catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Pentingnya Menjaga Akhlak Dalam Islam

Kultum Masjid Al Ukhuwwah 14 Maret 2015

Islam tak hanya mengajarkan tata cara beribadah namun juga ibadah yang berupa muamalah, yaitu berinteraksi dengan lingkungan di luar dirinya.
Akhlak adalah ponasi terbesar untuk bermuamalah. Akhlak dalam Islam ada dua yang berfungsi layaknya dua sisi mata uang, tak terpisahkan yaitu:

1. Akhlak kepada Allah - Hablum Minallah
akhlak kepada Allah adalah bagaimana menjaga hubungan dengan Allah yaitu dengan menjaga keimanan dan memurnikan niat beribadah apapun bentuknya demi Allah semata

2. Akhlak kepada sesama manusia - Hablum Minanaas.
Termasuk dalam hablum minanaas adalah cara memperlakukan orang tua, anggota keluarga dan tetangga. 
Taat kepada orangtua wajib hukumnya, kecuali orangtua mengajak bermaksiat atua berbuat syirik, menolaknya pun harus dengan lembut. Bertetangga seharusnya sebaik mungkin memperlakukan para tetangga. Sebab dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Buchori, Rasulullah menegaskan bahwa tidak dikatakan orang beriman jika dalam keseharian tetangganya selalu merasa terganggu oleh kehadirannya (bisa karena perkataannya yang kasar, suka mencaci dan kebiasaan buruk lainny)

seringkali orang lebih mengutamakan hablum minallah, lupa hablum minanaasnya. Lebih parah lagi banyak orang baik tapi sayangnya tidak pernah beribadah maghdhoh. Mudah-mudahan kita tergolong umat yang mampu berhablum minallah dan hablum minaas meski kesempurnaan tak akan pernah tercapai setidaknya selalu berupaya sebaik-baiknya mencontoh perilaku Nabi, Rasulullah SAW.

Share:

No comments:

Post a Comment

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.