catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Cerita #LiburanSantri (Gontor)

Posting kali ini khusus untuk mencatat "hikmah" yang dicatat emak selama masa libur si santri. Yup. Santri Gontor (kecuali kelas 6 dan yang mukim) berlibur semester awal sejak tanggal 28 November hingga tanggal 7 Desember. Gontor punya kurikulum sendiri - KMI, sehingga tidak berada di bawah program Diknas termasuk penyelenggaraan pengajaran dan masa libur

Catatan #1
Santri yang baru menginjak lantai rumah beberapa jam mencoret-coret buku adiknya.
Emak Kepo pingin tau apa yang dia gambar.
Ternyata ia bisa menulis ini tanpa melihat Al Quran. Padahal emaknya bisa apa.

Haru biru..
Semoga Istiqomah ya Nak


Catatan #2
Masih teringat*cubitan santri di liburan kenaikan kelas yang baru lalu: "pegang Al Qur'an itu diangkat Ma, jangan dipangku..adabnya mana..baca kitab suci kok tempatnya direndahkan"
"Berdoa itu adabnya mengangkat tangan Ma.. minta-minta kok Ga niat πŸ˜‚πŸ˜‚"

Liburan kali ini Emaknya belajar adab yang baru lagi:
#Ma, aku tadi disapa tetangga: mas Rafif kok tambah bagi kurus..
Aku agak gimana gitu ya..
#Ya jawab aja saya bukan tambah kurus Bu tapi makin tinggi atau karena saya banyak olahraga (ya maklum kalau orang luar Ga bakal tahu bagaimana full activity di pondok si Mas dan jeda dari satu kegiatan ke kegiatan lain harus diisi dengan berlari'
#Ma.. adabnya kalau ngga suka dengan omongan atau teguran orang itu ya diam saja... khawatir nanti jawaban kita malah membuatnya tak suka karena kita sebal menjawabnya ( oolala..catet)

Dan Emak juga takjub bahwa santri pun punya adab "berdandan
"aku pakai baju yang ini saja biar matching dengan sarung dan sajadah..warna yang bertabrakan itu kan gak enak dilihatnya"
"Ma...belikan aku Pomade biar rambut ku rapi dan wangi kan enak ngelihatnya (yaelah rambut cepak model tentara itu pun masih butuh minyak rambut jugaπŸ˜‰)

Catet...mondhok itu Ga berarti Ga stylish karena diajarkan cara mematut diri tanpa berlebihan. Mondhok itu Ga cuma baca kitab kuning atau hafalan hadits dan Al Quran karena diajarkan bagaimana mendahulukan adab daripada ilmu pengetahuan.
Coba tengok orang yang berilmu tinggi tapi Ga punya adab..pasti menyebalkan bukan? Sementara orang yang ilmunya biasa-biasa saja tapi beradab..jadi enak dipandang dan diajak berbincang-bincang😎
Dan makin takjub waktu usai periksa ke dokter pamitan pakai cium tangan (bu dokter yang sudah sepuh sampai melongo) - kok pakai cium tangan segala sih fiiii ini kan sekedar interaΔ·si dokter dan pasien. Ma...ini adab menghormati yang lebih tua *alamaaak
Maturmuwun Gusti Allah...saya.. emak-emak yang kurang beradab dan fakir ilmu masih diberikan kesempatan belajar dari anak-anak yang masa depannya masih terbentang lebar ...berharap ridhaMu. Semoga mereka dan kami bisa Istiqomah dan kelak berakhir Husnul khotimah..

Catatan #3


Kebersamaan itu: membelanjakan voucher makan hadiah kompetisi Instagram Tempo hari pun menunggu santri liburan. Meski kalau pas bisa kumpul berempat pun tetap makan bareng tanpa perlu ke restoran😘😎
Di pondok si santri diajarkan panca jiwa yang salah satunya adalah 'kesederhanaan" meski gak ikut mondhok tapi yang menjadi menu kami sehari-hari mirip-mirip lah dengan menu santri πŸ˜˜πŸ˜‹
Sebab "lezat' itu bukan karena seberapa mahal makanan yang dinikmati melainkan bagaimana bisa menggemakan rasa syukur di dalam hati .πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡



Share:

No comments:

Post a Comment

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.