Google+ Followers

Wednesday, March 27, 2013

Ketika Agen Pulsa Tak Sekedar Agen Biasa

Saat komunikasi melalui telepon seluler diperkenalkan pertama kali di Indonesia awal tahun 90an tak ada yang menduga bisnis pulsa menjadi populer seperti sekarang. Dulu, operator pasca bayar mendominasi namun kini trendnya mulai bergeser ke prabayar.


Pulsa menjadi layaknya sembako, konsumennya merata mulai anak-anak usia sekolah hingga abang tukang bakso. Nominal isi ulang pulsanya pun beragam mengikuti kemampuan pembeli karena penghasilan konsumen yang tidak seragam. Siswa sekolah biasanya mengisi handphone dengan nominal lima ribu hingga sepuluh ribu rupiah. Sementara wirastawan, pekerja kantoran, memilih kisaran duapuluh lima ribu-an ke atas.

Pertumbuhan operator seluler dan melek teknologi internet turut menyumbang maraknya bisnis pulsa.
Konsumen pun bisa memilih mengisi pulsa berbentuk kartu (voucher fisik) atau pulsa elektrik.


Mayoritas pembeli lebih suka membeli pulsa elektrik di penjual eceran/kios pulsa, alasan mereka kemungkinan besar dipengaruhi hal-hal berikut ini :



1. Praktis

Pulsa elektrik lebih praktis dibandingkan voucher fisik yang harus menggosok bagian tertentu kemudian mengisikan serial angka melalui handphone, resikonya jika salah memasukkan digit (setelah ketigakali) pulsa pun bisa hangus, sedangkan pulsa elektrik tinggal datang ke counter atau sms teman yang berjualan pulsa maka pulsa pun mendarat sempurna, jika ada kemungkinan pulsa tidak masuk itu hanya nol koma sekian persen saja dan bisa diklaim ke pihak operator seluler.
2. Ekonomis.
Pulsa elektrik memenuhi permintaan pelanggan berdasarkan nominal, dari lima ribu hingga seratus ribu sedangkan voucher fisik biasanya dijual mulai satuan duapuluhlima ribuan. Pembelian melalui ATM pun tidak melayani nominal di bawah duapuluh lima ribu rupiah.
3. Transaksi 24 jam
Bagi pelanggan tertentu yang berteman dengan penjual pulsa, mengisi pulsa elektrik bisa diandalkan dalam berbagai situasi, dari suasana hepi hingga emergency. Saya pernah mentransaksikan pulsa seratus ribu rupiah jam duabelas malam untuk teman adik di Banjar karena teman sang adik sedang kehabisan pulsa padahal ia sedang dilanda musibah dukacita dan butuh berkomunikasi dengan keluarga di seberang sana .



Keunggulan pulsa elektrik ini pula yang menginspirasi banyak orang turut berbisnis pulsa bagai kios pulsa berjalan. Saya juga sempat mengecap manisnya bisnis pulsa elektrik meski hanya setingkat agen/penjual eceran. Enam tahun lalu kami merintis berjualan pulsa berbekal handphone jadul dan deposit awal seratus ribu rupiah penghasilan dari keuntungan jual pulsa pun merangkak pelan namun pasti.Pendapatan bersih awal semula berkisar sebulan seratus lima puluh ribu rupiah namun dengan bantuan adik-adik saya yang turut memasarkan hingga ke luar kota laba hingga tujuh ratus ribu rupiah sebulan pernah kami dapatkan hingga dua tahunan.



Semenjak pedagang pulsa semakin bertebaran keuntungan kami pun semakin menurun, seiring juga dengan meninggalnya adik perempuan saya di luar kota dimana konsumsi pulsa teman-teman kerjanya dahulu memberikan kontribusi besar dalam perkembangan agen pulsa elektrik saya. Kini keuntungan kami hanya berputar di angka seratus ribuan meski beberapa teman yang setia menjadi konsumen tetap mengisi pulsa melalui saya dan pembayarannya melalui transfer M Banking.



Meski penghasilan berbisnis pulsa belum menyamai masa keemasan tak membuat kami berhenti menjadi agen pulsa selain kami percaya rezeki telah digariskan, harapan kembali terkembang akan semakin inovatifnya penjualan pulsa elektrik saat ini, mengikuti perkembangan zaman dan permintaan pelanggan apalagi inovasi bisnis pulsa elektrik yang diperkenalkan Pojok Pulsa.



Cara mengisi pulsa melalui Pojok Pulsa sangatlah mudah dan praktis diterapkan. Transaksi tak hanya dilakukan melalui sms (multi transaksi untuk pembelian beberapa nominal juga dapat dilakukan) namun juga bisa melalui chatting YM dan G Talk. Inovasi ini menguntungkan agen selain hemat pulsa untuk sms, kegiatan di depan layar komputer saat browsing atau blogging seperti yang sedang saya lakukan ini tidak terganggu oleh aktivitas mengisi pulsa sesuai permintaan pelanggan karena transaksi bisa dilakukan melalui chatting.

