Google+ Followers

Saturday, March 16, 2013

Veronica Ratna Ningrum, Sang Konsultan Marketing Wanita


Konsistensi produksi dan pelayanan, kepercayaan publik terhadap produk adalah syarat utama keberhasilan sebuah perusahaan namun divisi marketing memegang peranan penting dalam kelangsungan hidup sebuah perusahaan. 

Konsultasi marketing adalah bidang jasa yang paling dibutuhkan oleh setiap pebisnis. Sebab, tanpa sentuhan tangan seorang ahli marketing, maka sehebat apapun sebuah produk, niscaya tidak akan sampai secara optimal ke tangan pelanggan. Konsultan marketing tak hanya menerapkan strategi jitu untuk pemasaran produk namun juga bertanggung jawab mempelajari produk pesaing, trend terbaru dan demand pasar hingga menjaga hubungan baik dengan pelanggan.

Jasa konsultasi marketing di Indonesia, hingga saat ini tampaknya masih didominasi oleh pria. Belum banyak wanita yang muncul sebagai konsultan marketing, padahal sebenarnya padahal wanita dengan populasi lebih tinggi daripada pria sangatlah dekat dan paham dengan dunia marketing.

Veronica Ratna Ningrum, adalah seorang konsultan marketing yang reputasinya mulai mencuat dan dikenal dalam dunia bisnis di Indonesia. Kesuksesannya mengantar sejumlah klien dalam menaikkan tingkat penjualan mereka, membuat kehadirannya diperhitungkan dalam kancah bisnis. Sekalipun Veronica baru memulai usahanya di bidang jasa konsultasi marketing di tahun 2006, namun kehandalannya dalam soal strategi marketing tergolong unik dan progresif. Beberapa Bank asing dan lokal yang selama dua tahun ini menggunakan jasanya, menuai sukses  saat meluncurkan programnya.

Sebagai ibu dari satu anak patut diacungi jempol bahwa semangat mudanya masih membara, namun ketika menghadapi klien, Veronica mampu bersikap layaknya seorang profesional atau guru yang sudah lama malang melintang di dunianya. Tidak mengherankan, sebab ia sudah mempelajari bidang marketing sejak lama, bahkan menimba ilmu hingga ke Amerika Serikat.

Sejak kecil, Veronica sudah terlatih mencari uang sendiri dengan cara berdagang dan bisnis kecil-kecilan. Jiwa entrepreneurnya yang berkembang sejak masa Sekolah Dasar menjadi semakin berkembang saat dia menemukan keasyikan tersendiri dalam bidang marketing. Sehingga, sepulang kuliah dari negeri Paman Sam, Veronica memutuskan untuk menerjuni bidang konsultasi marketing secara total.

Veronica menerapkan keahliannya pertama kali pada Vey Katering, sebuah perusahaan jasa boga yang dirintisnya. Dari situ, dia mulai menapak langkah lebih maju dengan menangani sejumlah klien lain di bidang jasa boga. Selanjutnya, ia merambah pada segmen dunia perbankan, yang dulu menjadi titik awal karirnya sebelum menjadi konsultan mandiri.

Tidak muluk sebenarnya mimpi besar Veronica, ia hanya ingin memberi kontribusi secara nyata bagi dunia marketing di Indonesia.

Selain sebagai konsultan, Veronica juga menjadi motivator bisnis. Ia dikenal sebagai pribadi yang total saat memberikan ilmu dan kiat-kiat pemasaran. Tidak hanya berupa konsep, Veronica juga memberikan solusi serta teknik eksekusi yang tepat terhadap setiap masalah yang dihadapi oleh kliennya. Dengan totalitasnya, tidak heran jika kliennya merasa puas dengan jasa Veronica, dan kepiawaiannya mulai tersebar dari mulut ke mulut. Satu demi satu klien berdatangan, dan Veronica semakin mantap menempatkan dirinya dalam jajaran konsultan marketing.

“Veronica orangnya gesit dan tidak pernah lelah. Dia pebisnis yang selalu mencari cara untuk mendapatkan solusi pada setiap persoalan. Karakter ini sangat baik untuk bisnis yang dia jalankan.” 
(Kemal, Investor)




No comments:

Post a Comment