Saat kita membuka bisnis produk barang atau jasa dan kebutuhan masyarakat (demand) terhadapnya sangat tinggi, kita sering bertanya : perlukah jasa seorang konsultan marketing?
Dunia marketing adalah wilayah dinamis yang sangat membutuhkan banyak pemikiran dan strategi. Marketing adalah ujung tombak bagi lakunya barang di pasaran, pengenalan konsumen terhadap produk, dapat disimpulkan bahwa divisi marketing adalah kunci bergulirnya arus keuangan perusahaan. Sebuah produk yang berkualitas, tidak akan dapat menjadi uang jika tidak dipasarkan. Disinilah marketing seolah berfungsi laksana napas bagi sebuah usaha. Untuk menghasilkan strategi market yang jitu, terkadang tidak mudah. Lalu perlukah seorang konsultan marketing?
Sebagaimana telah disebutkan di atas, untuk menciptakan taktik dan teknik di dalam berdagang butuh ide-ide segar dan dinamis. Terkadang seorang pengusaha pandai menciptakan produk yang berkualitas namun kebingungan ketika harus menjual atau mendistribusikan produk. Jangan dikira perusahaan yang sudah maju dan mapan tidak perlu lagi seorang konsultan marketing. Fungsi konsultan di sini bukan hanya sekadar memberikan arahan dan masukan mengenai cara memasarkan produk, melainkan dapat membantu merumuskan sebuah solusi masalah, mengevaluasi pasar, membuat eksekusi cara bertindak, dan masih banyak lagi.
Dengan adanya konsultan marketing, maka perusahaan dapat terbantu secara pemikiran. Tidak jarang pelaku usaha terjebak dalam hal teknis di lapangan. Padahal strategi yang andal dibutuhkan guna dapat membuat produknya laris manis. Ketika berpikir mengenai kondisi kas perusahaan, kembali seorang pebisnis bertanya, perlukah seorang konsultan marketing? Tentu saja sangat perlu. Sejumlah kecil dana yang dikeluarkan untuk konsultasi, tentu tidak sebanding nilainya dengan omzet yang kelak berhasil diraup setelah dilakukan konsultasi marketing. Apalah artinya mengeluarkan dana 1 rupiah atau 1% dari kas perusahaan untuk konsultasi namun hasil yang dicapai dapat lebih dari 100 %. Tak ada ruginya bukan ?
Belakangan ini banyak penawaran akan jasa konsultan marketing. Namun perlu dipilih konsultan yang paling tepat bagi usaha kita. Sistem konseling yang unik menjadi salah satu alternatif di dalam memilih konsultan. Veronica Ratna Ningrum, konsultan marketing yang banyak berkecimpung di dunia bisnis kuliner, memberikan cara yang unik namun strategis kepada kliennya. Veronica tidak sekadar memberikan konsep, melainkan juga membantu klien membuat sebuah solusi sekaligus melakukan eksekusi. Untuk itu Veronica banyak dipilih oleh para pelaku usaha sebagai konsultan mereka. Perempuan inspiratif ini memang sudah tidak diragukan lagi kepiawaiannya dalam urusan strategi marketing dalam berbagai usaha. Masukan yang diberikan berdasarkan pengalamannya sangat bernilai emas bagi para pelaku usaha.
Veronica Ratna Ningrum bahkan memiliki 10 Tips Cerdas sebagai dasar strategi sukses menjalankan bisnis.
Jadi, masihkah Anda bertanya, perlukah seorang konsultan marketing?
No comments:
Post a Comment