Google+ Followers

Wednesday, February 20, 2013

Resep Cinta Selera Keluarga


Mengatur menu yang mengakomodir selera lansia dan anak-anak itu gampang-gampang susah, Mama berusia di atas enam puluh, menderita diabetes serta asam urat dan hipertensi.

Sebenarnya Mama nggak cerewet soal menu makanan tetapi penyakit degenerative yang beliau derita membuat saya mesti berhati-hati menyiapkan masakan karena ada beberapa bahan yang menjadi pantangan. Bingungnya lagi si Rafi anak sulung saya malah tergolong picky eater maunya ayam goreng tepung kebayang kan kalau cuma nurutin selera Rafi apa nggak bosan coba, apalagi untuk lansia seperti Mama pasti lebih suka sajian segar, berkuah macam Cah Tahu Udang

Untungnya ada www.resepkita.com jadi bisa praktek memasak ayam dengan olahan berbeda dan yang paling memenuhi selera Rafi dan Mama inilah kisah Ayam saus bawang.
Memasaknya nggak ribet dan cepat banget nggak sampai satu jam, bahannya kan mudah didapat, nih bisa diintip dari www.resepkita.com :

Bahan-Bahan :
buah dada ayam utuh tanpa kulit dan tulang (ini resep aslinya tapi kan di pasar tradisional nggak ada ayam fillet jadi saya pakai dada dan paha yang biasa dijual kiloan, kulit dan tulangnya saya pisahkan sendiri). Kenapa kulitnya mesti dibuang ? karena lemak pada kulit ayam tergolong lemak yang tidak baik bagi kesehatan.
sendok makan mentega
50 
gram bawang Bombay, iris tipis
sendok teh tepung terigu
sendok makan NestlĂ© DANCOW Fullcream (kalau Dancow sih ya sudah sehari-hari ada di rumah, minuman favorit keluarga)
100 
ml air


Bumbu, aduk rata:
sendok makan MAGGI Seasoning
sendok makan saus BBQ (nah ini kebetulan saya nggak punya persediaan, mau lari ke supermarket kok jauh banget :D jadi saya ganti dengan minyak wijen nggak papa kan hitung-hitung mengasah kreativitas)
siung bawang putih, parut
½ 
sendok teh merica hitam


Pelengkap
100 
gram kapri manis, bersihkan, blansir
buah tomat ceri, belah dua (berhubung  nggak sempat belanja ke supermarket kapri manis dan tomat ceri diganti tomat biasa diris tipis)

Cara Mengolah :

    1. Potong dada ayam menjadi 2 bagian. Pukul-pukul hingga agak pipih.
2. Aduk dada ayam dengan Bumbu hingga rata. Diamkan selama 20 menit.
3. Panaskan mentega, tumis bawang Bombay hingga kecokelatan dan layu.
4. Masukkan dada ayam, balik-balik hingga kedua sisinya matang.
5. Taburi tepung terigu, aduk rata.
6. Campur susu Dancow dengan air, tuangkan ke dalam ayam, aduk hingga mendidih dan kental.
7. Angkat, tuang ke piring saji.
8. Pelengkap : Tumis kapri dan tomat dengan sedikit mentega hingga layu.
9. Sajikan ayam dengan Pelengkapnya.


Tips:
- Setelah direndam bumbu, sebaiknya simpan ayam dalam lemari es.

Uniknya lagi resep di www.resepkita.com ini dilengkapi dengan informasi nutrisi nih contohnya dari resep Ayam saus bawang

Informasi Nutrisi:
Kalori : 189 Kal
Lemak : 7.2 gr
Protein : 17.5 gr
Karbohidrat : 13.65 gr


Informasi ini cukup membantu tentang kepastian nutrisi tercukupi, lezat bergizi lagi.

Mama memuji “wah kamu pinter masak ya Nak” sementara Rafi yang sempat antipati malah berseri-seri sebelum berangkat sekolah memelukku sambil berkata “enaaak Maa besok lagi ya” duh wajahnya tampak  manis semanis Udang gulung roti


Wiiih hatiku melonjak gembira bagai Bola-bola nasi isi daging asap dan buah kering. Kapan-kapan pengen coba masak Bakso bayam dan cemilan Avocado Sandwich ah, anak-anak saya kan susah makan sayur maklum selama ini Mamanya harus puter otak seribu kali mengakali gimana caranya sayur bisa masuk ke dalam pencernaan mereka.

1 comment:

  1. seneng ya kalo masakan kita di sukai sm semua org rumah..

    ReplyDelete