Google+ Followers

Thursday, January 31, 2013

Kecerdasan dan Tumbuh Kembang Optimal


              Akhir-akhir ini produk susu, vitamin anak bertagline mendukung kecerdasan dan tumbuh kembang anak secara optimal marak bermunculan. Tampaknya masyarakat kita semakin sadar akan meningkatnya tuntutan berkompetisi dalam kehidupan sehari-hari bahwa sehat saja tidak cukup karena kesehatan tanpa kecerdasan layaknya tanaman di ladang subur namun tidak menghasilkan. Sebenarnya bagaimana sih yang dimaksud dengan anak cerdas itu?. Menurut para ahli kecerdasan adalah kemampuan anak untuk memecahkan permasalahan sesuai usia serta fleksibilitas anak dalam beradaptasi. Inilah yang perlu diperhatikan, bahwa anak cerdas itu tidak hanya pandai di sisi akademik namun juga memiliki kemampuan untuk bersosialisasi. Ditinjau dari sudut tumbuh kembang anak kecerdasan yang ideal adalah keseimbangan antara kemampuan otak kiri dan otak kanan.
Fungsi Otak kiri
•          Bertanggungjawab atas kemampuan tata bahasa, berbicara dengan baik dan benar
•          Bertanggung jawab atas kemampuan Baca Tulis Hitung (Calistung)
•          Cenderung bersifat logis analistis sehingga berperan penting dalam pendidikan formal
•          Bertanggung jawab untuk mengingat sebuah pengalaman atau pelajaran
Fungsi Otak Kanan
•          Mengenali diri sendiri, orang lain, ruang dan lingkungan
•          Bertanggungjawab  mengkondisikan emosi dan berhubungan langsung dengan proses sosialisasi
•          Cenderung bersifat intuitif, menurutkan perasaan/kata hati, waspada dan kemampuan berkonsentrasi serta merangsang untuk produktif dan kreatif
•          Menunjang untuk menyukai seni

           Mengingat kecerdasan adalah bekal utama meraih masa depan gemilang mengoptimalkan tumbuh kembang anak tentu menjadi dambaan orang tua, langkah-langkah jitu perlu ditempuh agar anak mencapai tingkat perkembangan yang diharapkan. Stimulasi dan pemberian nutrisi bergizi tinggi adalah kombinasi tepat untuk membantu anak mencapai tumbuh kembang optimal. Zat yang memegang peranan penting bagi pertumbuhan otak anak adalah DHA (Docosahexaeonic Acid) DHA merupakan asam lemak omega-3 yang terdapat pada semua membran sel terutama di dalam otak dan retina mata dan bertugas melindungi selaput otak agar berfungsi sempurna dalam menyampaikan informasi, perintah dari ujung sel syaraf otak satu ke ujung ke syaraf otak lainnya. Terpenuhinya kebutuhan anak akan DHA menunjang perkembangan kognisi (daya pikir) dan ketajaman penglihatan mereka. “Duh tapi anak saya itu susah makan, dia tergolong picky eater bagaimana saya yakin mereka mengkonsumsi nutrisi sesuai porsinya” keluh sebagian ibu balita dan anak-anak di masa pertumbuhan biasa kita dengar. Itulah mengapa vitamin anak Seven Seas menjawab keluhan para bunda yang peduli terhadap perkembangan kecerdasan buah hatinya. Seven Seas mengandung minyak ikan COD yang mengandung DHA sebesar 224mg di setiap 10 mLnya diperkaya multivitamin A, D, E, C dan B6 serta dikombinasikan dengan jeruk asli membuat anak-anak menyukai citarasanya menyebabkan Seven Seas memiliki kelebihan dibanding produk vitamin anak sejenisnya. Selain mengandung Omega 3 yang amat baik untuk pertumbuhan otak dan jantung, juga mengandung vitamin D yang baik untuk perkembangan tulang dan gigi. Cara penyimpanan Seven Seas pun relatif mudah hanya perlu disimpan dalam kemasannya yang tertutup rapat di bawah suhu 25⁰ Celcius kemudian sebelum dikonsumsi Seven Seas perlu dikocok terlebih dulu agar lebih mudah dituang.

                   Saya bersyukur seiring bergulirnya waktu, Raditya tergolong anak cerdas untuk anak seusianya, tak hanya mampu membaca dengan mengeja di usia empat tahun serta berhitung dan mengenal angka hingga seratus ia tergolong anak yang mudah bersosialisasi padahal hingga usia satu tahun Raditya hanya mau lekat di gendongan Mama, Papa atau pengasuhnya kala itu, kata orang balita kuper. Mungkin karena saya mulai memberikan Seven Seas setelah ia berusia satu tahun sedikit demi sedikit membantu mengoptimalkan kerja otak kiri dan kanannya. Sekarang ia terbiasa bermain, bersepeda ria bersama teman-temannya. Sempat membuat saya tergelak saat saya menyadari ia memiliki sudut pandang berbeda tentang makna berbagi.
“Dek Radit, Tuhan makin sayang loh sama kita kalau nggak pelit sama orang yang membutuhkan” kata saya saat mengajaknya bersedekah kepada pengemis  berkaki satu di pertigaan jalan raya.
Suatu hari pengasuhnya di TPA memberikan informasi yang mengagetkan “Ma, Radit jangan dikasih uang saku terlalu banyak ini loh malah dibagi-bagikan ke teman-temannya katanya niru Olga Syahputra”.
“Loh Radit bawa uang darimana ?” saya heran karena tidak merasa memberikan uang saku
“Kan Mama sendiri yang bilang kita nggak boleh pelit, ya Radit ambil di dompet biru Mama”
Ya ampuun pantes saja beberapa terakhir saya merasa sisa-sisa uang belanja yang biasa saya kumpulkan di dompet biru itu kok banyak yang berkurang, kirain lupa dipindah kemana atau dipinjam si Papa ternyata Raditya mengimplementasikan kata “berbagi” dengan membagi-bagikan ke teman-temannya. Nak nak..itu mah tabungan kantong ajaib ala Mama.

Air Dalam Kehidupan, Kawan dan Lawan


“Ma apa sih maksudnya air sumber kehidupan, apa kalau nggak minum kita bisa mati gitu ? bukannya kalau nggak makan kan yang membuat badan jadi lemas”, tanya Rafi saat membaca tagline Air Sumber Kehidupan
.
“eeeh mas Rafi maunya Mama cerita dari segi ilmiah atau agama lebih dulu ?” maklum setiap kali menjawab pertanyaannya saya selalu mencoba mengulasnya dari segi kalam illahi dan pengetahuan teknologi. Bukan karena saya merasa pintar justru karena dengan menjawab pertanyaan anak-anak saya mesti banyak belajar.

