Google+ Followers

Tuesday, July 28, 2015

Pertimbangan Memilih Sekolah

Pengalaman pertama selalu berkesan dan tak mudah dilupakan begitu kata orang. Tentu termasuk pengalaman hari pertama di sekolah.

Tanggal 27 Juli kemarin adalah hari pertama Raditya masuk sekolah MI (Madrasah Ibtidaiyah) setingkat SD. Berbeda dengan kakaknya yang sekolah di SD Negeri dekat rumah, Raditya saya sekolahkan di madrasah yaitu MI Zamrud di Pekarungan Sukodono.

Beberapa pertimbangan saya menyekolahkannya di MI Zamrud adalah :
1. Adaptasi lebih mudah. Kebetulan Raditya adalah lulusan TK Zamrud. Beberapa temannya melanjutkan di MI Zamrud. Tentu mempermudah Raditya beradaptasi mengingat ia anak yang introvert.
2. Jumlah siswa. Siswa yang bersekolah di MI cenderung lebih sedikit daripada siswa di sekolah negeri yang membludak. Pertimbangan saya dengan jumlah siswa yang tidak melebihi kapasitas penyerapan ilmu akan berjalan lebih optimal. Demikian pula halnya dengan komunikasi antara guru-siswa dan guru-orang tua/wali murid
3. Pendidikan agama lebih kuat. Pendidikan dasar agama sebenarnya tidak harus diperoleh di sekolah. Ibu dan ayah adalah madrasah utama. Namun kalau soal pelajaran membaca Al Quran anak saya cenderung malas-malasan kalau ibunya sendiri yang mengajar. Duh, capek hati juga kalau baru belajar setengah lembar sudah ngga diperhatikan si murid. 
4. Lokasi dekat rumah. Lokasi MI Zamrud tidak terlalu jauh dari rumah. Terletak di sebelah bangunan RA dan TK dengan kondisi bangunan yang cukup memadai. Saya masih bisa menjemputnya menggunakan sepeda kayuh dengan jarak tempuh sekitar 10 menit bersepeda. Sehat dan hemat, Raditya juga tidak tersiksa dengan perjalanan yang memakan waktu lama. Jam 6.30 berangkat bareng si Papa dan jam 12 siang (rencananya akan berkembang menjadi jam 13.30 dengan tambahan pelajaran Baca Tulis Al Quran) sehingga cukup istirahat dan tidak kelelahan.
5. Biaya terjangkau. Sebagian besar Sekolah Islam Terpadu membebankan biaya pendidikan yang cukup besar terus terang kami tak sanggup membayarnya. Namun biaya sekolah di MI cukup terjangkau dan kualitas pengajaran juga tidak dapat disepelekan. 

Atas seizin Allah semoga keputusan kami menyekolahkan Raditya di MI Zamrud membawa kebaikan baginya di masa depan.
Ceria di hari pertama masuk sekolah MI 


8 comments:

  1. thanks mak tipsnya, jd pertimbangan anak kedua nih. anak pertama udah terlanjur masuk SDIT yg mahal bikin ngos2 an :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya Mak, di tempat saya biaya masuk SD IT menyamai masuk Universitas Negeri >_<

      Delete
  2. harus dipertimbangkan dengan benar ya mba biar kedepannya baik :)

    ReplyDelete
  3. ceria banget deh kalau hari pertama masuk sekolah
    hmmm mudah-mudahan kedepannya tetap ceria seperti itu :)

    ReplyDelete
  4. semoga betah yaaa disekolah dan di lingkungan yang baru :D

    ReplyDelete