Google+ Followers

Wednesday, June 24, 2015

Afirmasi atau Sugesti?

Apa beda afirmasi dengan sugesti?
Pernah mengatakan secara terus menerus, meyakinkan diri bahwa suatu cita-cita, keinginan, impian pasti akan terwujud suatu hari nanti? Pernah meyakinkan diri bahwa jika mengkonsumsi obat tertentu atau memeriksakan ke dokter langganan sakit yang diderita akan segera sembuh?

Disitulah mungkin perbedaan afirmasi dan sugesti. 
Afirmasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai penetapan sungguh-sungguh dan mengandung sesuatu yang positif. Afirmasi meyakinkan diri sendiri, self talk dan berusaha meyakinkan diri untuk mencapai sesuatu yang positif seperti misalnya tidak lagi merasakan sakit saat melahirkan, pasti lulus kuliah dalam waktu empat tahun, bisa segera mendapatkan pekerjaan. 

Sugesti bisa dilakukan terhadap diri sendiri ataupun orang lain. Sugesti bersifat mempengaruhi agar diri sendiri atau orang lain mengikuti apa yang diinginkannya.

Nah, suatu hari saya ..si penggemar rengginang dibuat meneteskan liur karena memposting foto rengginang hadiah Give Away....haaa saya telat ikutan kuisnya padahal rengginang adalah makanan kesukaan saya. Apalagi si pemilik hajatan GA promosi kalau rengginang khas madura itu gurih karena terbuat dari lorjuk dan seafood kecil lainnya.
Hmm saya meng-afirmasi atau mensugesti? diri sendiri, berharap mendapat kesempatan mencicipi rengginang tersebut, entah kapan dan bagaimana cara mendapatkannya.


Tak dinyana dua minggu kemudian suami membawa oleh-oleh rengginang serupa. Terbuat dari beras ketan dengan campuran lorjuk, kerang, bawang putih dan rempah. Huaa senangnya langsung deh digoreng. Rengginang Madura cap Koki ini benar-benar gurih dan renyah. Saya bisa habis lima biji ini sekali ngemil hihihi. Kan bentuknya kecil-kecil seperti mangkuk mungil, pas deh lep sekali gigit, kress renyahnya.



Kok bisa ya nyambung banget oleh-oleh suami degnan keinginan saya. Artinya kalau sungguh-sungguh berharap, Allah pasti kabulkan ya? Sama halnya kalau pas anak sakit saya berharap sangat dia segera sembuh keesokan harinya. Salah satu cara dengan menerapkan tips khusus pas anak lagi panas atau demam tempo hari. Qodarullah, meski sakit panas dan muntah sehariannya tampak parah, alhamdulillah keeseokan harinya langsung sehat.

Inikah afirmasi atau sugesti?

Ah kalau gitu saya ingin mengafirmasi dan mensugesti diri sendiri agar bisa menghafalkan juz 30 di bulan Ramadhan ini dan juga semakin berlimpah rezeki agar bisa meningkatkan infaq dan sedekah di bulan suci. Eaa masa' mengafirmasi diri tentang makanan terus menerus :D

4 comments: