Google+ Followers

Friday, March 1, 2013

Solusi Cerdas Mengatasi Anak Susah Makan

Dulu, saat melihat anak-anak yang sebaya dengan Rafif dan Raditya tumbuh subur badannya saya merasa sedih sekali, saya heran dua anak saya ini tergolong picky eater. Menu favorit anak saya hanya ayam goreng tepung dan nugget, sayur ? pasti jawabnya "Mama aku ogah makan sayur, ngga ada rasanya". Padahal sayur dan buah adalah jenis makanan yang memenuhi kebutuhan vitamin sekaligus sehat untuk pencernaan. Saya memang tak terlalu pandai memasak seperti Farah Quinn. Tetapi sebagai ibu mesti kreatif menemukan solusi cerdas untuk mengatasi kemauan anak yang pilih-pilih menu, bagaimanapun gizi seimbang mesti terpenuhi dalam menu yang dikonsumsi anak-anak.

Memaksa mereka melahap sayur, hasilnya nihil bisa-bisa malah mogok makan, salah satu jalan adalah mengolah menu favorit anak dikombinasikan dengan sayuran. Ini dia kisah memasak nasi goreng jawa tabur wortel cincang tipis-tipis yang dihias telur mata sapi dan nugget kesukaan mereka.


Tak lupa berceloteh tentang dongeng rekaan sendiri untuk menarik perhatian mereka.

"Inilah kisah tentang si Putri Wortel dan Pangeran Nuggie, mereka bersahabat di negeri antah berantah, suatu hari negeri mereka diserang wabah penyakit mata, satu-satunya jalan selain mencari obat yang tepat para penduduk harus  banyak makan wortel. Maka Putri Wortel dan Pangeran Nuggie pun bekerjasama membudidayakan tanaman wortel, mengajak para penduduk makan wortel yang buanyaak demi melawan wabah yang semakin meluas, akhirnya negeri mereka terbebas dari penyakit yang mengerikan".

Itu pun saya masih harus menuai kritikan "Mama kenapa telinga dan rambutnya sama, lebih bagus pakai nugget yang bentuk keriting"
"Ok tentu lain kali Mama membuat yang berbeda, tapi janji kalian mau memakannya dan tahukah kalian bahwa Putri Wortel dan Pangeran Nuggie juga memiliki senjata pamungkas yang sangat sakti"
"Oooo yaaa apa itu Ma," seru mereka nyaris berbarengan.
"Itulah Seven Seas  multivitamin yang berasal dari minyak hati ikan Cod, mengandung DHA dan Omega-3 serta vitamin A dan D"
"Wuaah apa pula khasiatnya"
"DHA dan Omega-3 itu baik untuk kesehatan otak agar anak-anak bisa tumbuh cerdas, vitamin A tentu membantu kesehatan mata, meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit dan vitamin D nya baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi"
"Hebat ...hebat...sekali Seven Seas ya Ma"
"Makanya yuk makan sayur dan minum Seven Seas, kan rasanya juga enak, dicampur sama sari jeruk"
"Benar Ma, kalau aku dan Radit tumbuh cerdas nanti diterima kerja di pabrik Seven Seas terus bisa membuat Seven Seas rasa nugget".

Suasana makan pun menjadi lebih ceria


Menyisipkan dongeng saat makan tenyata merupakan salah satu solusi cerdas untuk menarik perhatian si picky eater, kalaupun asupan sayur dan buah masih dirasa kurang, zaman sekarang tersedia Seven Seas, multivitamin yang sangat bagus untuk tercukupinya gizi seimbang  bagi pertumbuhan anak secara optimal.


4 comments:

  1. Cara terbaik yang terlupakan untuk meningkatkan kecerdasan seseorang adalah:
    1. membaca al qur'an
    2. makan buah pears
    3. minum air zamzam dengan diikuti niat

    yang lainnya agak lupa.

    *oh ya sob, cuma mau mengingatkan aja. Janji adalah hutang, meskipun itu insyaallah. kalau bisa memenuhinya kenapa nggak dipenuhi. kenapa akun facebookku kamu blokir.

    facebooku yang tanya tentang cloap kemarin. pasti tahu kan?
    Bukan begitu caranya berbisnis online. Sesama blogger justru harus saling kerjasama, supaya nggak jadi bahan penipuan afiliasi nakal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Hadi, maaf ya tapi saya tidak merasa memblokir siapapun di FB, apalagi mas bukan teman FB saya, informasi aja blokir komen dan inbox itu bisa dari Facebooknya sendiri krn dianggap orang tersebut dianggap spammer :)

      Delete
  2. nah ini info yang lagi saya car, terimakasih ya infonya .... anak saya ih susah sangat kalau di suruh makan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, terimakasih jika bisa membantu mas Yono :)

      Delete