catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Konsultan Marketing, Mengapa Diperlukan ?


Semua pemain bola mampu bermain bola, juga mengerti bahwa tujuan mereka bermain adalah untuk menang dengan cara menyarangkan goal ke gawang lawan lalu mengapa diperlukan seorang pelatih sebagai pengatur strategi ?.
Sama halnya dengan dunia bisnis, pelaku bisnis paham mereka harus menjual produk demi kelangsungan perusahaan, lalu perlukah seorang konsultan marketing?

Dunia marketing adalah wilayah dinamis yang sangat membutuhkan banyak pemikiran dan strategi. Marketing adalah ujung tombak bagi lakunya produk yang berimbas langsung terhadap cash flow perusahaan . Sebuah produk yang berkualitas, tidak akan menghasilkan uang jika tidak dipasarkan, mengingat marketing laksana napas bagi sebuah perusahaan disinilah fungsi seorang konsultan marketing : sebagai pusat pemikiran strategi market yang jitu. 

Sebagaimana telah disebutkan di atas, untuk menciptakan taktik dan teknik di dalam berdagang butuh ide-ide segar dan dinamis. Terkadang seorang pengusaha pandai menciptakan produk yang berkualitas namun kebingungan ketika harus menjual atau mendistribusikan produk. Bahkan, perusahaan yang sudah maju dan mapan tetap membutuhkan kehadiran seorang konsultan marketing sebab fungsi konsultan di sini bukan hanya sekadar memberikan arahan dan masukan mengenai cara memasarkan produk, melainkan juga membantu merumuskan sebuah solusi masalah, mengevaluasi survey pasar untuk mempertahankan loyalitas konsumen, membuat eksekusi cara bertindak, dan masih banyak lagi lainnya.

Konsultan marketing membantu perusahaan secara pemikiran, sebagai sumber ide dan kreativitas. Tidak jarang pelaku usaha terjebak dalam hal teknis di lapangan. Padahal strategi yang andal dibutuhkan guna dapat membuat produknya laris manis. Ketika berpikir mengenai kondisi kas perusahaan, kembali seorang pebisnis bertanya, perlukah seorang konsultan marketing? Tentu saja sangat perlu. Sejumlah kecil dana yang dikeluarkan untuk konsultasi, tentu tidak sebanding nilainya dengan omzet yang kemudian berhasil diraup setelah adanya konsultasi mengenai marketing ini. Jadi jika untuk konsultasi dkeluarkan 1 rupiah, hasil yang dicapai dapat lebih dari 100 %, apa ruginya?

Jasa konsultan marketing marak ditawarkan. Namun bijak dalam memilih konsultan sangat diperlukan agar tidak menelan kekecewaan. Sistem konseling yang unik menjadi salah satu alternatif di dalam memilih konsultan. Veronica Ratna Ningrum, konsultan marketing yang mengawali karir di dunia bisnis kuliner, memberikan cara yang unik namun strategis kepada kliennya. Veronica tidak sekadar memberikan konsep, melainkan juga membantu klien membuat sebuah solusi sekaligus melakukan eksekusi. Untuk itu Veronica banyak dipilih oleh para pelaku usaha sebagai konsultan mereka. Perempuan inspiratif ini memang sudah tidak diragukan lagi kepiawaiannya dalam urusan strategi marketing dalam berbagai usaha. Masukan yang diberikan berdasarkan pengalamannya sangat bernilai emas bagi para pelaku usaha.

Jadi, masihkah Anda bertanya, perlukah seorang konsultan marketing?

"Veronica orangnya gesit dan tidak pernah lelah. Dia pebisnis yang selalu mencari cara untuk mendapatkan solusi pada setiap persoalan. Karakter ini sangat baik untuk bisnis yang dia jalankan" (Kemal, Investor)


Share:

No comments:

Post a Comment

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.