catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Afirmasi atau Sugesti?

Apa beda afirmasi dengan sugesti?
Pernah mengatakan secara terus menerus, meyakinkan diri bahwa suatu cita-cita, keinginan, impian pasti akan terwujud suatu hari nanti? Pernah meyakinkan diri bahwa jika mengkonsumsi obat tertentu atau memeriksakan ke dokter langganan sakit yang diderita akan segera sembuh?

Disitulah mungkin perbedaan afirmasi dan sugesti. 
Afirmasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai penetapan sungguh-sungguh dan mengandung sesuatu yang positif. Afirmasi meyakinkan diri sendiri, self talk dan berusaha meyakinkan diri untuk mencapai sesuatu yang positif seperti misalnya tidak lagi merasakan sakit saat melahirkan, pasti lulus kuliah dalam waktu empat tahun, bisa segera mendapatkan pekerjaan. 

Sugesti bisa dilakukan terhadap diri sendiri ataupun orang lain. Sugesti bersifat mempengaruhi agar diri sendiri atau orang lain mengikuti apa yang diinginkannya.

Nah, suatu hari saya ..si penggemar rengginang dibuat meneteskan liur karena memposting foto rengginang hadiah Give Away....haaa saya telat ikutan kuisnya padahal rengginang adalah makanan kesukaan saya. Apalagi si pemilik hajatan GA promosi kalau rengginang khas madura itu gurih karena terbuat dari lorjuk dan seafood kecil lainnya.
Hmm saya meng-afirmasi atau mensugesti? diri sendiri, berharap mendapat kesempatan mencicipi rengginang tersebut, entah kapan dan bagaimana cara mendapatkannya.


Tak dinyana dua minggu kemudian suami membawa oleh-oleh rengginang serupa. Terbuat dari beras ketan dengan campuran lorjuk, kerang, bawang putih dan rempah. Huaa senangnya langsung deh digoreng. Rengginang Madura cap Koki ini benar-benar gurih dan renyah. Saya bisa habis lima biji ini sekali ngemil hihihi. Kan bentuknya kecil-kecil seperti mangkuk mungil, pas deh lep sekali gigit, kress renyahnya.



Kok bisa ya nyambung banget oleh-oleh suami degnan keinginan saya. Artinya kalau sungguh-sungguh berharap, Allah pasti kabulkan ya? Sama halnya kalau pas anak sakit saya berharap sangat dia segera sembuh keesokan harinya. Salah satu cara dengan menerapkan tips khusus pas anak lagi panas atau demam tempo hari. Qodarullah, meski sakit panas dan muntah sehariannya tampak parah, alhamdulillah keeseokan harinya langsung sehat.

Inikah afirmasi atau sugesti?

Ah kalau gitu saya ingin mengafirmasi dan mensugesti diri sendiri agar bisa menghafalkan juz 30 di bulan Ramadhan ini dan juga semakin berlimpah rezeki agar bisa meningkatkan infaq dan sedekah di bulan suci. Eaa masa' mengafirmasi diri tentang makanan terus menerus :D

Share:

4 comments:

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.