Google+ Followers

Saturday, June 6, 2015

Cara Bijak Mengatasi Demam Pada Anak

Tempra, Obat Demam Raditya   
       Demam anak, panas tinggi bisa terjadi-secara tiba-tiba. Itu sebabnya orang tua mesti siap sedia Obat agar si anak kembali sehat. Tempra adalah penurun demam yang sangat efektif. 
      Raditya, anak bungsu saya setiap kali menderita flu pasti diawali dengan demam dan panas. Hampir semua penyakit yang diakibatkan oleh virus dan bakteri menyebabkan demam. Apakah demam itu sebenarnya? Demam sebenarnya merupakan bentuk perlawanan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit yang terjadi secara alami. Ketika virus, kuman, bakteri mulai menyerang sistem imunitas mengenalinya sebagai zat asing (antigen) yang harus dilawan. Mekanisme tersebut menyebabkan suhu tubuh meningkat secara otomatis. Peningkatan suhu tersebut juga berfungsi sebagai peringatan untuk mewaspadai gejala penyakit selanjutnya. Singkatnya demam terjadi karena adanya infeksi dalam tubuh dan sistem pertahanan tubuh sedang bertarung melawan penyebab penyakit.
      Apa yang dilakukan jika anak demam? Apakah sesegera mungkin memberikan obat penurun panas? Para dokter menyarankan agar tidak terburu-buru memberikan obat penurun panas sebab suhu tubuh meningkat berarti memberi kesempatan membunuh kuman secara alami. Obat penurun panas baru disarankan diberikan jika panas tubuh meningkat satu derajat dari kondisi normal jika diukur oleh thermometer. Oleh sebab itu mengukur panas tubuh secara akurat harus menggunakan thermometer bukan dengan menempelkan telapak tangan di dahi atau bagian tubuh lain.
Obat penurun demam apa yang aman bagi anak? Kalau saya memilih Tempra , sejak Rafif si sulung masih balita. Kini Raditya menggunakan obat yang sama. 


Mengapa saya memilih Tempra ? Ini dia alasan saya :
a.   Tidak mengandung alkohol. Sebagian besar obat menggunakan alkohol sebagai bahan pelarut. Sebagai seorang muslim sebisa mungkin saya menghindari obat yang mengandung alkohol. Saya merasa tenang mengetahui Tempra tidak mengandung alkohol

b.   Kandungan zat dalam obat. Kita sepakat bukan bahwa jika dalam tidak mematuhi aturan dosis atau penambahan zat-zat tertentu yang tidak diperlukan dalam obat bisa menjadi racun? Salah satu cara menghindari resiko adalah membaca label pada kemasannya. Saya memilih Tempra sebab di dalam larutannya hanya mengandung paracetamol yaitu zat penurun panas. Setiap 5 mL Tempra sirup mengandung 160 mg Paracetamol.
c.   Kemasan aman dan praktis. Tempra dikemas dalam kemasan botol plastik dengan tutup botol sistem “push down” atau tekan sambil diputar yang aman sehingga tidak mudah tumpah atau pecah
d.   Tersedia dalam rasa buah. Kenapa sih anak-anak susah minum obat pasti karena rasanya yang pahit. Tempra aman dikonsumsi anak-anak karena tersedia dalam rasa buah. Ada tiga varian tempra yaitu Tempra Drops rasa anggur untuk bayi berusia di bawah satu tahun, Tempra sirup dalam rasa anggur untuk anak usia 1-5 tahun dan Tempra Forte untuk anak usia 5-12 tahun dalam rasa jeruk.
e.  Manjur. BT atau was-was ngga sih kalau sudah memberikan obat penurun panas tapi kondisi anak tak kunjung membaik? Alhamdulillah Rafi dan Radit selama ini cocok dengan Tempra. Baik Radit maupun Rafi setiap kali demam tidurnya ngga nyenyak, sering mengigau. Kalau panasnya sudah tinggi sekitar 38,5o – 390 Celcius langsung saya berikan Tempra sesuai dosis yang tertera pada kemasan, Alhamdulillah panasnya turun nggak sampai dua hari. senang melihatnya kembali ceria.


Oh ya selain memberikan obat saya juga mengupayakan menurunkan panas anak dengan cara alami yaitu :
a. Menggosokkan bawang merah di punggung sebab bawang merah mengandung  minyak atsiri serta sikloaliin metilaliin dan floroglusin yang membantu menstabilkan suhu tubuh.
b. Mengompres menggunakan air bersuhu ruang. Saya menghindari mengompres dengan air dingin atau es bahkan alkohol sebab cara demikian bisa menyebabkan kejang. Perubahan suhu drastis sangat berbahaya bagi kondisi tubuh.
c.  Memberikan banyak minum. Kalau panas tinggi anak lebih banyak mengeluarkan keringat. Agar tidak dehidrasi saya biasa memberikan minum air putih lebih banyak untuk anak-anak menggunakan sedotan agar lebih mudah sebab biasanya bibir mereka turut pecah-pecah akibat demam.


Sehat itu mahal ya ayah dan bunda. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Usahakan agar anak-anak tidak mudah sakit dengan memperhatikan asupan makanan serta memberikan kesempatan mereka cukup beristirahat. Tak lupa sedia payung sebelum hujan, sediakan obat-obatan yang tepat untuk membantu memulihkan kesehatan.

56 comments:

  1. Sedih melihat anak sedang menderita demam dan kadang-kadang juga mengkhawatirkan, untuk ada obat penurun demam tempra

    ReplyDelete
  2. Mengandung paracetamol ya, mba. Kalo anak demam sebenarnya tinggal dikompres aja. Setauku ada hadisnya juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau panasnya ngga tinggi kompres dan banyak minum air putih Ila, kalau sudah terlalu tinggi, 38,5- 39 bahaya kalau gak segera turun. Adikku pernah step karena panas tinggi :) . Tempra selama ini cocok buat anak2 karena hanya mengandung Paracetamol gak campur2 zat lain, juga tidak mengandung alkohol :)

      Delete
  3. wuih mantap nih tulisannya, enak dibaca.

    yg belum ikutan yuk segera menyusul :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih :) haa sekarang sih tinggal nunggu pengumuman...doain ya semoga ada rezeki saya dapat hadiahnya

      Delete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  20. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  21. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  22. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  23. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  24. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  25. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  26. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  27. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  28. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  29. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  30. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  31. Informoasinya sangat bagus , dibaca juga enak , tidak belibet saya suka artikel kesehatan seperti ini , ini menjadi salah satu contoh bagi saya untuk membuat artikel sejenis

    Obat Tradisional Buah Zakar Bengkak
    Obat Hipertensi Herbal
    Obat Tradisional Radang Empedu

    ReplyDelete
  32. inilah cara herbal untuk membantu proses penyembuhan keluhan penyakit fatty liver , bisa anda simak
    di obat herbal fatty liver. kini hadir obat lipoma tradisional yang hadir dari bahan herbal yang lebih komplit. Produk Green World yang di jadikan sebagai pengobatan herbal ginjal bocor

    ReplyDelete
  33. inilah cara herbal untuk membantu proses penyembuhan keluhan penyakit fatty liver , bisa anda simak
    di obat herbal fatty liver. kini hadir obat lipoma tradisional yang hadir dari bahan herbal yang lebih komplit. Produk Green World yang di jadikan sebagai pengobatan herbal ginjal bocor

    ReplyDelete
  34. Informasinya bagus sekali dan menarik, saya punya artikel mengenai kesehatan, kalau berkenan silahkan mengunjungi website saya ya terima kasih
    Bahaya Benjolan di Payudara Kiri Saat Menyusui
    7 Bahaya Akibat Penyakit Jantung Bocor Anak dan Dewasa
    Mengenal Penyakit Hernia Pada Bayi

    ReplyDelete
  35. Which you should try to feel the usefulness. With a more complete herbal ingredients so of course

    obat miom tradisional

    obat sinusitis herbal

    obat alami herpes

    ReplyDelete
  36. This is the most important post i have seen so far, other pages are also relevant but the information offered on this post is far more helpful. Children are prone to fever and related illnesses, and therefore finding a way to overcome fever in children is one great achievement. C.V Writing help This post is a masterpiece.

    ReplyDelete
  37. Thanks for the information presented on your website
    Very in waiting for other information

    obat kista coklat manjur
    obat tuba fallopi tersumbat
    obat pasca keguguran tanpa kuret

    ReplyDelete
  38. Sites like these I'm looking for
    Thanks for the information, in tunggua keep the latest news

    obat radang amandel herbal
    obat limfadenopati herbal

    ReplyDelete