“Menurut agama saja dulu Maaa”
“Ok, ayat-ayat Al Quran yang mengingatkan tentang pentingnya air bagi kehidupan tidak hanya disebut sekali dua kali…ini dia beberapa ayat yang Mama ingat :

 QS Al-Anbiyaa' ayat 30. “Dan, dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup.”
“Dan, Kami turunkan air dari langit menurut suatu ukuran, lalu Kami jadikan air itu menetap di Bumi, dan sesungguhnya Kami benar-benar berkuasa menghilangkannya.” (QS al-Mu'minuun :18).


Belum lagi ayat-ayat tentang hujan seperti ini :

"Dialah Allah Yang mengirimkan angin, lalu angin itu menggerakkan awan dan Allah membentangkannya di langit menurut yang dikehendakiNya, dan menjadikannya bergumpal-gumpal; lalu kamu lihat air hujan keluar dari celah-celahnya; maka, apabila hujan itu turun mengenai hamba-hambaNya yang dikehendakiNya, tiba-tiba mereka menjadi gembira" (Al Qur'an, Ar Ruum :48)


Bahkan Rasulullah mengisyaratkan betapa pentingnya air bagi kehidupan yang salah satunya diriwayatkan dalam hadits yang ini : Dari Abu Hurairah, ia berkata, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,“Janganlah kamu mandi janabah di air yang diam (tidak mengalir).” (Diriwayatkan oleh Muslim). Rafi mengerti mengapa ?, karena air yang diam bisa saja merupakan tandon, persediaan air bersih yang dipakai sebagai air minum, berwudhu dan keperluan sehari-hari. "Apakah boleh berwudhu dengan air yang diam Ma ?" tanya Rafi " itu juga ada haditsnya Nak bahwa air diam yang bersih dan tidak berbau dalam jumlah kira-kira dua kullah insyaallah diperbolehkan untuk berwudhu terutama saat keadaan darurat, bersuci dengan debu pun sah jika tidak ada air bersih".

“Wah berarti Allah sudah mengingatkan kita berkali-kali kalau air itu yang paling utama untuk hidup kita ya Ma, kalau menurut pengetahuan bagaimana Ma ?”

"Nah ini kebetulan Mama pernah dapat kenang-kenangan buku bagus dari seorang teman, Einstein Saja Gak Tau terjemahan karya Robert L. Wolke, coba baca halaman 180 tentang Air, Air Di mana-mana.

Rafi membaca dengan keras “Air adalah senyawa kimia paling berlimpah di bumi, Senyawa ini menutupi sekitar 75 persen permukaan planet kita, membuat bumi tampak biru dan putih dari ruang angkasa” (tentu saja awan putih itu sesungguhnya berisi kumpulan dari titik-titik air yang menguap dari air permukaan bumi). Jumlah total air di bumi termasuk laut, danau, sungai, awan dan es di kutub utara dan selatan mencapai kira-kira setengah miliar ton. Fyuuuh, jumlah yang sangat besar sekali bukan ?. 

yagmursarigul
(Foto Diambil dari : http://id.harunyahya.com)

Fenomena terjadinya hujan, sebagai proses terbentuknya air bagi bumi juga dijelaskan Harun Yahya dalam The Signs in The Heavens and the Earth for Men of Understanding, bahwa setiap tahunnya 45 miliar liter kubik air menguap dari lautan. Air yang menguap tersebut dibawa angin melintasi daratan dalam bentuk awan. Setiap tahun 3-4 miliar liter air dibawa dari lautan menuju daratan untuk dinikmati dan dimanfaatkan manusia. Tetapi dari keseluruhan air yang menutupi permukaan bumi 96 persennya bersifat asin sebagai air laut, sedangkan sisanya sekitar 4 persen yang bersifat tawar. Dari 4 persen air tawar tersebut, kurang dari 3 persen berwujud sebagai salju dan es, sedangkan 1 persen lainnya sebagian besar sebagai air tanah, dan sisanya kurang dari 0,1 persen sebagai air permukaan (sungai dan danau) serta berada di biosfer dan atmosfer. Itulah mengapa kita harus hemat dalam memanfaatkan air untuk aktivitas kehidupan.

Sementara itu bagi tubuh fungsi air sangatlah penting. Pernahkah kita menyadari bahwa dalam kondisi cuaca normal (tidak terlalu panas atau dingin) tubuh manusia tanpa mengkonsumsi air hanya bisa bertahan dalam tiga sampai lima hari saja meski tidak makan. Kurang gizi (zat nutrisi, makanan) dapat menyebabkan kematian secara perlahan namun dehidrasi karena kekurangan cairan sudah tampak akibatnya dalam kurun waktu hitungan jam, kurang cairan dapat mengakibatkan menurunnya daya konsentrasi, pusing, mata berkunang-kunang jika tidak segera ditindaklanjuti mengakibatkan penurunan tekanan darah secara drastis hingga mengakibatkan kematian.


"Air ternyata benar-benar kawan sejati bagi manusia ya Ma...tanpa air kita bisa mati".

"Benar Nak, hanya saja jika kita tidak bijak mengelola alam air pun bisa menjadi lawan yang sangat membahayakan".

"Hah maksudnya ?" mata Rafi terbelalak lebar.

"Masih ingat banjir besar yang melanda Jakarta seminggu kemarin ?, juga banjir yang biasa melanda kawasan di sekitar Bengawan Solo setiap musim penghujan. Bahkan mungkin Rafi masih ingat rumah lama kita di Candi Sidoarjo selalu kebanjiran setiap hujan deras terjadi. Itu salah satu akibat dari kelalaian manusia sebagai khalifah bumi. Mengeksploitasi kekayaan alam, mengubah daerah resapan air menjadi pemukiman namun kurang memperhatikan masalah penghijauan ditambah sistem drainase yang buruk karena terjadi pendangkalan di sungai, lautan sehingga saat hujan turun tanah, sungai dan lautan tak mampu lagi membendung membuat air yang biasanya menjadi kawan seolah berubah menjadi lawan menerobos kembali ke dalam pemukiman".

"Apa hubungannya penghijauan dengan air sih Ma ?'
"Rafi sudah pernah dapat pelajaran IPA tentang fungsi tanaman kan ?, selain oksigen yang dihasilkan dari proses fotosintesa tentu masih ingat bahwa fungsi akar tanaman adalah menyerap air dan zat hara dari dalam tanah, air hujan yang tercurah begitu derasnya sebagian menelusup ke dalam tanah menjadi mata air, sebagian lagi diserap oleh tanaman melalui akarnya, coba kita buka koran tentang bencana longsor, sebagian besar longsor disebabkan karena kurangnya penghijauan di perbukitan dan tebing sehingga saat hujan deras air menggerus tanah dengan sedemikian kerasnya mengakibatkan mudah terjadi longsor". 
 Sekarang ini karena efek pemanasan global akibat terkikisnya lapisan Ozon mengakibatkan gunung es di kutub mencair terus menerus dan menambah beban bumi menanggung air yang melingkupinya. Sementara di daerah tandus air sangat susah didapat, tanah begitu gersang sawah pun kerontang Sayang kan jika kita tidak bijak dalam memanfaatkan air bagi kehidupan. Allah bisa kecewa karena manusia serampangan memanfaatkan karunia yang begitu penting untuk kelangsungan peradaban kita.

