Google+ Followers

Wednesday, January 23, 2013

Hijaukan Bumi Tanda Cinta Illahi


“Lestari alamku lestari desaku…” lirik lagu almarhum Gombloh masih terngiang jelas. Terbayang indah panorama nusantara, hijau dan teduh tanpa batas. Namun akhir-akhir ini geliat bumi yang bersedih menyayat hati. Pembakaran dan kebakaran hutan, susah air di tanah gersang, tanah sawah mulai kerontang. Adakah nusantara yang seperti kaya seperti imajinasi Koes Plus "tongkat kayu dan batu jadi tanaman" tinggal dalam kenangan ? Apakah ini sebuah kesalahan atau takdir yang harus dialami dalam perjalanan kehidupan ?. Firman Tuhan jelas tertera “Telah nampak kerusakan di darat dan di lautan disebabkan karena perbuatan tangan manusia supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka agar mereka kembali ke jalan yang benar – QS. Ar Ruum : 41 

CV Mitra Bibit - menjual bibit tanaman secara online


Sebagai insan yang mencintai Tuhan mengapa kita tak segera melakukan pembaruan di tengah-tengah kerusakan alam dengan memulai penghijauan ?. Susah mencari bibit tanaman itu bukan alasan di zaman sekarang bahkan bibit tanaman berkualitas dapat diperoleh melalui penelusuran secara online, ada CV. Mitra Bibit jual bibit tanaman berkualitas. CV Mitra Bibit beralamat di Jl. Kemiri – Karangduwur Desa Karangduwur Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo. Mengantongi perizinan usaha lengkap tidak menimbulkan kekhawatiran atas mutu dan keaslian bibit yang dijualnya sehingga membeli bibit CV Mitra Bibit untuk keperluan lokal dalam negeri maupun export terjamin kenyamanan dan keamanannya..




Website www.mitrabibit.com.pun dilengkapi foto dan gambar namun harga bibit tanaman yang dijual tidak ditampilkan mengingat biaya pemeliharaan tergantung faktor-faktor yang secara fluktuatif mempengaruhinya.





Varietas yang ditawarkan CV Mitra Bibit sangat beragam, tampilan websitenya sangat rapi mengklasifikasikan bibit yang dijual berdasarkan manfaatnya : Bibit pohon buah (Jeruk Siam, Jeruk Bali, Srikaya, Sawo, Sukun, Alpukat, Coklat (Kakao), Durian Bawor, Rambutan, Manggis, Mangga, Kelengkeng), bibit tanaman kayu (Gaharu Gyrinop, Pinisium/Kiara Payung, Mindi, Trembesi, Misupsi Afrika, Gmelina), bibit tanaman perindang (bunga pucuk merah, ketapang laut, palem, beringin, glodok pecut, cemara, tanjung) namun produk unggulan dari CV. Mitra Bibit adalah bibit jeruk (bibit nipis, bibit jeruk siam/manis, bibit jeruk purut, bibit jeruk santang).




Selain bibit, CV Mitra Bibit juga menjual biji tanaman dibandingkan koleksi bibit, biji yang dijual lebih lengkap. Ada biji tanaman buah (Srikaya, Sirsak, Sawo, Manggis, Mangga, Kelengkeng, Kedondong Jumbo, Coklat/Kakao, Alpukat, Jeruk, Rambutan, Nangka), tanaman kayu (Turi, Trembesi, Sengon Buto, Pinus, Nyamplung, Mimba, Kesambi, Karet, Johar, Gmelina, Flamboyan, Gamal, Eucalyptus Alba, Cendana, Akasia-Formis, Gaharu, Puspa, Mindi, Mahoni, Kenari, Jenitri, Jati, Jabon, Albasia, Akasia), tanaman pakan ternak (Kaliandra dan Kaliandra Merah),  tanaman perindang (Palem Merah dan Cemara), tanaman rempah (Cengkeh, Pala, Kemiri). Menariknya CV Mitra Bibit tidak hanya menjual bibit dan biji namun juga melengkapi websitenya dengan metode pembibitan, budidaya, metode panen dan pasca panen, serta jenis penyakit sehingga informasi tersebut sangat membantu petani dan masyarakat umum mencapai hasil maksimal dari penghijauan yang dilakukan.

Pentingnya Penghijauan.

