Google+ Followers

Sunday, January 12, 2014

#1Hari1Ayat - Manusia Diptakan Beragam



Posting ke12 -Tadabur Alam
Setelah bertadabur tentang proses terciptanya manusia di posting ke11, saya ingin melanjutkannya dengan mentadaburi betapa uniknya suku-suku bangsa yang ada di bumi ini. Bangsa Eropa dan Australia yang bermata biru, berambut pirang berkulit putih kemerahan khas bule, orang-orang Jepang, Korea, China yang nyaris mirip satu sama lain dengan kulit putih wajah sipit, bangsa rumpun Melayu yang tidak hanya perawakannya yang mirip namun juga bahasanya. Dan jika dipikir kembali ternyata anatomi tubuh yang khas tersebut ada kaitannya dengan iklim dimana bangsa tersebut berdiam.

Di usia sekolah saya hanya menghafalkan nama-nama suku bangsa yang berdiam di tiap-tiap benua. Beranjak dewasa saya belajar untuk mentadaburi ciptaan Allah tersebut. Bukankah jika Ia mau dan tak perlu repot tinggal menciptakan satu jenis manusia, satu umat saja tanpa ada bedanya di iklim yang sama pada setiap benua namun pasti kehidupan akan berjalan membosankan.


Membaca Al Maidah ayat 49 tersebut kita telah diingatkan bahwa keragaman manusia, diciptakannya makhluk secara berpasang-pasangan adalah salah satu sarana tadabur alam, untuk mendekatkan diri pada Allah serta merupakan ujian adakah perbedaan itu akan membuat manusia berlomba-lomba dalam kebajikan atau menjadikannya sumber pertikaian sehingga semakin jauh dari rahmat Tuhan.

No comments:

Post a Comment