"Menjadikan seluruh client sebagai partner, teman, dan rekan kerjasama bisnis yang menyenangkan adalah kunci sukses dari Veronica."
(Aldi Ferdian – Chief of Marketing Vizwerk)
Marketing merupakan ujung tombak perusahaan. Laku tidaknya barang, maju mundurnya sebuah perusahaan ditentukan oleh tim marketing yang handal. Layaknya sebuah tim sepakbola untuk memenangkan sebuah pertandingan pemasaran pun butuh strategi untuk meraih kesuksesan. Tanpa
adanya strategi marketing yang jitu, produk atau jasa menjanjikan pun tidak akan menghasilkan aset. Veronica Ratna Ningrum seorang ahli marketing sekaligus
konsultan marketing, menyiapkan formula dan kiat sukses untuk para pelaku
marketing.
Berikut adalah 10 tips cerdas marketing ala Veronica Ratna Ningrum:
1. Jadilah
MATA-MATA. Bukan mata-mata spionase semacam James Bond namun memata-matai kondisi pasar karena seorang pelaku marketing harus mengetahui kondisi dan kebutuhan
pasar. Menurut Veronica, kebutuhan pasar
menjadi penuntun kesuksesan marketing. Jika seorang pelaku marketing tidak
memedulikan kebutuhan pasar, maka sama halnya dengan mencari kepuasan pada diri
sendiri, tidak akan membawa keuntungan buat usahanya.
2. Customer is a King. Perlakukan
CUSTOMER sebagai RAJA. Tampaknya seperti sebuah slogan kuno. Namun menurut
Veronica, customer-lah yang akan menentukan kesuksesan sebuah usaha. Bisa
dibayangkan ketika seorang customer kecewa dengan pelayanan kita, kemudian
menyampaikan kekecewaannya kepada publik apalagi menulis surat pembaca di media, maka citra perusahaan akan jatuh.
Kehilangan pelanggan, akan menjadi masalah yang serius bagi
kelangsungan sebuah bisnis.
3. Jadilah
EKSEKUTOR. Menurut Veronica, seorang pelaku marketing harus mampu menjadi
eksekutor. Eksekutor tidak sekedar membuat sebuah keputusan, melainkan
melakukan sebuah analisis mengenai suatu keputusan yang akan dilakukan.
4. Pertajam INTUISI. Layaknya striker klub sepakbola, marketing harus punya naluri, instink mencetak goal. Pelaku marketing harus memiliki ketajaman intuisi. Dengan ketajaman
intuisi, seorang pelaku marketing tahu bagaimana akan berbuat, bagaimana
melakukan sebuah program agar bisa sukses, dan bagaimana memuaskan klien. Caranya dengan memperdalam ilmu marketing, rajin menjadi mata-mata pasar di antaranya melalui survei.
5. Lakukan
SURVEI PASAR. Survei pasar menjadi salah satu bagian paling penting dalam dunia
marketing. Dalam melakukan survei pasar, sertakan pula survei tentang tingkat
kepuasan konsumen, pendapat konsumen mengenai produk kita, pendapat konsumen
mengenai kualitas layanan dari perusahaan kita. Semua itu bermanfaat sebagai
bahan evaluasi marketing serta untuk mencari formula terbaik guna membidik
pasar yang potensial.
6. Lakukan
SURVEI KOMPETITOR. Terkadang seorang pemilik usaha lupa bahwa di luar usaha
yang diciptakannya, terdapat kompetitor atau pesaing. Dengan melakukan survey,
kita dapat menciptakan keunikan atau kelebihan bisnis kita agar tampil berbeda
dari pesaing. Menerapkan harga yang bersaing, menaikkan sisi nilai tambah
produk, atau memperbaiki kemasan, adalah beberapa trik untuk menciptakan
keunikan produk serta menjaring minat konsumen.
7.Ciptakan
PEMASAR BAYANGAN. Di dalam dunia marketing, ini dikenal dengan istilah Ghost
Marketing. Pemasar bayangan ini akan mempromosikan kehadiran produk kita secara
tidak langsung, dan menciptakan kesan positif dari produk tersebut, sehingga
massa mengenali produk kita.
8. Telurkan
INOVASI. Lakukan dan buatlah selalu inovasi pemasaran. Inovasi dalam strategi
pemasaran sangat menunjang kesuksesan bisnis. Tak perlu takut gagal karena sebuah inovasi sendiri adalah sebuah tanda kemajuan, ketika ada kemungkinan gagal pun sebuah inovasi dapat dievaluasi hingga ditarik sebuah kesimpulan untuk meraih kesuksesan.
9. Jadikan
customer KONSUMEN LOYAL. Memelihara customer seperti raja dengan cara
mendengarkan pendapat mereka, menyediakan solusi bagi kebutuhannya, dan
senantiasa memberikan layanan terbaik. Dengan cara tersebut, customer akan
betah dan tidak akan berpindah ke lain hati. Promosi banting harga mungkin menarik hati konsumen untuk memakai jasa dan membeli produk namun pelayanan after sales (after sales service, customer relation) akan memberikan nilai tambah.
10. Berikan
EVALUASI. Jika Anda bekerja dalam tim, maka berikanlah masukan kepada tim
produksi atau penyedia barang dan jasa, agar kualitas produk yang dijual dapat
terus meningkat.
Sebagai seorang woman marketing. Veronica adalah pribadi
yang luar biasa, menarik, smart, dan fokus. Dia memegang teguh commitment dan
client relation.
10 Tips Veronica itu diterapkan niscaya perusahaan pun diuntungkan.
No comments:
Post a Comment