Google+ Followers

Wednesday, March 25, 2015

Apa Sih Arti Ngeblog Buatmu ?

Pertanyaan ini pasti memberikan jawaban beragam, sama seperti pertanyaan : apa sih arti menikah buatmu ?, mengapa kita harus bersekolah ? dan lain dan sebagainya.

Kenapa saya menulis seperti ini ? nah ini banyak juga jawabnya. Mungkin karena saya lagi bingung mo cari tema ngisi blog hari ini, bisa karena saya emang lagi ga ada kerjaan dan paling masuk akal sih karena heboh-heboh blogger copas. 

Soal copas mengcopas di dunia maya saya benar-benar kaget pertama kali ngerti. Karena minim buku dan pengetahuan sebagai penunjang artikel / konten yang harus saya tulis dan diserahkan sesuai DL dari agency naskah maka browsing alias googling adalah hal paling mudah. Saya cukup beruntung menjadi freelance writer di agency naskah yang say BIG NO to PLAGIASME dan COPAS. Biarpun artikel ribuan masuk ke data base mereka selalu di cross check lagi via mesin pencari tertentu untuk menemukan indikasi plagiasi atau tidak. Nah dari browsing inilah tampak banyak sekali artikel sampai titik komanya sama tapi di blog yang berbeda-beda.

Jadi apa arti ngeblog buatmu jika isi blog saja ogah pakai kata dan kalimat sendiri ?. Buat saya sendiri ngeblog itu adalah sarana untuk :

1. Eksis dan narsis. Xixixixi....ladang eksis dan narsis paling "aman" ya di blog sendiri. Mo upload foto hadiah ngelomba is fine-fine ajah, ngga khawatir dikotori riya' (siapa juga yang mo saya pamerin), ngga khawatir bikin orang lain jadi iri kan yang nyambangin blog saya jarang banget, ngga sampe ribuan kok per hari hahahaha. Saya bisa nulis apa aja termasuk resiko tulisan saya dicopas tanpa izin :D

2. Dapetin duit dan hadiah. Nah ini ngga jauh-jauh dari tujuan awal saya ngeblog. Hahaha. Ngaku deh, pengennya jago nulis trus sering banget menang lomba nulis, nyatanya ? ya sudahlah. Terakhir menang lomba blog kalau ngga salah tiga tahun lalu, itu pun di blog rame-rame, bukan blog yang ini xixixix. Makanya pas menang Give Away Review Mommlylicious_ID tempo hari itu rasanya seneng pakai bangetts

3. Biar keren. Hah?. Swear deh, denger sebutan blogger itu rasanya keren bo'. Rasanya kok saya berhasil mengisi waktu luang dengan hal-hal bermanfaat seperti nulis :D. Seneng lo kalau pas ada yang blogwalking dan bilang terimakasih karena mendapat info yang bermanfaat. (Nah yang gitu aja seneng apalagi kalau ada yang nawarin job review dan pasang iklan ya xixixi).

Bicara soal pendapatan blog, saya memang pernah punya cita-cita blog saya ini menghasilkan pundi-pundi baik berupa iklan maupun job review. Tapi pas pernah blogwalking nemu iklan gak pantas di blog teman padahal teman-teman ini tergolong blogger santun saya jadi bersyukur owh, ternyata blog yang dipasang iklan itu ga ada filternya yah, kita ga boleh pilih iklan apa gitu yang bisa dipasang ? macam saya pengennya cuma iklan cemilan doang yang boleh lewat hehehe.

Masalah kedua : job review. Diitung-itung job review yang dibayar baru tiga kali deh ya. Dua review buku dan satu job yang masih gres masalah kesehatan. Kayaknya asik yah nge-job review, pengen lebih sering dapat job deh biar ga bingung ide buat update blog dan ga bingung mikir darimana asap dapur mengepul xixixi...

Nah balik soal copas mengcopas, kalau tujuan ngeblog melulu buat materi fine-fine aja bo' tapi ya masa cara memperoleh materinya dianggap fine-fine ajah, selain malu kalau ketangkep basah nge-copas melulu trus apa arti eksistensi kalau tak punya rasa percaya diri. Sejelek-jelek tulisan sendiri setidaknya kepala tetap tegak, kalau nyandar itu namanya ngantuk. Sebagus-bagus tulisan kalau dapatnya nyopet tanpa dipikir ulang dan recycle trus bangganya ditaruh di mana ? bukannya jauh dari lubuk hati ngakuin kalau tulisannya itu 100% atau sekian persen copas ? lalu siapa yang hebat?

Trus saya mikir juga : antara copas dan terinspirasi itu beda ya ? kalau "copas" bener-bener 100% sama, kalau "terinspirasi" itu bisa saja menulis cerita tentang penyebab meninggalnya ayah sampai kalimat "ngga ada tempat terapi" pun menjadi sebuah tulisan untuk Give Away yang sama ? :D. Ah sudahlah, yang penting niatnya menulis untuk sebuah kebaikan semoga mendapat kebaikan pula sebagai ganjaran, baik di dunia maupun di dunia keabadian :). 

Eh entahlah, ternyata tema update blog bisa saja dari "ceracau" ngga jelas :) . Ok lah be your self, enjoy the process banyak hal yang bisa ditangkap dan menjadi tema tulisan jadi mengapa harus sekedar ikut-ikutan ?

4 comments:

  1. Aku ngebloh adalah untuk menulis apa saja, ahahahaa...
    Btw, md Dwi blognya masih alami banget, xixixiiiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha kak Ecky mah jagonya nulis ....tulisannya bisa sepanjang kereta api langsir xixixi ya Kaka' saya enggak pinter otak-atik rumah maya. Khawatir malah kebingungan sendiri hahaha ....toh jarang ada tamu kemari :D

      Delete
  2. aku dulu ngeblog karena pengin ceritaku dibaca sama temen, as zaman2 fs dulu ngeblognya masih amatiran :D trus pindah2 terus dari fs ke multiply, ke wp, sampe blogspot. dulu rasanya seneng banget kalo bisa tuker2an cerita sama temen lain yang ada di luar kota. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. haaa asiik juga ya Ila, sharing is caring that's the reason why we are blogging :)

      Delete