Google+ Followers

Saturday, March 16, 2013

Veronica Ratna Ningrum dengan 10 Tips Cerdas Marketingnya


"Menjadikan seluruh client sebagai partner, teman, dan rekan kerjasama bisnis yang menyenangkan adalah kunci sukses dari Veronica."
 (Aldi Ferdian – Chief of Marketing Vizwerk)


Marketing merupakan ujung tombak perusahaan. Laku tidaknya barang, maju mundurnya sebuah perusahaan ditentukan oleh tim marketing yang handal. Layaknya sebuah tim sepakbola untuk memenangkan sebuah pertandingan pemasaran pun butuh strategi untuk meraih kesuksesan. Tanpa adanya strategi marketing yang jitu, produk atau jasa menjanjikan pun tidak akan menghasilkan aset. Veronica Ratna Ningrum  seorang ahli marketing sekaligus konsultan marketing, menyiapkan formula dan kiat sukses untuk para pelaku marketing.

Veronica Ratna Ningrum

Berikut adalah 10 tips cerdas marketing ala Veronica Ratna Ningrum:

1. Jadilah MATA-MATA. Bukan mata-mata spionase semacam James Bond namun memata-matai kondisi pasar karena seorang pelaku marketing harus mengetahui kondisi dan kebutuhan pasar. Menurut Veronica, kebutuhan pasar menjadi penuntun kesuksesan marketing. Jika seorang pelaku marketing tidak memedulikan kebutuhan pasar, maka sama halnya dengan mencari kepuasan pada diri sendiri, tidak akan membawa keuntungan buat usahanya.

2. Customer is a King. Perlakukan CUSTOMER sebagai RAJA. Tampaknya seperti sebuah slogan kuno. Namun menurut Veronica, customer-lah yang akan menentukan kesuksesan sebuah usaha. Bisa dibayangkan ketika seorang customer kecewa dengan pelayanan kita, kemudian menyampaikan kekecewaannya kepada publik apalagi menulis surat pembaca di media, maka citra perusahaan akan jatuh. Kehilangan pelanggan, akan menjadi masalah yang serius bagi kelangsungan sebuah bisnis.

3. Jadilah EKSEKUTOR. Menurut Veronica, seorang pelaku marketing harus mampu menjadi eksekutor. Eksekutor tidak sekedar membuat sebuah keputusan, melainkan melakukan sebuah analisis mengenai suatu keputusan yang akan dilakukan.

4. Pertajam INTUISI. Layaknya striker klub sepakbola, marketing harus punya naluri, instink mencetak goal. Pelaku marketing harus memiliki ketajaman intuisi. Dengan ketajaman intuisi, seorang pelaku marketing tahu bagaimana akan berbuat, bagaimana melakukan sebuah program agar bisa sukses, dan bagaimana memuaskan klien. Caranya dengan memperdalam ilmu marketing, rajin menjadi mata-mata pasar di antaranya melalui survei.

5. Lakukan SURVEI PASAR. Survei pasar menjadi salah satu bagian paling penting dalam dunia marketing. Dalam melakukan survei pasar, sertakan pula survei tentang tingkat kepuasan konsumen, pendapat konsumen mengenai produk kita, pendapat konsumen mengenai kualitas layanan dari perusahaan kita. Semua itu bermanfaat sebagai bahan evaluasi marketing serta untuk mencari formula terbaik guna membidik pasar yang potensial.

6. Lakukan SURVEI KOMPETITOR. Terkadang seorang pemilik usaha lupa bahwa di luar usaha yang diciptakannya, terdapat kompetitor atau pesaing. Dengan melakukan survey, kita dapat menciptakan keunikan atau kelebihan bisnis kita agar tampil berbeda dari pesaing. Menerapkan harga yang bersaing, menaikkan sisi nilai tambah produk, atau memperbaiki kemasan, adalah beberapa trik untuk menciptakan keunikan produk serta menjaring minat konsumen.

7.Ciptakan PEMASAR BAYANGAN. Di dalam dunia marketing, ini dikenal dengan istilah Ghost Marketing. Pemasar bayangan ini akan mempromosikan kehadiran produk kita secara tidak langsung, dan menciptakan kesan positif dari produk tersebut, sehingga massa mengenali produk kita.

8. Telurkan INOVASI. Lakukan dan buatlah selalu inovasi pemasaran. Inovasi dalam strategi pemasaran sangat menunjang kesuksesan bisnis. Tak perlu takut gagal karena sebuah inovasi sendiri adalah sebuah tanda kemajuan, ketika ada kemungkinan gagal pun sebuah inovasi dapat dievaluasi hingga ditarik sebuah kesimpulan untuk meraih kesuksesan.

9. Jadikan customer KONSUMEN LOYAL. Memelihara customer seperti raja dengan cara mendengarkan pendapat mereka, menyediakan solusi bagi kebutuhannya, dan senantiasa memberikan layanan terbaik. Dengan cara tersebut, customer akan betah dan tidak akan berpindah ke lain hati. Promosi banting harga mungkin menarik hati konsumen untuk memakai jasa dan membeli produk namun pelayanan after sales (after sales service, customer relation) akan memberikan nilai tambah.

10. Berikan EVALUASI. Jika Anda bekerja dalam tim, maka berikanlah masukan kepada tim produksi atau penyedia barang dan jasa, agar kualitas produk yang dijual dapat terus meningkat.
Sebagai seorang woman marketing. Veronica adalah pribadi yang luar biasa, menarik, smart, dan fokus. Dia memegang teguh commitment dan client relation. 

10 Tips Veronica itu diterapkan niscaya perusahaan pun diuntungkan.


No comments:

Post a Comment