Google+ Followers

Friday, January 3, 2014

#1Hari1Ayat - Doa Penjaga Hidayah dan Istiqomah



Masih di Serial Doa-Doa Dalam Al Quran kali ini saya ingin mencatat tentang pentingnya hidayah dan istiqomah.
Hidayah paling besar yang pernah saya terima adalah keputusan mengenakan hijab, memang sedikit terlambat tetapi daripada tidak sama sekali :)

"Ya Allah berikanlah kepada kami hidayahMu" adalah doa yang sering kita dengar saat penutupan sebuah majelis pengajian atau acara keagamaan. Pernah nggak kita mencari makna apa sebenarnya yang disebut sebagai hidayah itu ?
Hidayah adalah petunjuk, pencerahan yang datang dari Allah untuk hambaNya. Meski jalan menerima hidayah dapat disebut sebagai suatu misteri namun yang pasti hidayah itu harus dicari, bukan diperoleh dengan jalan sekedar menanti. Hamba Allah yang menerima hidayah adalah hamba yang sangat beruntung karena dengan hidayahNya hati, lisan, perbuatan, tingkah lakunya terjaga untuk selalu menapak jalan cahaya dan rajib beribadah adalah salah satu berkah adanya hidayah.

Bicara masalah ibadah menurut ustadz ustadzah sebaik-baik ibadah adalah ibadah yang dilakukan secara istiqomah. Tentunya alim ulama tidak berkhotbah jika tak ada dasarnya. Hadits Nabi riwayat Bukhori Muslim dan Abu Daud menyatakan bahwa "Amalan yang paling dicintai Allah adalah amalan yang meskipun sedikit namun istiqomah"
Adapun yang dimaksud dengan istiqomah adalah kontinyu, berkesinambungan atau terus menerus. Dalam sebuah riwayat dikisahkan bahwa sahabat Nabi pernah curhat kepada Rasulullah bahwa istiqomah itu "susah". Hmmm sekelas sahabat Nabi saja mengakui bahwa beribadah secara istiqomah itu bukan hal yang mudah apalagi sekelas kita, terutama saya. Namun sebagai umatNya kita diperintahkan untuk tidak mudah berputus rahmat. Dan salah satu doa agar Allah selalu menjaga serta menganugerahkan hidayah kepada umatNya adalah ayat 8 QS. Ali Imran

(Mereka berdo'a): "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (karunia)".

Kematian dan bagaimana menemuinya adalah misteri namun pasti, kita tak akan pernah tahu akhir hidup nanti setiap orang berharap meninggal dengan khusnul khotimah namun mencapai kesempurnaan seperti itu tidaklah semudah menulis di kertas putih. Istiqomah dalam beribadah, istiqomah dalam memohon doa keselamatan mendapatkan hidayah memang haruslah senantiasa dilakukan hingga akhir zaman.

2 comments:

  1. Aamiin.

    Iya Mbak, istiqomah itu memang "susah". Nggak bisa cuma niat doank ya, harus terus diperjuangkan.
    Terima kasih sudah mengingatkan :)

    #mau ikutan posting tapi belum nih, ngerapel besok insya Allah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. barokallahu mbak Eni makasih sudah mampir, saya juga kemarin ngrapel karena skip hari pertama :) yuuk rame-rame ber#1Hari1Ayat :)

      Delete