Google+ Followers

Thursday, January 2, 2014

#1Hari1Ayat - Ayat Kursy



#Posting 2
Masih dalam serial Doa-doa dalam Al Quran, kali ini saya ingin mencatat kembali pembelajaran saya mengenai ayat Kursy (ayat Kursi) yang sebenarnya merupakan ayat 255 dari Surat Al Baqarah.
Selama ini kita hanya mengenal Surat Kursi sebagai ayat untuk mengusir setan, pocong, memedi, wewe gombel, kuntilanak dan berbagai macam jin di tayangan sinetron misteri Indonesia...ehem...hal ini gak sepenuhnya benar tapi juga gak salah (OOT sedikit sebenarnya saya paling sebel dengan film tentang hantu Pocong, kenapa ? karena kalau hantunya berupa Pocong berarti yang jadi hantu itu muslimin muslimat loh kan yang dikuburkan dengan cara dikafani itu hanya kaum muslim? . OK yak OOTnya cukup sekian). 

Kembali ke faedah ayat Kursy yang bunyinya adalah sebagai berikut :

yang artinya : Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.

Ditinjau dari tafsirnya ayat tersebut tidak mengkhususkan untuk mengusir setan dan jin namun ada beberapa poin yang saya pelajari :
1. mengajarkan untuk memohon perlindungan kepada Allah sebagai Dzat yang Maha Kekal. tidak mengantuk dan tidak tidur.
2. mengingatkan kembali betapa kecilnya manusia karena tak ada yang dapat memberi syafaat seizin Allah
3. Benar jika manusia adalah makhluk Allah yang paling lengkap, dikaruniai akal pikiran namun kalaulah manusia bisa pergi ke luar angkasa, mendarat di bulan, ngebor minyak hingga kedalaman sekian kilometer di perut bumi itu semua karena Allah yang berkehendak demikian dan sebenarnya tidak berarti apapun jika dibandingkan dengan ilmu Allah Yang Maha Segala.

Jika mau mengkaji lebih jauh, membaca Ayat Qursy setiap hari terutama menjelang tidur tidak hanya melindungi kita dari gangguan jin dan setan namun juga merupakan ayat sarana untuk kontemplasi, berlindung dari hawa nafsu kita sendiri yang berlebih, merasa pandai, kaya, cakep hingga bersikap jumawa, sombong, lupa diri adalah penyakit hati yang paling sering menghinggapi manusia. Ayat Kursy mengingatkan kembali bahwa manusia bagailah debu di lautan pasir apalagi di Padang Mahsyar nanti.

Semoga saya, kita istiqomah membaca ayat Kursy dan memahami serta mengamalkannya setiap hari.

2 comments:

  1. Replies
    1. barokallahu makasih mbak Santi Dewi :) yuk mbak ikutan GA keren ini :)

      Delete