Google+ Followers

Sunday, March 24, 2013

The Ten Marketing Commands ala Veronica Ratna Ningrum

Mewujudkan impian diperlukan langkah-langkah konseptual agar mimpi mampu menjadi kenyataan. Kesuksesan sebuah perusahaan juga tak kan teraih dengan satu gosokan pada lampu wasiat berharap keajaiban. Marketing sebagai ujung tombak perusahaan memegang peranan penting. Betapapun dibutuhkannya sebuah produk atau jasa dalam kehidupan tanpa strategi pemasaran yang jitu, dapat menyebabkan perusahaan tak mampu melangkah maju.

Jika kisah Nabi Musa terkenal dengan the 10 commandments maka Veronica Ratna Ningrum memegang teguh 10 Tips Cerdas Marketing untuk membuat bisnis menjadi kukuh.

Jadilah MATA-MATA * Perlakukan CUSTOMER sebagai RAJA * Jadilah EKSEKUTOR * Pertajam INTUISI * Lakukan SURVEI PASAR * Lakukan SURVEI KOMPETITOR * Ciptakan PEMASAR BAYANGAN *Telurkan INOVASI *Jadikan mereka KONSUMEN LOYAL * Berikan EVALUASI


1. Be a SPY, Jadilah MATA-MATA. Seorang pelaku marketing harus mengetahui kondisi dan kebutuhan pasar. Menurut Veronica menjadi mata-mata pasar dengan lebih memahami kebutuhan pasar menjadi penuntun kesuksesan marketing Anda. Jika seorang pelaku marketing tidak memedulikan kebutuhan pasar, maka sama dengan mencari kepuasan pada diri sendiri, tidak akan membawa keuntungan buat usahanya.

2. Treat CUSTOMER as a KING. Perlakukan CUSTOMER sebagai RAJA. Tampaknya seperti sebuah slogan kuno. Namun menurut Veronica, customer-lah yang akan menentukan kesuksesan sebuah usaha. Bisa dibayangkan ketika seorang customer kecewa dengan pelayanan kita, kemudian menyampaikan kekecewaaannya kepada khalayak, maka citra perusahaan akan jatuh. Belum lagi kehilangan pelanggan, akan menjadi masalah yang serius bagi kelangsungan sebuah bisnis.

3. Be an EXECUTOR. Jadilah EKSEKUTOR. Menurut Veronica, seorang pelaku marketing harus mampu menjadi eksekutor. Eksekutor tidak sekedar membuat sebuah keputusan, melainkan melakukan sebuah analisis mengenai suatu keputusan yang akan dilakukan.

4. INTUITIF. Pertajam INTUISI. Pelaku marketing harus memiliki ketajaman intuisi. Dengan ketajaman intuisi, seorang pelaku marketing tahu bagaimana akan berbuat, bagaimana melakukan sebuah program agar bisa sukses, dan bagaimana memuaskan klien.

5. MARKET SURVEY. Lakukan SURVEI PASAR. Survei pasar menjadi salah satu bagian paling penting dalam dunia marketing. Dalam melakukan survey pasar, sertakan pula survey tentang tingkat kepuasan konsumen, pendapat konsumen mengenai produk kita, pendapat konsumen mengenai kualitas layanan dari perusahaan kita. Semua itu bermanfaat sebagai bahan evaluasi marketing serta untuk mencari formula terbaik guna membidik pasar yang potensial.

6. COMPETITOR SURVEY. Lakukan SURVEI KOMPETITOR. Terkadang seorang pemilik usaha lupa bahwa di luar usaha yang diciptakannya, terdapat kompetitor atau pesaing. Dengan melakukan survey, kita dapat menciptakan keunikan atau kelebihan bisnis kita agar tampil berbeda dari pesaing. Menerapkan harga yang bersaing, menaikkan sisi nilai tambah produk, atau memperbaiki kemasan, adalah beberapa trik untuk menciptakan keunikan produk serta menjaring minat konsumen.

7. Create GHOST MARKETING. Ciptakan PEMASAR BAYANGAN. Pemasar bayangan ini akan mempromosikan kehadiran produk kita secara tidak langsung, dan menciptakan kesan positif dari produk tersebut, sehingga massa mengenali produk kita.

8. INOVATIF. Telurkan INOVASI. Lakukan dan buatlah selalu inovasi pemasaran. Inovasi dalam strategi pemasaran sangat menunjang kesuksesan bisnis.

9. Keep LOYAL CONSUMER. Jadikan mereka KONSUMEN LOYAL. Memelihara customer seperti raja tak hanya berhenti saat memberikan pelayanan ketika mereka membutuhkan jasa/produk kita. Namun menjaga relationship dengan mendengarkan pendapat mereka, menyediakan solusi bagi kebutuhannya dan senantiasa memberikan layanan terbaik dapat membuat customer akan betah dan tidak akan berpindah ke lain hati.

10. EVALUATE. Berikan EVALUASI. Layaknya siswa sekolah menerima raport begitupun jalannya usaha, evaluasi selalu diperlakukan untuk mempertimbangkan hal-hal yang perlu dipertahankan atau dibutuhkan pembaharuan. Jika Anda bekerja dalam tim, maka berikanlah masukan kepada tim produksi atau penyedia barang dan jasa, agar kualitas produk yang dijual dapat terus meningkat.

Sebagai Woman Marketer, Veronica Ratna Ningrum berhasil membuktikan, bahwa 10 Tips Cerdas Marketing dengan sentuhan kreatif wanita mampu memberi warna lain dalam pemasaran produk. Ia tak hanya pribadi yang luar biasa, menarik, smart dan fokus namun juga memegang teguh commitment dan client relation merancang suatu konsep strategi pemasaran. Perpaduan ini mengantarnya menjadi seorang Woman Marketer Indonesia yang mulai diperhitungkan.

Menjadikan seluruh client sebagai partner, teman, dan rekan kerjasama bisnis yang menyenangkan adalah kunci sukses dari Veronica. 
(Aldi Ferdian – Chief of Marketing Vizwerk)




1 comment:

  1. kunjungan perdana..

    blog dan tutornya sangat menarik..

    oy blognya sudah saya follow, ditunggu juga ya folbacknya :)

    ReplyDelete