Google+ Followers

Sunday, January 19, 2014

#1Hari1Ayat - Matahari Menyinari Bumi



Posting 19 - Di Langit ada di matahari - Tadabur Alam
Di langit ada matahari
Bersinar menyinari bumi
Seringkali terdengar nasyid yang populer itu, meski di musim penghujan begini sang matahari sering malu-malu bukan berarti ia tak terbit karena jika matahari tidak terbit lagi atau terbit dari arah yang berlawanan berarti telah tiba hari pembalasan.

Begitu besar arti matahari bagi makhluk bumi hingga Sang Pencipta menurunkan ayat-ayat tentang sang surya dalam satu surat tersendiri. Allah bahkan bersumpah atas nama matahari.
Sekarang kalau matahari bersembunyi sehari saja di balik awan kita udah pada kesusahan, terutama karena jemuran yang sulit dikeringkan :). Bagaimana jika dalam beberapa hari matahari mogok terbit karena perintah Allah ?, tumbuhan akan berhenti berfotosintesis, energi bumi perlahan mati. 
Jika diresapi lebih dalam lagi ada keistimewaan pada cahaya matahari di pagi hari seperti yang diungkapkan dalam ayat itu, menurut ilmu pengetahuan cahaya matahari tidak hanya dibutuhkan dalam proses fotosintesa tumbuhan namun juga pengaktifan provitamin D dalam tubuh agar berfungsi dalam metabolisme tulang dalam tubuh. So, manfaatin sebaik-baiknya sinar matahari pagi itu. Pagi adalah permulaan hari, saat malaikat membagi rezeki, Allah pun mengingatkan umatNya untuk istiqomah berdizikir di pagi dan sore. Sepertinya tak perlu lagi bertanya Ada Apa Dengan Matahari dan Pagi ?

Jadi nggak patut rasanya kalau kita mengeluh kepanasan di musim kemarau mengingat fungsi matahari yang begitu besar untuk kehidupan, buktinya di saat musim penghujan seringkali hadirnya matahari begitu dirindukan
Sungguh di semesta raya banyak sekali tersimpan ayat-ayatNya semoga saja kita selalu punya waktu untuk mentadaburinya.

No comments:

Post a Comment