Google+ Followers

Friday, April 19, 2013

Olah Marketing Sang Pelesat Bisnis


Banyak jalan menuju ke Roma, banyak cara pula yang dilakukan para pelaku bisnis agar produk yang dihasilkan bisa diterima pasar. Strategi marketing adalah hal mendasar yang harus diperhatikan. Inilah yang ditekankan oleh Veronica Ratna Ningrum, seorang womanmarketer.

Marketing atau pemasaran adalah suatu proses untuk mendekatkan produk yang telah dihasilkan oleh pelaku bisnis ke konsumen. Tujuannya adalah agar produk tersebut dapat diakses oleh konsumen dengan mudah serta secara tepat digunakan untuk memenuhi kebutuhan mereka. Divisi marketing ini memang merupakan bagian yang sangat penting dan krusial dalam bisnis yang dijalankan karena menentukan keberhasilan dari bisnis tersebut.

Melesatkan bisnis melalui olah marketing ini dapat dilihat dari dua sisi pandang yaitu dari pihak produsen dan juga pihak konsumen. 

Dari pihak produsen apabila produknya berupa barang maka harus memperhatikan beberapa hal, yaitu :
1. Tempat, harus dipilih lokasi yang strategis artinya dapat diakses dengan mudah sehingga konsumen dimudahkan mendapatkan produk ini. 
2. Kualitas produk harus sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen.
3. Harga pun sebaiknya terjangkau oleh konsumen serta sesuai dengan manfaatnya.Harga yang kompetitif dibandingkan dengan produk lain yang sejenis akan memperkuat positioning produk dalam menyasar target pasar. 
4. Faktor promosi akan lebih mendekatkan produk yang telah dihasilkan ke konsumen sehingga konsumen akan mengetahui dengan benar bagaimana, apa, manfaat, dan keunggulan produk tersebut.

Dari pihak konsumen, hal yang harus diperhatikan adalah :
1. usaha untuk memenuhi apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen tersebut.
2. kenyamanan konsumen terhadap produk yang dihasilkan, hal ini lebih berkaitan pada rasa puas yang dirasakan oleh konsumen setelah menggunakan produk tersebut. 
3. perasaan untuk kembali menggunakan produk ini sebagai akibat dari rasa puas terhadap produk tersebut.

Semua hal ini harus diramu dengan benar dan tepat oleh divisi marketing sebuah perusahaan agar menjadi salah satu kunci keberhasilan produk. Dan inilah yang dimaksud dengan melesatkan bisnis melalui olah marketing.

No comments:

Post a Comment