catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

#1Hari1Ayat - Proses Terciptanya Manusia



Posting 11 - Serial Tadabur Alam

10 Posting tentang Doa-doa dalam Al Quran alhamdulillah telah saya tunaikan, insha Allah untuk sepuluh atau lebih posting berikutnya saya ingin berbagi tentang ayat tadabur alam. Yang dimaksud alam adalah segala sesuatu yang tercipta, berjalan sesuai kehendak Yang Maha Kuasa termasuk semesta, makhluk hidup, kehidupan itu sendiri dan lainnya.

Ilmu biologi memberi kesempatan bagi kita untuk belajar tentang anatomi tubuh, bagaimana sebuah organ bekerja sekaligus membuat kita berpikir apa yang terjadi jika atas kehendak Allah organ itu tak lagi bekerja secara normal. Pernah tidak memikirkan seperti apa sih proses terciptanya manusia ? bagaimana bisa organ-organ yang rumit terbentuk begitu sempurna ?. Saya teringat kembali pertanyaan Rafi, anak sulung saya yang ketika itu masih berusia 7 tahun "Ma kalau manusia tercipta dari tanah mengapa harus menikah ?". Nah menjelaskan jawaban pertanyaan itu kepada anak usia tujuh tahun buat saya lebih sulit daripada menjawab pertanyaan "Menurutmu kita ini anak cucu adam atau keturunan kera seperti kata Charles Darwin" yang jawabnya tentu "kamu mau disebut : dasar Kera lo, Nyet Monyet atau hei anak Monyet ?".

Saat itu saya mencoba menjawab pertanyaan Rafi dengan jawaban singkat "gini lho Mas kita itu memang diciptakan dari tanah seperti saat Allah menciptakan Nabi Adam, terus tanah itu diubah sama Allah menjadi air yang ada di dalam tubuh manusia dan kelak bisa menjadi calon bayi kalau sudah menikah, kalau zat-zat di dalam tubuh manusia itu diperiksa di laboratorium terlihat kok bahwa unsur-unsurnya sama persis dengan unsur, zat yang ada di dalam tanah". Untung saja Rafi cukup puas dengan jawaban saya dan pelajaran biologi lanjutan belum perlu saya jelaskan :).
Lalu pertanyaan saya sendiri, ada nggak ayat yang menjelaskan tentang pertanyaan Rafi di dalam Al Quran ?. (Eh ternyata mengaji itu memang sebaiknya sekaligus membaca tafsir agar tidak terlalu kebingungan seperti pengalaman saya sendiri :) ).
Benar adanya bahwa Al Quran itu adalah furqan, petunjuk bagi orang beriman. Salah satu keajaibannya adalah menjelaskan proses terbentuknya manusia.


Allahu Akbar...Tadabur alam adalah salah satu bentuk dzikrullah, sarana mengingat Allah. Jika saja saya selalu meluangkan waktu memahami tanda-tanda kekuasaan Allah di alam raya ini mungkin saya tak mudah bersedih hati. Semoga Allah memudahkan segala urusan kita kali ini dan esok hari...aamiin.

Share:

No comments:

Post a Comment

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.