"Contohnya bagaimana Ma agar kita bisa melestarikan alam sekaligus memanfaatkan air dengan baik agar Allah tidak murka sama kita ?"

"Nah salah satunya kan Mama sering cerewet mengingatkan kalian untuk selalu mematikan keran air setiap keluar dari kamar mandi ?, untuk mencuci pun Mama tidak berlebihan menggunakan deterjen sehingga menghemat air bilasan, bahkan sisa bilasan terakhir biasanya Mama tawarkan kepada Papa untuk mencuci motornya. Rafi memperhatikan tidak kalau Mama lebih suka menyiram tanaman dengan menggunakan gayung daripada memakai selang air ? selain sambil berolahraga menggunakan gayung lebih hemat loh, karena tidak ada air terbuang dan sesuai takaran." 


Jangan lupa membuang sampah di tempatnya agar selokan pun lancar mengalirkan air hujan menuju sungai dan lautan.
Sedihnya pencemaran sungai oleh polusi sampah industri ternyata masih menjadi momok bagi bumi pertiwi padahal sebagian sumber air Perusahaan Air Minum Daerah berasal dari sungai di sekitar kita, terbayangkan kan polusi zat berbahaya itu masuk ke dalam tubuh kita ?.


"Haaa ya ya rafi ngerti sekarang". Adzan dhuhur berkumandang, "ayo Nak kita sholat berjamaah, jangan lupa saat berwudhu keran airnya dibuka sedang saja agar tidak banyak air terbuang kebetulan tandon untuk menyiram tanaman yang biasanya Mama isi dengan sisa air wudhu masih penuh kan hujannya hampir setiap hari"

Sore hari setelah membaca pentingnya membuat biopori di sebuah artikel koran saya belajar membuatnya, tidak sulit hanya membutuhkan ketelatenan saja :
1. membuat lubang vertikal di pekarangan dengan kedalaman sekitar 100cm dengan diameter  10 cm, jarak optimal antar lubang biopori satu dan lainnya100 cm.
2. mengisi lubang biopori dengan sampah organik : rumput, daun yang berguguran
3. setiap sampah organik berkurang kita bisa menambahkan untuk memenuhi lubang, sampah organik yang melapuk ini menjadi pupuk kompos yang bermanfaat.

Hebatnya biopori ini selain membantu penyerapan air kedalam tanah menyerap air melalui lubangnya kita pun telah menabung pupuk kompos yang bisa dimanfaatkan kembali untuk menyuburkan tanaman




"Mama ngapain lagi ?" "Ini Nak Mama sedang membuat biopori" dan saya terangkan cara membuat serta manfaat dari biopori untuk membantu ketersediaan air tanah sekaligus mengurangi resiko banjir dan air menggenang.

"Ma, ayo dong melanjutkan cerita tentang air bagi kehidupan, Rafi masih bingung kalau air tanah itu berasal dari hujan sebagai hasil penguapan lautan kenapa kok lautan, sungai nggak ada habisnya ya ? terus kok rasanya nggak asin, katanya air laut itu banyak garamnya"

"Itulah Kuasa Tuhan Nak, menurut penelitian ilmiah setiap satu detik 16 juta ton air menguap dari permukaan bumi , dalam setahun air yang menguap sebesar 513 trilyun ton dan jumlah sebesar ini ternyata sebanding dengan curah hujan selama satu tahun, seperti yang telah diisyaratkan dalam Al Quran bahwa air hujan turun sesuai takaran "Dan Yang menurunkan air dari langit menurut kadar (yang diperlukan) lalu Kami hidupkan dengan air itu negeri yang mati, seperti itulah kamu akan dikeluarkan (dari dalam kubur)." (Al Qur'an, Az Zukhruf :11). Selain itu kecepatan turunnya hujan pun sesuai takaran sekitar 8-10 km/jam, agar menjadi hujan secara ilmiah terbukti baru terjadi jika awan berada pada ketinggian 1200 meter sehingga efek yang ditimbulkan oleh satu tetes air hujan setara dengan efek yang ditimbulkan oleh benda seberat 1 kg yang jatuh dari ketinggian 15 cm, sifat gesekan yang terjadi pada atmosfer pun mengurangi kecepatan hujan turun ke bumi sehingga hujan yang sangat deras tidak menimbulkan kerusakan pada makhluk yang ditimpanya.

Kalau soal air tanah rasanya tawar dan tidak asin seperti air laut dan air hujan, itu karena tidak semua air hujan kembali ke laut sebagian seperti yang pernah Mama ceritakan tadi ada yang diserap oleh akar tanaman, ada yang merembes ke dalam tanah, sedangkan di tanah itu banyak bebatuan, mineral dan saat bergesekan dengan air hujan bebatuan itu berfungsi sebagai saringan alami sehingga air dari mata air sangat jernih dan segar tidak asin seperti lautan. Apalagi kalau air yang mata air pegunungan, bebas polusi dan segar sekali "

"Ooo pantas air mineral yang biasa kita minum itu mengambil sumbernya dari air tanah ya Ma, bukan dari air sungai, tapi Ma kalau air pegunungan itu diambil terus menerus apa nggak habis ya, kata Mama kita harus bijak mengelola kekayaan alam termasuk air dong di dalamnya"

"Itulah Nak, mengapa perusahaan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) yang bijak tidak hanya mengeruk keuntungan dari mata air pegunungan namun juga mesti memperhatikan kelestarian lingkungan di sekitarnya, melakukan reboisasi, mengambil air tidak melebihi kapasitas keseharian yang dihasilkan oleh mata air bagaimanapun mata air tidak boleh dikuras hingga habis harus ada air yang tersisa di dalamnya demi kelestarian biota. Selain itu Rafi pernah memperhatikan tidak tulisan di galon air minum yang biasa kita beli, sumber mata airnya berbeda-beda di daerah lainnya loh, tidak hanya satu sumber mata air saja. Selain pertimbangan biaya transportasi hal ini juga karena perusahaan AMDK memperhatikan masalah konservasi dan kapasitas mata air agar tidak tereksploitasi secara berlebihan."