Fungsi tumbuhan

Tuhan menciptakan alam, hewan, tumbuhan untuk dijadikan pelajaran karena masing-masing memiliki kegunaan dan manfaat bagi kehidupan.
Selain air, tumbuhan merupakan sumber utama kehidupan. Karena tumbuhan berperan penting bagi ketersediaan air dan oksigen.
1. Akar tanaman berfungsi menyerap air dan zat hara dari dalam tanah, berkenaan dengan fungsi menyerap air akar tanaman sangat berperan saat musim hujan, curah hujan tinggi dapat terserap oleh tanaman, semakin banyak tanaman bencana akibat hujan misalnya banjir dan tanah longsor akan terkurangi
2. Daun, sebagai pusat terjadinya fotosintesa daun menghasilkan oksigen sebagai hasilnya, tanpa oksigen sebagai unsur yang dibutuhkan manusia untuk bernafas, kita tidak akan bertahan hidup.
3. Batang, bunga, buah berfungsi sebagai penunjang aktivitas manusia. Sebagian batang/ kayu tanaman diolah menjadi bahan bangunan (Jati, Meranti) kulit pohon diolah menjadi pulp sebagai bahan utama pembuat kertas sedangkan bunga yang bagi tanaman adalah sarana penyerbukan bagi manusia berfungsi sebagai pemandangan rekreasi. Buah tak bisa dipungkiri menjadi bahan makanan utama manusia selama ini selain akar (umbi) dari beberapa tanaman tertentu.

Fakta rusaknya bumi karena kurangnya penghijauan

Kerusakan alam dan lingkungan adalah penyebab utama terjadinya bencana alam yang terjadi beberapa tahun terakhir ini.
1. Efek rumah kaca karena kebakaran hutan, berkurangnya paru-paru bumi sehingga menyebabkan pemanasan global dan menyebabkan iklim dunia berubah secara drastis dan menjadi pemicu badai Katrina, Irene, Sandy.
2. Banjir yang melanda hampir seluruh wilayah Jakarta pada Januari 2013 adalah bukti nyata betapa cerobohnya manusia, sebagian besar wilayah perkotaan, metropolitan dipenuhi dengan pemukiman, pertokoan, perkantoran, gedung pencakar langit dan bangunan-bangunan megah buatan manusia. Minimnya lahan hijau ditambah drainase yang buruk tak mampu membendung laju curah hujan tinggi dan menyebabkan bencana banjir melanda ibukota hingga ke istana Negara. Banjir bandang yang melanda Wasior, Papua tahun 2010 dan menewaskan ratusan orang ditengarai sebagai akibat penggundulan hutan di sekitar kawasan 3. Jebolnya tanggul/bendungan Situ Gintung - Maret 2009. Bendungan yang dibangun sejak zaman penjajahan Belanda ini sebenarnya hanya mampu menampung 1 juta meter kubik, fungsi awalnya pun hanya sebagai sarana irigasi namun belakangan berubah fungsi menjadi waduk tujuan wisata, luasnya pun jauh berkurang dari 28 juta hektar menjadi 21 juta hektar. Tanpa hutang lindung yang memadai di sekitarnya Situ Gintung bagai dipaksa menahan beban melebihi kapasitasnya hingga terjadi bencana jebolnya tanggul yang memakan korban jiwa
4. Tanah longsor di Padang, Manado, Gunung Kidul dan daerah perbukitan lain di Indonesia terutama saat musim penghujan disebabkan karena berkurangnya pepohonan sebagai penyerap air di musim penghujan.

Gara-gara takjub dengan CV Mitra Bibit yang menjual tanaman secara online saya yang bukan aktivis greenpeace, wanadri atau anggota LSM tertentu jadi teringat dengan pengalaman "menanam secara online" bukan berupa game online yang sering kita jumpai namun karya nyata yang sangat peduli terhadap kelestarian lingkungan, Saya pernah mengikuti event Kartini Sobat Bumi di dunia maya yang diadakan akun twitter Pertamina hanya dengan posting tweet tentang ajakan untuk peduli penghijauan dimana satu tweet dikonversikan menjadi satu pohon pada hutan Masigit Kareumbi  kita telah mengadopsi dan turut menanam serta memelihara bibit pohon yang ditanam dalam lahan nyata.
Bukti kepesertaan tersebut adalah sertifikat dan keterangan, foto bibit yang ditanam serta peta lokasi dimana bibit tersebut disemaikan.



