Google+ Followers

Tuesday, January 28, 2014

Review The Davincka Code (How Travelling Inspires You)

Resensi Santai – The Davincka Code (How Travelling Inspires You)
Judul : The Davincka Code
Penulis : Jihan Davincka
Penerbit : PT. Edelweiss
Halaman : 294

Horeeee sore cerah, buku yang dinanti akhirnya tiba dan kuterima dengan sumringah. Masih kuingat jelas pertama kali mengenal sang penulis, aku pernah membaca tulisan inspiratifnya berjudul Every Mom Has Her Own Battle di sebuah media maya, and yes! it is on the first page of this book. Sist Jihan dalam promo bukunya memang pernah mengatakan bahwa buku ini sebagian adalah tulisan hasil note facebooknya (wow kereeen note fb, tulisan di blog ternyata bisa jadi buku yang dijual di toko-toko buku seIndonesia, bandingin sama note daku yang isinya curhat GEJE hehehehe).

Lucky me sist Jihan mengkonfirmasikan pertemanan denganku di fb karena aku bisa leluasa baca tulisannya yang kriuk bergizi, seperti di buku ini. Kalau kamu, anda, elo pengen baca buku yang membuat kamu, anda, elo mikir sekaligus terhibur The Davincka Code adalah salah satu jawabnya. It is more than just a note, but it’s tell completely about life (eh kok jadi ikut-ikutan pakai bahasa Inggris campur Indonesia kayak sist Jihan sih, ahahaha nah itu salah satu poin penting dari Javincka Code, just write, pakai bahasa campur Bugis, Indonesia, Inggris is OK, just do it tapi jangan lupa tulislah dengan cara bagaimana asal yang baca ngerti aja).  Yup! Buku ini layaknya memoir dari usia SD, SMP, SMA, kuliah, kerja sampai memutuskan jadi emak rumahan tapi bisa melanglang buana dari jazirah Arabia hingga Eropa. “Idih, emang siapa itu Jihan pakai nulis memoar segala ?” well jangan salah persepsi kawan, biografi, inspirasi jangan hanya dari orang tenar (padahal di dunia perfacebook-an sist Jihan ini tergolong yang punya banyak fans, bukan hanya karena cantik tapi juga karena gaya menulisnya yang unik), persis seperti yang ia tulis bahwa inspirasi, pelajaran hidup itu datang dari keluarga, kerabat terdekat ga usah muluk-muluk nyari idola dari manca kalau dari orang tua, adik, kakak, kawan banyak pelajaran yang bisa kita dapat. But don’t worry, sist Jihan ngga cuma cerita soal adik, kakak, Mama, anak dan suami, kutipan-kutipan dalam bahasa Inggris dari orang-orang ternama, renungan dari kisah Mahabharata hingga Soekarno presiden pertama kita menambah wawasan kita bahwa akan selalu ada yang bisa kita dapatkan dari sebuah kisah. Just think, tafakur, bukankah Allah juga menyuruh kita untuk selalu berpikir tentang tanda-tanda kebesaranNya di alam raya ?.

Deskripsi tentang keindahan Jeddah dan Irlandia, cara sist Jihan mengisahkan serunya ketika masih bekerja di ibukota adalah poin yang pasti membuat pembaca nggak bosan menuntaskan 294 halaman dalam sekali hap. Kalau saja bukunya dicetak dalam edisi lux trus foto-foto yang menghias buku dicetak berwarna kita pasti lebih terkagum-kagum dan meneteskan air liur akan panorama alam nun jauh di sana (ehem tapi harga bukunya pasti jadi lebih mahaaall, lagipula kalau pengen ngintip foto-foto hasil jepretan sist Jihan bisa kok blogwalking ke http://jihandavincka.wordpress.com). Tapi yang sedikit membuatku mengernyitkan dahi mengapa tulisan yang berupa kumpulan “note” dan “post” tidak disusun secara krononologi ya ?, misalnya di beberapa bab pertama cerita sist Jihan sudah sampai kisah sebagai ibu rumah tangga di Irlandia, eh bab di pertengahan buku kok balik di masa kecil atau mungkin ini trik flash back jadi pembaca pun merasa nggak monoton baca buku memoar ala Jihan Davincka (sst kalau aku jadi sist Jihan pasti kujawab : eh Elo emang nulis dan nerbitin buku itu gampang, elo coba deh sendiri hihihihi, gak kok becanda…sist Jihan anti nyinyir meski menurut pengakuannya di buku ini beliaunya adalah orang yang galak, sama dong dengan dakuh :p)

Last but not least satu pelajaran berharga kupetik dari The Davincka Code – jangan remehkan kemampuanmu, gali apapun potensi diri karena kecerdasan itu ngga cuma sekedar nilai raport, sesuatu yang kau tekuni kelak akan membawa hasil asal lakukan secara sungguh-sungguh, ikhlas dan membuatmu bahagia apalagi jika kau tularkan bahagia itu terhadap sesama. Because life is an adventure, just share to the others how travelling inspires you :)

Yes! The Davincka Code adalah Teman yang siiip untuk menikmati teh hangat dan tape goreng buatan sendiri (horeee berkat  membaca buku kriuk bergizi ini akhirnya rasa penasaranku tentang asal muasal nama Davincka terjawab sudah \^_^/ ) .


No comments:

Post a Comment