"Terimakasih Ma sudah banyak bercerita tentang air hari ini nanti kalau ada PR menulis tentang air Rafi dibantu lagi ya Ma"
"Boleeeh Nak asal Rafi juga berjanji tidak perlu menunggu Mama cerewet mengingatkan agar turut berhemat menggunakan air karena mematuhi perintah Allah dengan menjaga kelestarian lingkungan dan berhati-hati dalam pemakaian air telah menunjukkan bahwa kita telah menunjukkan rasa syukur seperti yang selayaknya".

''Maka terangkanlah kepada-Ku tentang air yang kamu minum. Kamukah yang menurunkannya dari awan ataukah Kami yang menurunkannya? Kalau Kami kehendaki, nisaya Kami jadikan dia asin, maka mengapa kamu tidak bersyukur.'' (QS Al Waaqi'ah ayat 68-70)


Daftar Pustaka
1. Facebook Sehat Aqua
2. http://id.harunyahya.com
3. www.republika.co.id
4. Einstein Aja Gak Tau, Robert L. Wolke 2004
5. www.biopori.com

Saturday, January 26, 2013

Bisnis Online Merangkak Naik

Status gembira hari Sabtu 26 Januari 20120

Alhamdulillah setelah sekian lama pending kerjaan online isi survey  menunjukkan peningkatan signifikan. Yup udah 120 ribu rupiah dan ada 11 survei lagi menunggu moga aja bisa Acc tuh .
Mulai semangat nih moga aja modal 100 ribu pendaftaran tempo hari bisa segera balik lagi. Trus siapa tau kelak bisa jadi pemasukan yang ajeeeg :) maklum emak rumahan yang berupaya nyari penghasilan.




Sementara yang CLOAP AFILIASI udah dapat 220 ribu rupiah semoga aja Februari bulan depan ini semua komisi itu bisa cair...Alhamdulillah cuma pasang banner iklan, nyari teman buat afiliasi dan gak ada biaya pendaftaran bisa dapat komisi sudah sangat berarti buatku....

Cloap Program Affiliasi - Cara Mudah cari uang
Memotivasi untuk lebih baik lagi Yuuuk mariii

Stay Slim and Healthy

Ketakutan dan Harapan

Sore itu Sidoarjo dilanda hujan badai dari sebelum adzan Ashar hingga menjelang Maghrib. Rafi pun urung berangkat mengaji. Petir dan halilintar menyambar-nyambar. Duo Rara- Rafi dan Radit meringkuk mengelilingi si Mama :).

"Kenapa sih Ma, Allah menciptakan kilat yang menakutkan".
"Oh kalau menurut firman Allah di Al Quran surat Ar Raad 12 kilat itu diciptakan untuk menimbulkan ketakutan dan harapan" untungnya setiap bertilawah sempat baca tafsir yaa hmmm.

"Dialah Tuhan yang memperlihatkan kilat kepadamu untuk menimbulkan ketakutan dan harapan dan Dia menciptakan mendung yang berat" QS Ar Raad : 12

QS Ar Ruum : 24 menyinggung tentang kilat juga "Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya, Dia memperlihatkan kepadamu kilat untuk (menimbulkan) ketakutan dan harapan, dan Dia menurunkan hujan dari langit, lalu menghidupkan bumi dengan air itu sesudah matinya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mempergunakan akalnya"

Haa si Rafi ini pertanyaannya sejak dulu suka membuatku bingung memberikan jawaban yang pos, pernah dia bertanya mengapa manusia harus menikah untuk memiliki anak padahal manusia itu diciptakan dari tanah (mungkin dia berpikir mo bikin anak ya cukuplah pakai tanah liat :D), untung saja pertanyaan soal kilat dengan jawaban singkat sudah membuatnya puas.
Biasanya Mama juga melengkapi jawaban dengan sudut pandang ilmiah, tapi masalah kilat dan petir aku cuma ngerti yang standard aja bahwa kilat itu sebenarnya proses pembebasan energi biasa, percikan api (=kilatan cahaya) tercipta dari sebuah proses perbedaan muatan listrik antara gumpalan awan satu dan lainnya, antara awan dengan tanah/bumi...

Menjelang Maghrib hujan mulai reda tinggal gerimis rintik-rintik.
"Ma ngga ke masjid kah ?" . Eia sejak berhenti bekerja aku mengajak Rafi untuk selalu sholat berjamaah di masjid. "Sholat berjamaah itu salah satu cara kita memakmurkan masjid Mas, sayang kalau masjid dibangun tapi dipakai sholat hanya pas Jumat dan tarawih plus hari raya aja" gitu pesanku
"Wah Mas, gerimis gitu ntar kalau pulang kehujanan masuk angin deh, lagipula becek lha paving depan masjid ngga segera di pasang" - ketauan malesnya si Mama.
"Duuh Ma hatiku ini berkata ingin ke masjiiiid" buru - buru dipakainya busana muslim dan bergegas membawa payung
Waduuuuh jadi malu aku, masa Mama kalah sama anaknya , ya udah nekad kutembus saja gerimis senja itu.
Hingga sholat jamaah usai sepertinya gerimis reda, tapi pas sholat sunnah bada maghrib baru di tahiyat akhir terdengar suara menderu -deru di atap. Saat itu aku tinggal sendiri di dalam masjid. Ternyata suara angin!, duh mudah-mudahan bukan angin puting beliung, kemudian disusul hujan sedemikian dahsyatnya dan halilintar menggelegar, sementara masjid dikelilingi dinding kaca sehingga kilatan petir terlihat jelas di depan mata.
Masyallah, baru tadi aku berbincang tentang "ketakutan dan harapan" kini , terjebak di dalam masjid sendiri di tengah gempuran kilat dan hujan badai..nekad pulang ? ngga deh ntar aja kalau kepaksa banget. Sempat kepikir waduh jangan-jangan hujan ngga bakal berhenti trus ngga ada sholat Isya berjamaah ? bakal tidur di masjid deh sampai Subuh, untungnya di rumah ada Mbah uti dan si Papa jadi anak-anak ada temannya.
Well mungkin aku ngga atau belum pumya kesempatan wukuf di Arafah dan belum pernah ber i'tikaf di masjid selama akhir Ramadhan tapi sendirian, lebih dari tigapuluh menit dalam suasana mencekam menjadi ajang muhasabah terasa betapa kecil arti sebuah manusia di hadapanNya. Alhamdulillah hujan reda tepat Adzan Isya mulai berkumandang.

(Ini gambar karya Rafi, tentang hujan dan petir menyambar namun bintang dan bulan masih menghias angkasa...tanda-tanda kekuasaanNya bagi mereka yang mau berpikir )

Antara Ketakutan, kecemasan dan harapan.....