Dwiaprily
Komunitas : PERTAMINA 2
Nomor Sertifikat: 022837
Telah mengadopsi 2 pohon,
lokasi penanaman di Blok 3, CININI,
plot PERTAMINA 2
Pohon nomor 7869 s/d 7870
Terimakasih atas dukungan dan sumbangsih anda pada hutan Masigit Kareumbi.
Karena satu pohon sangat berharga bagi kehidupan kita.

Senangnya langkah kecil yang saya lakukan menjadi awal sebuah kebaikan.

Sebelum semua terlambat dan kita menanggung akibat di dunia dan akherat mari hijaukan bumi bersama mitrabibit.com. Merawat dan menjaga lingkungan sekitar kita sebagai tanda mencintai bumi karunia Sang Maha Pencipta.

 “Janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi sesudah diadakan perbaikan dan mohonlah kepada Tuhanmu dengan perasaan takut dan penuh harap. Sesungguhnya rahmat Tuhan itu dekat kepada orang-orang yang berbuat kebaikan” QS. Al A’raf : 56.









54 comments:

  1. Waah keren nih ada sertifikatnya segala ya mbak. Moga menang yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih mbak Niar aamiin :) saya tertarik banget sama tema yang diusung CV.MItra Bibit ini, lestarikan bumi :)

      Delete
  2. Iiiih itu sertifikat dpt drmana.mantsp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihii itu sertifikat dari eventt Hari Bumi Pertamina tahun 2012 lalu, seneeeeng mbak seolah saya sendiri yang menanam pohon itu, sekarang nyesel kok cuma kirim 2 twit tentang ajakan Go Green ya kalau saya sempat ngetwit 100 kan udah nanam seratus pohon :) tapi kalau mau nanam di lingkungan sekitar kan udaha ada CV.Mitra Bibit :)

      Delete
    2. saya juga dapet sertifikat nanam pohon itu ... dan nyesel kenapa cuma dikit ngetwit soal sobat bumi waktu itu. kelupaan sih ... tau2 udah dimention dapat sertifikat aja .. semoga taun ini dia bikin even begitu lagi yaa ...
      Btw, semoga sukses yaa lombanya ^_^

      Delete
    3. hehehee ya mbak Risa, saya juga cuma ngetwit dua ih, coba 100 twit saya udah nanam 100 pohon :D, thank youu

      Delete
  3. aku pernah beli bibit tanaman, mbak. tapi bentukya masih biji, hehe. susah ternyata nanem sendiri kalo dari biji, enakan beli yang udah agak gedean dari rumah penbibitan gitu :D salah satu yang mesti dicoba niihh apalagi dapet sertifikat. waww

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ehehehe iya La, kalau biji nunggu dia jadi pohon luamaa banget yak, lebih cepet nanam bibit apalagi kalau dari CV.Mitra Bibit bisa beli secara online, konsultasi juga online, ada nomor HP yang bisa dihubungi pula sewaktu-waktu..mantap abiss deh :D

      Delete
  4. gutlak ya mbak.. suka dgn pesannya.. tp keder mau ikutan lomba ini hehe *nyadar kapasitas diri :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mbak Binta bersedia mampir. yaelah mbak saya juga bukan siapa-siapa...kalau ini murni SEO saya pasti nyerah,tapi toh karena niatnya bukan sekedare ngelomba yadi ya Boneklaaah karena saya suka muatan pesan eventnya saya nekad nulis ajah :) at least satu pesan kebaikan sudah saya sebarkan :)

      Delete
    2. Like this => "satu pesan kebaikan sudah saya sebarkan :)"
      Memang itu tujuan kontes ini di adakan, semakin banyak yang membaca artikel tentang arti penting penghijauan, diharapkan munculnya kesadaran dalam diri untuk menanam. Semua berawal dari kesadaran dan hal2 kecil.
      Termia kasih atas partisipasinya...

      Delete
  5. ayo kita hijaukan bumi tercinta ini dan selamatkan dunia.
    GO GREEN!!!!
    :D
    semoga menang ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih penghuni 60 atas kunjungannya, mari kita cintai dan hijaukan bumi :)

      Delete
  6. seneng bacanya..apalagi digabung sama ayat2 al-quran..;-)
    ditunggu kunjungan baliknya ya...
    http://hijriepurnomo.blogspot.com/2013/01/mengembalikan-keasrian-alam-bersama_22.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mbak Hijri senangnya saya mendapat kunjungan istimewa dari anda :)

      Delete
  7. Iya kadang lupa ini salah satu langkah kebaikan, keimanan sebagai tanda cinta Illahi. Sip Dwi, smoga banyak yang mengikuti langkah kecil yang bermakna besar ini, Aamiin

    ReplyDelete
  8. mari mbak Murti, tulisan ini pun terinspirasi langkah_langkah mbak Murti untuk selalu berbagi :), urip sing urub. Makasih udah nyempatin mampir mbak...yuk turut meramaikan event inspiratif ini.

