catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Tempat Wisata Religi Favorit di Indonesia

Ramadan identik dengan hal-hal bersinggungan dengan religi secara intensif, mulai dari lagu-lagu hingga tempat wisata. Bagi yang hobi jalan-jalan, saat Ramadan mungkin fokusnya ke berbagai wisata religi agar rekreasinya ada nilai plus yang menambah tabungan pahala, jalan-jalannya dapet, cuci mata biar nggak sepet dan insyaallah pahala juga dikumpulin sat set.

Jika ditanya tempat wisata religi favorit di Indonesia, jawaban saya adalah Masjid Al Akbar Surabaya. Sejak anak-anak masih kanak-kanak hingga kini sudah remaja, rasanya tiap Ramadan nggak afdol kalau nggak sempat menikmati suasana bulan puasa di Masjid Al Akbar Surabaya.

Masjid Al Akbar, Surabaya, Dokpri

Mengapa memilih masjid Al Akbar ?

1. Lokasinya tidak terlalu jauh dari rumah

Meski rumah kami di Sidoarjo tetapi secara jarak Masjid Al Akbar lebih dekat dari rumah dibandingkan masjid Jami' Sidoarjo. Kok bisa? Ya, rumah kami di Sidoarjo yang lebih dekat dengan Surabaya bagian selatan di lokasi Masjid Al Akbar. Kemarin, kami menyempatkan ngabuburit ke Masjid Al Akbar. Berangkat dari rumah jam 16.15 sampai di masjid sekitar jam 16.30. 15-29 menit sampailah di Masjid Al Akbar dengan mengendarai motor.

2. Banyak pilihan ngabuburit

Selama Ramadan, pihak Dewan Takmir Masjid Al Akbar menyediakan tempat khusus bagi pebisnis, UMKM untuk menggelar lapak. Festival Ramadan Masjid Al Akbar digelar di tanah lapang di seberang masjid sehingga tidak mengganggu lalu lintas. Dahulu waktu anak-anak masih kecil Festival Ramadan ini digelar di jalanan di depan masjid sehingga jalan tersebut ditutup khusus untuk bazaar Ramadan, bagusnya sekarang masjid sudah menyediakan tempat khusus. Jalanan masih ditutup sebagian kecil sih, tetapi untuk tempat parkir yang dikelola warga. Mungkin untuk mempermudah orang yang ingin berkunjung ke Festival Ramadan agar tidak berjalan cukp jauh dari tempat parkir di dalam masjid ke area Festival Ramadan. Tapi kami memilih parkir di area parkir masjid agar lebih nyaman dan aman. 


3. Acara religi untuk ngabuburit bermanfaat

Masjid Al Akbar selalu mengadakan acara bermanfaat di saat menjelang waktu berbuka puasa. Di area dalam masjid ada kajian khusus mulai bada Ashar hingga menjelang waktu berbuka. Tahun 2024 ini ada kajian Gen Z yang jamaahnya didominasi anak-anak muda Gen Z. Kajiannya juga berkaitan dengan ghirah anak muda dalam berdakwah dan berjuang dalam hidup. Bagus nih, kemarin tema kajiannya tentang bangkit dari kegagalan. Ustadznya menegaskan bahwa "kegagalan itu mindset manusia, sebab Allah Maha Tahu yang Terbaik Bagi HambaNya"
Kajian Gen Z di Masjid Al Akbar, Dokpri
4. Akses mudah untuk kuliner berbuka puasa

Alhamdulillah di sekitar Masjid Al Akbar Surabaya mudah banget menemukan tempat berbuka yang representatif. Bagi yang berkantong tebal atau ingin merasakan vibes berbuka puasa di restoran yang cozy di dekat Masjid Al Akbar ada Restoran Agis, kemarin sempat lihat spanduk tawaran All You Can Eat sekian puluh ribu per orang, tapi kami nggak ke sanalah hehehe. Di Festival Ramadan ada lapak-lapak kuliner, si ayah dan anak-anak pilih ayam geprek perporsi 12 ribuan. Saya malah berbuka dengan nasi dari masjid yang disediakan bagi yang ikut kajian, Alhamdulillah nikmat seporsi nasi pulen, ayam kare, tahu dan tempe plus sambal. bagi yang ingin kulineran berbagai pilihan di seberang masjid juga ada food court yang lumayan bersih dan nyaman.

5. Suasana yang indah

Masjid Al Akbar cukup terkenal dengan bentuk arsitekturnya yang indah. Ornamen di dalam masjid bagusss banget, di halaman masjid dipenuhi pepohonan rindang sehingga membuat nyaman. Eh ada air mancurnya pula, teduh duduk-duduk di sekitar situ sambil menanti waktu berbuka atau menunggu waktu Isya dan tarawih jika ingin lanjut berdiam di masjid usai Maghrib.

Tempat wisata religi favorit di Indonesia bagi kami tentulah masjid. Setidaknya ada masjid yang menduduki tempat istimewa di hati : masjid Al Ukhuwwah di perumahan tempat kami tinggal, masjid Al Akbar dan Masjid Jogokariyan (padahal baru sekali pernah kami kunjungi)



Share:

No comments:

Post a Comment

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.