Format yang diterapkan Pojok Pulsa sangatlah lengkap dan membantu agen mulai dari mengisi pulsa tanpa kode hingga cek saldo, rekapan transaksi dan transaksi melalui YM dan GTalk. Untuk lengkapnya silahkan lihat di sini . Smsnya centernya tidak hanya satu dua namun 18 SMS center tersedia sehingga tidak ada alasan traffic jam dalam pengisian pulsa.


Jika sewaktu-waktu kita memerlukan report sebagai tanda bukti transaksi kepada pelanggan kita bisa mengunduh rekap transaksi melalui website report untuk kemudian diubah menjadi excel. Langkah-langkah mengunduh laporan transaksi pun dibantu pihak Pojok Pulsa. Selengkapnya dapat dipelajari di sini




Bisnis isi pulsa pun sekarang tak sekedar pulsa biasa, tak hanya berfungsi mengisi pulsa, deposit yang ditanamkan bisa dimanfaatkan sebagai : 



1. pengisi Token PLN 

Seperti yang telah kita ketahui, PLN semakin gencar memperkenalkan Listrik Pra bayar, konsumsi listrik melalui listrik pintar ini mendidik pelanggan untuk lebih hemat dan pandai mengatur strategi agar tidak kehabisan token. Listrik pintar ini juga sangat praktis diterapkan di rumah kontrakan, kost atau instansi yang tidak terlalu tinggi pemakaian listriknya. Di sinilah peran server seperti Pojok Pulsa nyata manfaatnya, selain proses transaksi yang mudah (agennya dapat ditemui di mana saja asal berjualan pulsa elektrik seperti agen Pojok Pulsa) nominal yang ditawarkan pun lengkap.
Yang terpenting cara mengisi tokennya pun sangat mudah



Maraknya game online mampu mendongkrak pendapatan penjual pulsa elektrik. Konsumennya tidak berbatas pada warnet namun juga pada pemain gamenya langsung.


Selain kedua manfaat tersebut perangkat penjualan pulsa kita dapat memberikan penghasilan tambahan melalui sistem downline, dengan  mendaftarkan orang menjadi reseller Pojok Pulsa sebagai downline kita. Selisih harga pulsa yang kita tetapkan untuk para downline dapat diatur sesuka hati antara Rp. 25,- hingga Rp. 500,- maka margin ini akan menjadi semacam "bonus" bagi kita setiap kali downline melakukan transaksi. Jika kita memiliki lima orang downline dan setiap hari masing-masing downline melakukan sepuluh transaksi setiap hari dapat dibayangkan berapa bonus yang kita terima bukan ?
Lebih jelasnya bisa dipahami di sini

Tertarik menjadi member/agen Pojok Pulsa karena kemudahan yang ditawarkannya ? cara menjadi member pun mudah saja. Hanya cukup mendaftar melalui sms ke salah satu sms center yang dapat kita pilih dari website Pojok Pulsa kemudian mengisi deposit agar bisa melakukan transaksi.



Deposit pulsa yang ditawarkan Pojok Pulsa sangat memudahkan (calon) agen pulsa. Kita bisa memilih sistem tiket (bagi calon agen yang memiliki rekening BCA, BNI, Mandiri) atau sistem manual (melalui BRI).

Praktis dan mudah bukan ? dengan maraknya pertumbuhan teknologi komunikasi, beragamnya gadget dari Android hingga Blackberry menjadi agen pulsa elektrik adalah salah satu cara untuk menambah penghasilan masa kini.


Postingan ini dalam rangka Lomba Blog Pojok Pulsa:

7 comments:

  1. kumpliiit... hihi minder aku postinganku geje kemarin

    ReplyDelete
    Replies
    1. halaaaah sesama bakul pulsa dilarang merendah :D

      Delete
    2. Bakul??? Qiqiqi
      *Bakul kan biasanya diisi jamu terus digendong?*
      :D

      Delete
    3. hihihihi bakoel bakoel , bakulku isi pulsa isi ulang, jamunya diminum dewe hehehhe

      Delete
  2. Benar .. komplit.
    Menarik postingannya mbak. Terstruktur dan ada pengalamannya juga.
    Sukses yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga kita bertiga (dengan mbak Binta) sukses dalam wiraswasta dan juga lomba blog pojok pulsa kali ini mbak Niar :) aamiin

      Delete
  3. Ulasannya sangat inspiratif banget.

    Ndak ikutan ngreview MetroPulsa.Net juga, Sob?

    ReplyDelete