    ReplyDelete
  9. Salut buat pemahamannya tentang "QS. Ar Ruum : 41"...
    Cukuplah Al-Quran dan Al-Hadist buat pedoman hidup kita sobat muslim dan muslimah...
    "QS. Ar Ruum : 41" telah mengisyaratkan pada kita bahwa hari ini pasti akan tiba..
    Hari dimana darat dan laut (bumi) akan rusak oleh perbuatan tangan kita sendiri...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih mas Rizal telah bersedia mampir :) semoga kita bisa istiqomah memperbaiki bumi yang kita cintai ini dan mengajarkan pentingnya penghijauan bagi anak-anak sejak dini :)

      Delete
    2. Kunjungan balik sob, thanks udah bersedia mampir di blog ku yg sederhana..

      Delete
    3. :-) mampir disini lagi, salam kenal
      *jalin silaturahmi

      Delete
  10. DLnya kapan Mbak pengen ikutan, waduh dunia Hijau dunia Saya banget tapi kalau nulis bisa enggak yaaaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah mbak Lina merendaaah kan jagonya nulis DL masih lama kok 22 April pas hari bumi yuuuk ah ikutan even inspiratif ini karena dengan menulisnya telah membuktikan kita peduli akan pentingnya penghijauan :)

      Delete
  11. Wuii...Tulisannya panjang dan komplit. gutlak mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mbak Ecky, yuk ikutan :) krn begitu pentingnya penghijauan

      Delete
  12. salam,...aslmkm.. artikel yang sangat baik dan lengkap.. untuk informasi yang sangat berguna..sukses selalu kita wujudkan indonesia yang lebih baik. amiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam :). Terimakasih mas Wahyu Semoga kita bisa istiqomah ya ..aamiin

      Delete
  13. yo semngat mbakyu hijaukan bumi supaya anak cucu kita tidak kehabisan oksigen follow 16 succes di folback ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin makasih mas rohmad sudah mampir, follback done ya :)

      Delete
  14. waah yang ikut kontes, semoga berhasil yaa..

    salam kenal, ditunggu visit dan komen balik :)
    www.sedapnih.com

    ReplyDelete
  15. Siang :)

    Boleh Mintaa sedikit partisipasinya ,
    Tolong komentari kedua artikel saya dibawah inii

    1. http://situsalfi.blogspot.com/2013/01/cv-mitra-bibit-salah-satu-media.html?showComment=1360477663299#c2857872914429311175

    2. http://situsalfi.blogspot.com/2013/01/mau-bikin-website-hosting-murah-abizz.html

    Tolong iya :) makasih ~
    dan klik baca'an/link/url dibawah ini untuk berlangganan kiriman atau mengikuti blog saya :)

    1. http://www.blogger.com/follow-blog.g?blogID=2474236344294621681

    Kalau ada yang ditanyakan atau apapun silahkan tanya saja ke saya , insyaalah saya bisa tolong :) makasih atas partisipasinya

    ReplyDelete
  16. komplit bgt nich, cakep
    kunjungi balik ya bu

    http://rispunya.blogspot.com/2013/04/hijaukan-bumi-dengan-kebun-karet.html

    ReplyDelete
  17. Saatnya kita melakukan penghijauan bersama cv.mitra bbit

    ReplyDelete
  18. Oke deh mbak, Penghijauan memang perlu guna mengatasi Bumi ini...

    Jangan lupa kunjungi blog saya ya, Klik dibawah ini

    Blog Patrick Prasetyo

    Terima Kasih

    ReplyDelete
  19. halo, hari ini kebetulan hari bumi dan saya tiba-tiba inget soal sertifikat itu. saya jg dapet sertifikat itu. Alhamdulillah saya nyumbang 30 pohon. 2 twit di konversi ke 1 pohon.

    Seinget saya, kalo ga salah yaaaa... dulu katanya kita bisa ngecek perkembangan pohon kita. Ada website nya gitu. Ada yang inget nggak ya? saya cari kok sama skali nggak ada ya? ngubek2 website pertamina jg ga ketemu nih...

    makasi :)

    ReplyDelete