Seperti antara cemas dan takut dalam perjalanan mendidik anak-anak tercinta, cemas, sudahkah kami orangtua memberikan contoh perbuatan, tingkah laku yang sepatutnya?. Berharap mereka meneladani akhlak mulia Rasulullah dan mampu menggapai kemuliaan dunia - akheratnya.

Jangan seperti Mama ya Nak, sholat berjamaah di masjid menunggu berhenti bekerja, umur manusia tak ada yang bisa mengira, adakala usia kita tak sampai tua tiba-tiba sudah dijemput Izrail menghadapNya....persiapkan bekal sedari muda....



Friday, January 25, 2013

Antara Maya dan Nyata


Aku pernah nyetatus "hari Jumat yang paling kuingat itu Al Kahfi, Sholawat, infak sedekah ganjarannya berlipat-lipat dan banyak kuis di sana sini mudah-mudahan banyak yang dapat". Maklumlah aku kan pemburu hadiah dimana-mana, selain senang kalau pas menang dan dapat hadiah ngelomba itu membuat otakku selalu berpikir untuk menjadi kreatif biar ngga statis, Gara-gara ngekuis di FB terus-terusan itu temanku ada yang sempat negur : “kamu kok ngekuis terus kapan kerjanya”,” ih ngekuis kok pake computer kantor, “waduh jadi macam nonton iklan deh baca postinganmu”. Hihihi soal kerja ya pasti aku kerja dooong malah seringnya kerjaanku hampir ngga ada waktu istirahatnya sampe ngga sempat nengok internet mungkin si teman tadi kebetulan nengok postingku yang lagi kalap ngga ngekuis beberapa hari. Soal ngekuis numpang internet kantor itu aku nge-lesnya : "wah aku sih nganggapnya makai internet kantor itu barter hari-hari hak cutiku yang ngga pernah habis dalam setahun dan ngga diganti duit lagipula setoran jamsostek yang dipotong dari gajiku dulu juga disunat kuanggap impas, toh kantor nggak dirugikan lha wong membayar beban internetnya aja paket bulanan unlimited dengan harga abonemen setiap bulan".

Eheheh tapi ngerasa ngga enak juga sih sama teguran yang seperti itu…apalagi dia nambahin komen “kenapa ngga kerja dari rumah aja, jadi penulis kan antologimu udah banyak yang terbit” Hadeeeh, duluuu aku emang pernah bercita-cita jadi penulis tapi nyadari diri sama kemampuan yang ngga kunjung bisa nulis satu buku, lagipula perjuangan menerbitkan buku ternyata puanjaaang banget…harus rajin mengetuk pintu penerbit, siap dengan penolakan di sana sini, kalau diterima ada revisi berkali-kali belum lagi masalah royalti. Kalau saja si teman tadi menyaksikan apa yang terjadi sekarang ini, para penulis novel, buku yang kukenal malah banting setir menjadi pemburu hadiah sepertiku OOOOO……sampai pernah baca curhatan kuis hunter di kuis yang mengharuskan nulis : ya jelas lah si A yang menang kan penulis. Jadi ingat pas aku pernah boseeen banget sama FB terus move ke twitter dua tahunan lalu baca tweet-tweet para kuis hunter yang udah ngetwit sejak dulu kala : “kuis hunter yang baru-baru ini nggak asyik” entah apa maksudnya Cuma aku sebagai newbie jadi ngga enak juga bacanya. Apa kira-kira merasa tersaingi ? waduh soal rezeki bukannya sudah ditulis di lauhul mahfuzh ya ?. Aku juga pernah ngekuis terus-terusan tapi ngga menang-menang juga, jujur sih emang rada protes sama Sang Pencipta. Idih Tuhan tega banget deh, udah tau aku lagi butuh duit ngga dikasih-kasih juga, padahal kalau menang gadget juga pasti kujual tapi blom pernah menang sampai sekarang.
Nah Lo…jadi kufur nikmat kan, bukannya “terimakasih Tuhan tempo hari udah menang terus padahal lagi begitu butuh dan juga ngga ngarep sampai berdoa jungkir balik buat menang” :D.
(Lah pas mo ngejual gadget kenang-kenangan dari mantan kantor tempo hari yang ngga kunjung laku juga aku rasanya seperti dijewer "tuh kan ngejual satu gadget aja gagal apalagi kalau menang gadget beruntun hihihi")

(Loh kok gambarnya nasi kuning, eeeea ini kenang-kenangan menang lomba nulis tahun 2011, ketemu pak Bupati dan Kapolres Sidoarjo , dapat nasi kuning kotak , hadiahnya duit 750 ribu plus kaos...namanya juga Law of Attraction ngarep menang lomba nulis lagi :))

Ada yang bilang ngelomba itu selain faktor kemampuan bagaimana hasil karya apapun yang kita hasilkan (tulisan, foto, slogan, motto, posting status, tweet) benar-benar memiliki nilai lebih dibanding peserta lain tapi yang paling penting adalah faktor keberuntungan. Tapi kalau aku baca-baca, nyari ayat Quran atau hadits kok ngga ketemu kata, kalimat, sabda yang menyerempet masalah “keberuntungan alias luck” yang ada ayat-ayat Al Quran yang berulangkali berbunyi : Allah melapangkan dan menyempitkan rezeki kepada siapapun yang dikehendaki. Mau protes lagi ? duh Tuhan perasaan doa, ibadah, sedekah saya sudah full speed semampu saya, ingat aja ayat yang ini “Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta (QS al-Ankabut [29]: 2-3).

Ya begitulah manusia …seperti yang diingatkan dalam Al Quran : "Dan apabila Kami memberikan nikmat kepada manusia, ia berpaling dan menjauhkan diri; tetapi apabila ia ditimpa malapetaka maka ia banyak berdo'a." (Fushshilat: 51)

Adakala rezeki itu datang dari pintu yang tak disangka-sangka seperti pas ikut lomba nulis di blog yang aku sendiri ngga ngerti hadiahnya apa :p eh pas pengumuman ternyata hadiahnya gede juga : Blackberry bagi pemenang utama dan uang masing-masing seratus ribu rupiah untuk tiga pemenang lainnya….dan seperti biasa aku belum menang lagi, belum rezeki hihihi tak dinyana di timeline sang penggagas lomba ada perintah bagi peserta lomba yang lain untuk menginformasikan no HP ..voila pagi-pagi dapat sms “Ditunggu ya. Ada pulsa 20K yang akan dikirim tgl 1 Feb 2013). Alhamdulillah, aku udah ngga kerja kantoran lagi dan ngga punya gaji tapi karena niatku ngga pernah membebani suami eh pulsa pun ga perlu beli karena dapat dari hadiah ngekuis di sana sini. Moga-moga aja obsesi untuk menang lomba blog, nulis yang hadiahnya duit, gadget dan netbook bisa segera terwujud dalam waktu dekat ini. #Doayangmemaksa.

