Google+ Followers

Sunday, June 28, 2015

Tips Amalan Ramadhan Saat Datang Bulan

Ramadhan bulan kemuliaan. Seluruh mukmin di dunia berlomba-lomba berbuat kebaikan. Istimewanya Ramadhan kebaikan atau amalan yang sama diganjar pahala berlipat-lipat daripada bulan-bulan sebelumnya. Siapa yang gak pengen?

Sedihnya pas datang bulan tiba. Bukan menyesal jadi wanita tetapi sedih kehilangan kesempatan menambah pahala padahal Ramadhan kan datang hanya setahun sekali. Eits tapi ibadah itu banyak jenisnya. Allah Maha Adil dan tidak membedakan hambaNya yang pria maupun wanita. Masalah ibadah ganjarannya sama, tergantung pada niatnya. Ibadah kan tidak melulu sholat dan membaca Al Quran. Banyak ibadah yang bisa dilakukan saat Ramadhan saat datang bulan. Beberapa amalan berikut contohhya :

1. Menyiapkan menu sahur dan berbuka
Tidak ikut berpuasa tak perlu kecil hati. Allah telah menjanjikan pahala yang sama bagi mereka yang menyiapkan makanan bagi mereka yang berpuasa.
“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga"
HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5/192.

2. Mendengarkan ceramah
Duduk di majelis ilmu itu besar banget pahala dan manfaatnya. Malaikat turut duduk bersama dan mendoakan mereka yang berada di majelis ilmu dengan niat Lillahi ta'ala. Tapi ceramahnya di masjid gimana dong? InsyaAllah kalau duduknya di teras yang jarang dipakai sholat tetapi selalu dibersihkan dan membawa alas jika khawatir mengotori aman-aman saja atau di tempat duduk di sekitar masjid tetapi masih memungkinkan mendengarkan ceramah.

3. Berinfaq dan shodaqoh
Salah satu amalan yang bebas dilakukan siapa saja tak peduli dalam keadaan berhadats atau junub adalah infaq dan shodaqoh. Ikhlas karena Allah dan dapatkan ridhoNya.

4. Berdzikir dan sholawat
Membaca kalimat-kalimat thayyibah dan sholawat sangatlah utama dan boleh dilakukan saat dalam keadaan datang bulan. Perbanyak istighfar agar mendapat kemudahan menjalani Ramadhan ke depan.

5. Membantu yang membutuhkan pertolongan
Sepintas terlihat sepele tetapi tidak ada kebaikan sebiji sawi pun yang tidak dihitung oleh Allah sebagai satu kebaikan. Bahkan menyingkirkan onak, duri, bebatuan dari jalan karena khawatir melukai pengguna jalan lainnya adalah suatu bentuk ibadah.

Selaian amalan tersebut menjawab Adzan dan iqomat tetap boleh dilakukan, memanjatkan doa di antara Adzan dan Iqomah, di hari Jumat dan di jam sahur masih bisa dilakukan. Allah Maha Baik yah. Nah tak perlu sedih lagi meski lagi menstruasi. Masih banyak kebaikan-kebaikan yang bisa dilakukan untuk orang lain dan diri sendiri saat Ramadhan.

3 comments:

  1. Makasih artikelnya ya mba. Bermanfaat sekali. Soalnya saya juga tidak berpuasa karena pengaruh sakit. Jadi bisa dapat manfaat banyak dari tulisan mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. peluk mbak Yuni, teriring doa saya dari jauh untuk kesembuhan mba ...:)

      Delete
  2. subhanallah ramadhan memang banyak pahala

    ReplyDelete