnya. Tanpa ada biaya tambahan. Jika terjadi tiga kali gagal debet maka otomatis dana di Tabungan Rencana Haji Danamon Syariah akan dikembalikan ke tabungan induk tanpa biaya apapun.
5. Pilihan setoran fleksibel yaitu 300 ribu - 5 juta per bulan. Disesuaikan dengan kemampuan dan kemauan.
6. Jika dana telah mencapai 25 juta untuk booking seat ONH maka nasabah akan menerima pemberitahuan. Sehingga bisa langsung diurus menjadi Tabungan Rekening Tabungan Haji.

Di samping keunggulannya. Ada beberapa hal yang mungkin bisa dijadikan pertimbangan bagi Danamon (dan nasabah). Yaitu:
1. Di Danamon Syariah ini buku tabungan dikenai biaya 5000 rupiah per bulan. Bagus juga sih jika tujuannya untuk paperless karena laporan transaksi atau rekening koran bisa dikirim via email dan detail transaksi bisa dilihat melalui Danamon Online. Tapi jika untuk keperluan yang memerlukan buku tabungan, nasabah harus ikhlas keluar uang 5000 rupiah per bulan. Tetap lebih murah kan ya dari bea admin bulanan bank konvensional.

2. Tidak ada sertifikat untuk penerbitan  Tabungan Rekening Tabungan Haji. Kalau yang pilih memiliki buku maka bukti pembayarannya adalah buku tersebut. Berhubung saya pilih paperless maka bukti saya hanya slip setoran awal yang juga berfungsi sebagai catatan tentang jangka waktu tabungan yang dipilih (antara 6 bulan - 72 bulan). Tetapi di Danamon Online juga tampak kok transaksi debet otomatis ini, bahkan hadiah lombanya juga muncul dalam transaksi di Danamon Online. Oh ya, di sistem onlinenya uang kita akan otomatis dilock 50 ribu rupiah. Karena nominal tersebut adalah nominal minimal untuk saldo mengendap dan juga dihitung sebagai biaya penutupan rekeningnya. Jadi andai kita menabung 1 juta rupiah, maka yang muncul di sistem tabungan kita adalah sebesar 950 ribu rupiah.

Butuh waktu sekitar 1 jam untuk mendaftar dan tanya jawab. Eh pamitan pulang saya diminta pilih setoples kue kering sebagai hadiah. 

Wahaha seneng banget dong.Alhamdulillah. 
Share:

No comments:

Post a Comment

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.