Doa memaksa berikutnya sih bulan depan terima komisi dari CLOAP AFILIASI hari ini udah Acc Rp. 220 ribu (insyaallah ini credible) kalau  websurvey ini berharap mukjizat aja, lha udah keluar uang seratus ribu untuk mendaftar yang kukira isi survey beneran ternyata kerjanya nyebarin link narik anggota semacam MLM terus dari sekian banyak teman mengisi survey banyak yang ngga diakui masuk statistik plus 21 hasil survey terpending kalau dirupiahkan sih setara 42 ribu ya udahlah ..padahal komisinya uda nyampe 110 ribu dan baru ditransfer kalau mencapai 200 ribu…fyuuuh namanya juga usaha biar ngga jadi beban suami dan tetep bisa menafkahi Mama plus lain lainnya…aku yakin kalau pun satu usaha ngga berhasil insyaallah dibukakan jalan lain asal istiqomah berjuang di jalan Allah…aamin allahumma amiin.

Sambil menghibur diri dengan ayat-ayat yang seringkali : kenikmatan dunia itu kan sementara, lebih baik mengejar kekalnya surga :) “Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum nyata bagi Allah orang-orang yang berjihad di antaramu, dan belum nyata orang-orang yang sabar." (QS. Ali Imran: 142)”

Wednesday, January 23, 2013

Hijaukan Bumi Tanda Cinta Illahi


“Lestari alamku lestari desaku…” lirik lagu almarhum Gombloh masih terngiang jelas. Terbayang indah panorama nusantara, hijau dan teduh tanpa batas. Namun akhir-akhir ini geliat bumi yang bersedih menyayat hati. Pembakaran dan kebakaran hutan, susah air di tanah gersang, tanah sawah mulai kerontang. Adakah nusantara yang seperti kaya seperti imajinasi Koes Plus "tongkat kayu dan batu jadi tanaman" tinggal dalam kenangan ? Apakah ini sebuah kesalahan atau takdir yang harus dialami dalam perjalanan kehidupan ?. Firman Tuhan jelas tertera “Telah nampak kerusakan di darat dan di lautan disebabkan karena perbuatan tangan manusia supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka agar mereka kembali ke jalan yang benar – QS. Ar Ruum : 41 

CV Mitra Bibit - menjual bibit tanaman secara online


Sebagai insan yang mencintai Tuhan mengapa kita tak segera melakukan pembaruan di tengah-tengah kerusakan alam dengan memulai penghijauan ?. Susah mencari bibit tanaman itu bukan alasan di zaman sekarang bahkan bibit tanaman berkualitas dapat diperoleh melalui penelusuran secara online, ada CV. Mitra Bibit jual bibit tanaman berkualitas. CV Mitra Bibit beralamat di Jl. Kemiri – Karangduwur Desa Karangduwur Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo. Mengantongi perizinan usaha lengkap tidak menimbulkan kekhawatiran atas mutu dan keaslian bibit yang dijualnya sehingga membeli bibit CV Mitra Bibit untuk keperluan lokal dalam negeri maupun export terjamin kenyamanan dan keamanannya..




Website www.mitrabibit.com.pun dilengkapi foto dan gambar namun harga bibit tanaman yang dijual tidak ditampilkan mengingat biaya pemeliharaan tergantung faktor-faktor yang secara fluktuatif mempengaruhinya.





Varietas yang ditawarkan CV Mitra Bibit sangat beragam, tampilan websitenya sangat rapi mengklasifikasikan bibit yang dijual berdasarkan manfaatnya : Bibit pohon buah (Jeruk Siam, Jeruk Bali, Srikaya, Sawo, Sukun, Alpukat, Coklat (Kakao), Durian Bawor, Rambutan, Manggis, Mangga, Kelengkeng), bibit tanaman kayu (Gaharu Gyrinop, Pinisium/Kiara Payung, Mindi, Trembesi, Misupsi Afrika, Gmelina), bibit tanaman perindang (bunga pucuk merah, ketapang laut, palem, beringin, glodok pecut, cemara, tanjung) namun produk unggulan dari CV. Mitra Bibit adalah bibit jeruk (bibit nipis, bibit jeruk siam/manis, bibit jeruk purut, bibit jeruk santang).




Selain bibit, CV Mitra Bibit juga menjual biji tanaman dibandingkan koleksi bibit, biji yang dijual lebih lengkap. Ada biji tanaman buah (Srikaya, Sirsak, Sawo, Manggis, Mangga, Kelengkeng, Kedondong Jumbo, Coklat/Kakao, Alpukat, Jeruk, Rambutan, Nangka), tanaman kayu (Turi, Trembesi, Sengon Buto, Pinus, Nyamplung, Mimba, Kesambi, Karet, Johar, Gmelina, Flamboyan, Gamal, Eucalyptus Alba, Cendana, Akasia-Formis, Gaharu, Puspa, Mindi, Mahoni, Kenari, Jenitri, Jati, Jabon, Albasia, Akasia), tanaman pakan ternak (Kaliandra dan Kaliandra Merah),  tanaman perindang (Palem Merah dan Cemara), tanaman rempah (Cengkeh, Pala, Kemiri). Menariknya CV Mitra Bibit tidak hanya menjual bibit dan biji namun juga melengkapi websitenya dengan metode pembibitan, budidaya, metode panen dan pasca panen, serta jenis penyakit sehingga informasi tersebut sangat membantu petani dan masyarakat umum mencapai hasil maksimal dari penghijauan yang dilakukan.

Pentingnya Penghijauan.

Fungsi tumbuhan

Tuhan menciptakan alam, hewan, tumbuhan untuk dijadikan pelajaran karena masing-masing memiliki kegunaan dan manfaat bagi kehidupan.
Selain air, tumbuhan merupakan sumber utama kehidupan. Karena tumbuhan berperan penting bagi ketersediaan air dan oksigen.
1. Akar tanaman berfungsi menyerap air dan zat hara dari dalam tanah, berkenaan dengan fungsi menyerap air akar tanaman sangat berperan saat musim hujan, curah hujan tinggi dapat terserap oleh tanaman, semakin banyak tanaman bencana akibat hujan misalnya banjir dan tanah longsor akan terkurangi
2. Daun, sebagai pusat terjadinya fotosintesa daun menghasilkan oksigen sebagai hasilnya, tanpa oksigen sebagai unsur yang dibutuhkan manusia untuk bernafas, kita tidak akan bertahan hidup.
3. Batang, bunga, buah berfungsi sebagai penunjang aktivitas manusia. Sebagian batang/ kayu tanaman diolah menjadi bahan bangunan (Jati, Meranti) kulit pohon diolah menjadi pulp sebagai bahan utama pembuat kertas sedangkan bunga yang bagi tanaman adalah sarana penyerbukan bagi manusia berfungsi sebagai pemandangan rekreasi. Buah tak bisa dipungkiri menjadi bahan makanan utama manusia selama ini selain akar (umbi) dari beberapa tanaman tertentu.

