catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Pengalaman Menjadi Investor ST-003

"Tahun 2019 kalian tim menabung atau investasi?" Jajak penjabat di salah satu akun Instagram lembaga keuangan negara ini menggelitik saya untuk ikut menjawab: tim menabung. Nyatanya di Tahun 2019 ini saya malah belajar berinvestasi juga. Pada tahun 2019 saya menjajal investasi:
1. Reksa Dana (yang tiga artikel mengenainya bisa ditemukan di kanal finance di blog ini)
2. ST-003 alias Sukuk Tabungan seri 003




Definisi ST-003
Apa sih yang disebut Sukuk Tabungan?
Sukuk Tabungan adalah salah satu jenis Surat Berharga Syariah Negara Ritel (SBSN Ritel) yang merupakan tabungan investasi yang dijual kepada individu atau perseorangan Warga Negara Indonesia melalui Mitra Distribusi di Pasar Perdana domestik yang tidak dapat diperjual-belikan di pasar sekunder. 

Intinya, Sukuk itu semacam sistem: kita menjadi investor di pembiayaan pembangunan. Kita menyertakan sejumlah uang yang dititipkan kepada pemerintah untuk digunakan sebagai dana. Daripada pemerintah "ngutang" ke luar negeri kan lebih baik baik menyerap dana dari rakyatnya sendiri dengan akad berdasarkan syariah yaitu Akad Wakalah yang diterbitkan berdasar kesepakatan antara Perusahaan Penerbit SBSN Indonesia dari Pemerintah untuk mengelola obyek ijarah yang terdiri dari Barang Milik Negara dan Pengadaan Proyek.

Kelebihan Berinvestasi ST-003
Copyright: Direktorat Pembiayaan Syariah
Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko
Kementerian Keuangan Republik Indonesia
Kenapa saya tertarik berinvestasi ST-003? Sebab dari pengamatan saya ini investasi yang sangat menguntungkan dan mudah untuk diaplikasikan.

Cara Membeli ST-003

Jadi ceritanya, gara-gara browsing info lomba dan kuis saya malah tertarik dengan info mengenai ST-003 di akun Instagram BRI Syariah. Saya pelajari cara pembeliannya, intinya adalah sebagai berikut

 
Copyright: Direktorat Pembiayaan Syariah
Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko
Kementerian Keuangan Republik Indonesia

Sekilas simple banget ya, apalagi tidak perlu datang ke kantor cabang bank rekanan yang melayani pembelian unit ST-003 terdekat. Semua bisa dilakukan secara online. Tapi ternyata (buat saya) tidak sesederhana itu.

Pengalaman Berinvestasi ST-003 Melalui BRI Syariah

Hm nggak mengira saya merasakan deg-degan sampai akhirnya bisa tuntas menjalani proses pembelian ST-003. Saya baru memutuskan untuk memulai proses pendaftaran secara online pada tanggal 15 Februari (batas akhir penawaran tanggal 20 februari 2019) Pikir saya yang penting daftar, lalau bertransaksi dan keesokan hari saya transfer seperti kalau belanja di toko online. 

Ternyata prosesnya tidak semudah yang saya kira. Agar terdaftar dalam sistem BRI Syariah (BRIS) untuk kemudian melakukan pembelian ST-003 harus memiliki SID (Single Investor Identification) dan SRE Investor yang harus menunggu maksimal 2 hari kerja. Proses pendaftaran secara online di https://esbsn.brisyariah.co.id ini membutuhkan informasi nomor PIN dan nomor rekening BRI Syariah. Selain tentunya data identitas pribadi seperti nama, tempat dan tanggal lahir serta alamat.

Nah lo, saya daftar di hari Jumat artinya bisa saja pada hari Selasa tanggal 19 saya baru melanjutkan proses berikutnya, padahal tanggal 20 adalah hari terakhir untuk melakukan pemesanan. Qodarullah hari Senin, 18 Februari siang saya menerima konfirmasi nomor SID dan SRE. Saya langsung melanjutkan proses pemesanan ST-003. Lah kok gak bisa jalan ya, nomor rekening tidak muncul padahal saya sudah ikuti step by step. Saya telpon lah CAll BRIS. Ternyata menurut PIC sistem tersebut hanya bisa dilakukan melalui mozilla. OK lah saya ganti browser dari chrome ke Mozilla. Alhamdulillah bisa.

Kemudian dengan PEDE saya melakukan pemesanan. Lhadalah ternyata batas akhir pembayarannya hanya dibatasi 3 jam saja dari waktu pemesanan. Padahal saya tidak punya BRIS online. Telpon Call Centre BRIS lagi, tanya apa bisa melalui ATM.  Ternyata baru BRI konvensional yang bisa melayani pembayaran ST-003 via ATM. Duh gimana dong? "Batal deh kayaknya saya Pak, ini sudah sore, teller pasti sudah tutup" kata saya pada petugas Call Centre BRIS "Bisa nggak saya coba besok" tanya saya harap-harap cemas. Ternyata dari proses pembatalan order untuk order berikutnya lagi harus menanti dua hari kerja. Masya Allah kan pas tanggal 20 Februari, pas penutupan penawaran apa masih terkejar ya (harapan investor pemula nih)

Bapak petugas call centre menyarankan agar saya mencoba pada 20 ferbuari pagi-pagi sekitar jam 7-8 lalu segera melakukan pembayaran. Pada tanggal tersebut saya memang berniat melakukan urusan pencairan hadiah lomba blog di bank lain, jadi niat saya sekalian saja ke BRIS terdekat untuk melakukan pembayaran pemesanan ST-003 jika prosesnya berhasil.

Alhamdulillah, semoga Allah ridho' Pemesanan ST-003 saya di menit-menit terakhir ternyata berhasil. dan proses di teller juga tidak sulit, hanya menyerahkan KTP dan bilang mau bayar ST-003 dengan nomor billing sekian. Tunggu prosesnya, nanti teller akan menyerahkan surat tanda bukti pembayaran yang dicetak secara otomatis dan distempel dari pihak bank.
Sekarang resmilah saya menjadi investor :) Semoga bisa istiqomah dan hasilnya pun insyaAllah berkah.



Share:

No comments:

Post a Comment

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.