Google+ Followers

Tuesday, January 21, 2014

#1hari1Ayat - Rembulan nan Menawan


Posting 20 - Rembulan nan Menawan (Tadabur Alam)

Berkaitan dengan posting saya kemarin tentang matahari, saya jadi tertarik pada bunyi Asy Syams Ayat 2 . Allah mendudukkan matahari dan bulan sama pentingnya, sebagai penunjang kehidupan manusia. Ayat ini mengajarkan dasar ilmu astronomi bahwa bulan berputar mengiringi matahari seperti benda langit dalam tata surya lainnya.
Jika matahari berfungsi sebagai sumber energi bagi bumi seisinya, dalam surat Yunus ayat 5 Allah berfimran bahwa rembulan ditetapkan sebagai penunjuk waktu tertentu. contohnya bulan sabit sebagai penunjuk telah masuk awal bulan yang digunakan untuk menandai permulaan ramadhan, saat masuk bulan syawal atau ketika purnama untuk mengingat waktu masuknya puasa Ayamul Bidh
Kenapa tak cukup matahari yang digunakan sebagai penunjuk waktu ? sebab Allah menciptakan siang dan malam tanpa tujuan. Pagi, siang hingga sore adalah waktu untuk berburu rezeki dan karuniaNya, malam adalah waktu untuk beristirahat. Dapat dibayangkan jika matahari bersinar penuh 24 jam, berarti bumi bentuknya nggak bulat dan tidak berputar mengelilingi matahari, nah kalau kita berkeliling dunia yang tidak bulat itu bisa-bisa jika sampai di ujungnya terjatuh ke dalam ruang awang-awang yang tiada bertepi. Hawa panas matahari akan terasa menyiksa, dan tidak ada pedoman waktu untuk mengawali puasa dan kapan saat berbuka.

Dan Allah Maha Kuasa memberikan kesempatan bagi umatNya untuk memanfaatkan bulan sebagai sarana membuat penanggalan, jumlah bulan ia tetapkan sebanyak dua belas bulan seperti tercantum dalam QS At Taubah 36, ternyata penanggalan masehi pun memiliki jumlah bulan yang sama. Coba kalau penanggalan masehi ada 24 bulan pasti ngeliat kalender lebih rumit aja. Namun di sinilah kuasa Allah berlaku, bulan yang tampaknya tak sepenting matahari berlaku sebagai satelit bumi, membantu manusia menetapkan nama bulan dan hari sehingga hidup pun tak sekedar berlari.

Matahari di kala siang dan bulan membuat gelapnya malam lebih terang akan selalu membuat umatNya teringat kepada Sang Pencipta dan tak lalai akan gemerlap dunia (semoga...)

No comments:

Post a Comment