Fakta rusaknya bumi karena kurangnya penghijauan

Kerusakan alam dan lingkungan adalah penyebab utama terjadinya bencana alam yang terjadi beberapa tahun terakhir ini.
1. Efek rumah kaca karena kebakaran hutan, berkurangnya paru-paru bumi sehingga menyebabkan pemanasan global dan menyebabkan iklim dunia berubah secara drastis dan menjadi pemicu badai Katrina, Irene, Sandy.
2. Banjir yang melanda hampir seluruh wilayah Jakarta pada Januari 2013 adalah bukti nyata betapa cerobohnya manusia, sebagian besar wilayah perkotaan, metropolitan dipenuhi dengan pemukiman, pertokoan, perkantoran, gedung pencakar langit dan bangunan-bangunan megah buatan manusia. Minimnya lahan hijau ditambah drainase yang buruk tak mampu membendung laju curah hujan tinggi dan menyebabkan bencana banjir melanda ibukota hingga ke istana Negara. Banjir bandang yang melanda Wasior, Papua tahun 2010 dan menewaskan ratusan orang ditengarai sebagai akibat penggundulan hutan di sekitar kawasan 3. Jebolnya tanggul/bendungan Situ Gintung - Maret 2009. Bendungan yang dibangun sejak zaman penjajahan Belanda ini sebenarnya hanya mampu menampung 1 juta meter kubik, fungsi awalnya pun hanya sebagai sarana irigasi namun belakangan berubah fungsi menjadi waduk tujuan wisata, luasnya pun jauh berkurang dari 28 juta hektar menjadi 21 juta hektar. Tanpa hutang lindung yang memadai di sekitarnya Situ Gintung bagai dipaksa menahan beban melebihi kapasitasnya hingga terjadi bencana jebolnya tanggul yang memakan korban jiwa
4. Tanah longsor di Padang, Manado, Gunung Kidul dan daerah perbukitan lain di Indonesia terutama saat musim penghujan disebabkan karena berkurangnya pepohonan sebagai penyerap air di musim penghujan.

Gara-gara takjub dengan CV Mitra Bibit yang menjual tanaman secara online saya yang bukan aktivis greenpeace, wanadri atau anggota LSM tertentu jadi teringat dengan pengalaman "menanam secara online" bukan berupa game online yang sering kita jumpai namun karya nyata yang sangat peduli terhadap kelestarian lingkungan, Saya pernah mengikuti event Kartini Sobat Bumi di dunia maya yang diadakan akun twitter Pertamina hanya dengan posting tweet tentang ajakan untuk peduli penghijauan dimana satu tweet dikonversikan menjadi satu pohon pada hutan Masigit Kareumbi  kita telah mengadopsi dan turut menanam serta memelihara bibit pohon yang ditanam dalam lahan nyata.
Bukti kepesertaan tersebut adalah sertifikat dan keterangan, foto bibit yang ditanam serta peta lokasi dimana bibit tersebut disemaikan.



Dwiaprily
Komunitas : PERTAMINA 2
Nomor Sertifikat: 022837
Telah mengadopsi 2 pohon,
lokasi penanaman di Blok 3, CININI,
plot PERTAMINA 2
Pohon nomor 7869 s/d 7870
Terimakasih atas dukungan dan sumbangsih anda pada hutan Masigit Kareumbi.
Karena satu pohon sangat berharga bagi kehidupan kita.

Senangnya langkah kecil yang saya lakukan menjadi awal sebuah kebaikan.

Sebelum semua terlambat dan kita menanggung akibat di dunia dan akherat mari hijaukan bumi bersama mitrabibit.com. Merawat dan menjaga lingkungan sekitar kita sebagai tanda mencintai bumi karunia Sang Maha Pencipta.

 “Janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi sesudah diadakan perbaikan dan mohonlah kepada Tuhanmu dengan perasaan takut dan penuh harap. Sesungguhnya rahmat Tuhan itu dekat kepada orang-orang yang berbuat kebaikan” QS. Al A’raf : 56.









Thursday, January 17, 2013

Online Online - bukan Saykoji

Ibu rumahan mantan karyawan pengennya dapat penghasilan tapi belum punya bekal keterampilan atau modal untuk bisnis kecil-kecilan, trus ngapain yaa ...kalau aku sih pengennya wiraswasta lagi berhubung tak ada modal plus kegagalan, bangkrut di wiraswasta Teh Poci dan  kios baju tempo hari masih membekas jadi ragu untuk memulai. Hmmm padahal punya kewajiban membantu suami apalagi aku bertekad istiqomah membayarkan infak sedekah atas nama Mama, almarhum Papa, almarhumah adikku dan almarhumah mertua...thinking and loading.....
Hingga Terbuka jalan suatu hari mengapa ngga mencoba yang satu ini ?

1.      CLOAP AFILIASI – program ini memberikan dua sumber penghasilan sekaligus, mencari afiliasi dan komisi dari pemasangan iklan. Afiliasi disini berfungsi semacam member get member dan komisi iklannya cukup lumayan : 10 % dari total pembelian online yang diklik dari banner yang kita pasang di blog atau dishare di FB dan twitter. Modalnya ? GRATIS, tidak ada biaya registrasi, cukup klik di sini lalu menunggu konfirmasi via email dan tinggal mengikuti langkah berikutnya. Dalam panel afiliasi tersebut kita akan menerima kode banner iklan yang bisa dipasang di blog, share FB dan twitter dan jangan lupa melengkapi data diri (rincian payment) dengan rekening bank, pembayaran komisi dilakukan setiap tanggal 1 bulan berikutnya atau selambat-lambatnya 60 hari setelah tanggal pendaftaran dengan minimal pembayaran duaratus ribu rupiah. Oleh karena itu kita harus aktif share banner dan mencari afiliasi untuk mencapai target.

2.      Menyebarkan link survey online.

Awalnya kupikir survey online ini mengisi data survey seperti yang biasa disebar biro iklan, perusahaan tentang suatu produk atau kegiatan ternyata tugasnya menyebarkan link survey yang datanya diperlukan oleh sang pemilik bisnis. Anggaplah seperti menyebar brosur di lapangan, namun bisnis ini dikenai biaya seratus ribu rupiah. Link surveynya pun sederhana, spesifik untuk masing-masing member : seperti ini .Komisi ditransfer setiap pertengahan bulan setiap mencapai minimal duaratus ribu rupiah. Berharap sekali kelak bisnis ini dikembangkan seperti harapanku semula : mengisi survey yang lebih luas cakupannya.

