catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Pilihan Menu Sahur Praktis

Resep menu sahur praktis menjadi salah satu pembahasan utama di bulan puasa. Makan sahur merupakan aktivitas khusus saat berpuasa yang penuh berkah. Waktu sahur adalah saat mustajabahnya doa dan membedakan puasanya orang muslim dengan umat lainnya, maka Rasulullah pun mengingatkan umat muslim agar tidak mengabaikan waktu sahur. 

Agar bisa menunaikan makan sahur dengan nyaman, resep menu sahur praktis patut dipertimbangkan. Alasannya, pertama, waktu yang dibutuhkan untuk menyiapkan menu sahur cukup terbatas. Bangun dini hari tentu kurang memungkinkan untuk memasak masakan yang ribet. Kedua, menu praktis biasanya lebih disukai, sebab kebanyakan orang memilih porsi kecil dan ringan saat santap sahur.

Keuntungan Menyiapkan Menu Sahur Praktis

Apa sih untungnya menyiapkan menu sahur praktis di rumah? Banyak dong manfaatnya, antara lain:
1. Menghemat waktu dan tenaga
Berpuasa membutuhkan tenaga extra. Setiap detik di bulan Ramadan sangat berharga, sayang jika waktu habis untuk menyiapkan makanan, meski menyiapkan makanan bagi yang sahur dan berbuka juga mendapat pahala. Dengan menyiapkan menu sahur praktis di rumah, waktu memasak bisa lebih pendek dan malam atau dini hari bisa dioptimalkan untuk mendirikan sholat malam atau tadarrus Al Qur'an.
2. Mengikuti selera keluarga
Menyiapkan menu sahur praktis di rumah membantu anggota keluarga yang santap sahur untuk menikmati menu sesuai seleranya tanpa harus mencari restoran yang buka 24 jam. 

3. Menghemat anggaran
Anggaran belanja di bulan Ramadan biasanya lebih besar dibandingkan bulan-bulan lainnya. Hal ini disebabkan karena menyiapkan takjil ubtuk berbuka puasa lazimnya membutuhkan dana esktra. Agar keuangan keluarga tidak semakin boros maka memasan menu sahur praktis adalah solusi terbaik untuk menyajikan makanan sehat bagi keluarga.
Menu Sahur Prakatis, Salad by Pixabay (Daria)


Pilihan Menu Sahur Praktis


Apa saja jenis menu sahur praktis?

Beberapa hidangan ini bisa dipertimbangkan karena proses memasaknya cepat, bahannya ekonomis dan rasanya lezat : 

1. Aneka Tumis

Aneka tumis adalah pilihan tepat untuk menu sahur praktis. Tumis taoge dengan tofu, tumis sawi putih dengan ayam, tumis jamur shitake enak disantap hangat saat sahur. Bergizi tinggi dan rasanya lezat.

2. Protein Nabati

Tahu tempe goreng dengan sambal kecap. Atau jamur crispy dengan bihun jagung bisa dipilih sebagai menu sahur praktis. Tidak butuh waktu lama untuk memasak, aromanya menerbitkan selera.

3. Jus dan salad buah

Bagi yang sedang diet mengurangi karbohidrat, sahur dengan kurma dan jus atau salad buah adalah solusi terbaik. 

4. Sambal dan lalapan

Lalap terong atau kacang panjang dan mentimun untuk menemani sambal dengan nasi dan lauk yang digoreng adalah menu sahur praktis yang lezat dan ekonomis. 

Wow pilihan menunya tampak lezat dan menggiurkan. Kalian pilih yang mana nih menu sahur praktis hari ini?

Share:

No comments:

Post a Comment

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.