Aku baru memulai bisnis online ini pada 7 Januari 2013, namun hari ini di 17 Januari 2013 keduanya menunjukkan hasil lumayan untuk ibu rumahan mengingat bekerjanya pun santai, tidak lebih dari dua jam sehari sekaligus menyalurkan hobi. Target sih nggak muluk-muluk asal sudah bisa balik modal pulsa sebulan limapuluh ribu dan biaya pendaftaran seratus ribu rupiah.terus buat bayar infak diri sendiri, Mama dan para ahli kubur plus beli susu anak-anak. 

Meski belum menerima penghasilan secara nyata karena baru berupa laporan saja aku berharap bisnis ini berkah dan memberikan pendapatan kontinyu setiap bulannya.

OK, pagi ini ngintip laporan setelah setengah bulan "bekerja" setiap hari ngga lebih dari 1 jam (maklum ngirit kuota internet via lepi) : Survey online  http://www.idsurvei.com/survei/dwiaprily/ membukukan pemasukan Rp. 82.000,- sementara Cloap Afiliasi sudah dapat Rp. 200.000,- dan Rp. 60.000,- menanti approval. Alhamdulillah ya berharap semakin menunjukkan hasil signifikan, semoga bulan Februari bisa cair di rekening sesuai target aamin ya Allah.

Tips dan triknya gampang-gampang susah sih, sekedar nyebar link tanpa info dan embel-embel apapun pasti ngga dianggep orang, alangkah baik jika ada basa-basi dan doa setulus hati untuk yang bersedia membantu mengisi survey toh kebaikan, doa yang baik pasti kembali kepada kita berupa kebaikan pula (ehem tapi terus terang hasil surveynya sebagian menimbulkan tanda tanya, banyak teman yang udah konfirmasi mengisi tapi linknya ngga ada di laporan, masa sih mereka lupa mengisi nama dan alamat email ? atau servernya error ?). Kalau Cloap Afiliasi lebih mudah karena GRATIS dan segmen yang dibidik jelas : para blogger dan  "selebriti" sosial media :) terus jadi semangat untuk update blog, share ke social media, kirim bakclink dan ping seperti yang diajarkan idsurvei agar semakin banyak pengunjung ke blog dan melakukan transaksi via banner iklan di rumah dunia maya kita.


Saat terus berpikir bagaimana memulai bisnis yang tidak merugi agar tetap bisa menafkahi Mama, mandiri secara finansial sekaligus membantu suami Allah memberikan jawaban lewat surat cinta Nya yang tak terbantahkan, mau tahu bisnis, perniagaan yang tidak merugi ? mau tahu mau tahu ? - loh kok mirip ustadz Maulana .
Ini dia jawabnya
 "Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebagian dari rezeki yang kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi" ~ QS : Al Fathiir : 29.

Dan senyum pun kembali menghias bibirku, berharap dimudahkan langkah kaki mengais rezeki dan kemuliaan dunia dan akherat

Tuesday, January 15, 2013

LOMBA ARTIKEL "BISNIS UNTUK PARA BUNDA" http://taranokanai.blogspot.com(


LOMBA ARTIKEL "BISNIS UNTUK PARA BUNDA"
Hai Moms, ikutan kuis ini yuk! saya akan mengadakan kuis berhadiah untuk para bunda pelaku bisnis. Hadiahnya sih ngga seberapa ya, Moms. Tapi lumayan lha buat tambah-tambah perpustakaan pribadi. Hehehe...


http://4.bp.blogspot.com/-hOPKT1ZLFMo/UMK8R7kdKqI/AAAAAAAAAQw/tMpu4vZhTp4/s320/Kuis+Cinta+Bisnis+001.jpg

Buku 'Bisnis Rumahan untuk Para Ibu' ini adalah buku keren sarat ilmu penulis Ari Kurnia



Adapun ketentuannya adalah sebagai berikut :
·                     Bunda pelaku bisnis/baru ingin berbisnis.
·                     Naskah berupa pengalaman bisnis yang dikemas secara ringan, mudah dipahami dan dapat dijadikan inspirasi bagi wanita/Ibu-Ibu lainnya agar  tertarik melakukan bisnis.
·                     Naskah disisipi pula dengan tips dan trik meluaskan usaha, membidik pangsa pasar, jumlah modal yang dikeluarkan dan hal-hal apa saja yang dibutuhkan untuk membuka usaha tersebut dan proses menjalaninya. 
·                     Naskah belum pernah dipublikasikan dalam bentuk apapun (termasuk di dunia maya) dan tidak sedang diikutkan sayembara lain.
·                     Panjang naskah  maksimal 7  halaman kertas A4, ketik 1,5 spasi, huruf Times New Roman 12. Ketik dan simpan hanya dalam file Microsoft Word berformat (.doc).
·                     Naskah wajib diberi judul dan nama penulis pada bagian atas, kemudian isi, dilanjutkan biodata narasi plus email dan nama akun facebook/twitter
·                     Naskah berupa tulisan nonfiksi, berbahasa Indonesia yang baik. Boleh menyelipkan bahasa santai dan gaul, tapi tetap sesuai dengan EYD. Tidak mengandung SARA, pornografi, bahasa kasar, apalagi bahasa ALAY.
·                     Kirim naskah ke trance.d.sign@gmail.com dengan subyek: LOMBA ARTIKEL "CURHAT BISNIS UNTUK PARA BUNDA"-Judul Naskah.
·                     lampirkan info lomba ini pada blog masing-masing ya (Jika memiliki blog). Info lombanya saja ya, Moms. Kemudian, kirim link blog Moms tersebut kelist komentar di bawah ini agar saya mudah mengeceknya.  
·                     Peserta hanya boleh mengirim 1 file, naskah dan biodata wajib jadi satu. 
·                     Lomba ini dimulai tanggal 1 Januari 2013 dan berakhir pada tanggal 15 Januari 2013 pukul 00.00 WIB. Dan pengumuman pemenang InsyaAllah tanggal 31 Januari 2013.  

Hadiah yang tersedia hanya untuk tiga orang pemenang, yaitu :
Hadiah Pertama berupa 2 buah Buku + Uang senilai Rp.150.000;
Hadiah Kedua berupa 3 buah buku + souvenir
Hadiah Ketiga berupa 2 buah buku + souvenir

Nah, begitu ketentuan lombanya, Moms. Masih banyak waktu untuk merangkai kata. So, jangan lupa ikutan ya. Happy writing, Moms...  
Info Lomba
http://taranokanai.blogspot.com/2012/12/lomba-artikel-curhat-bisnis-untuk-para.html