catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Serunya Berburu Takjil Ramadan

Tiktok lagi ramai komentar-komentar lucu tentang perang takjil ramadan antara muslim dan nonis. Lucu-lucu baca komentarnya. Ngakak baca komen "Yang nonis udah borong takjil enak-enak di jam 3, aku kebagian risoles yang sudah patah pinggang" Nggak kalah lucu ada yang komen "Usul ah, kalau beli takjil harus setor KTP dulu" Ada benarnya yang komen "Yang nonis udah berburu takjil sejak jam 3, itu jam-jam kritisnya kita" Haha seru banget ya kegiatan berburu takjil di bulan puasa.

Bulan Ramadan emang beda. Kemeriahannya terasa oleh berbagai tradisi di segala penjuru dunia. Tak ketinggalan tradisi di Indonesia dengan munculnya bazaar Ramadan dan pusat takjil. Ramadan memang membawa berkah, karena menyambut saat berbuka puasa biasa diawali dengan makan makanan ringan, maka bermunculanlah pedagang takjil dadakan yang terkadang berkumpul di pasar atau sentra jajanan.

Keberadaan pasar takjil ramadan ini sangat membantu umat muslim yang butuh belanja takjil karena tak sempat menyiapkan sendiri. Harapannya dengan belanja takjil dan tidak memasaknya sendiri kita punya waktu luang untuk lebih fokus beribadah dan bekerja. Bagi para pedagang dadakan, berjualan takjil bisa menjadi sumber mata pencaharian. Apalagi bagi yang biasa berjualan makanan di hari-hari selain Ramadan, mereka tentu butuh tetap dapat penghasilan. Menggeser waktu dagangan dari pagi-siang ke sore menjelang waktu berbuka puasa sangat membantu agar para pedagang makanan tidak kehilangan pendapatan.

Begitu pula halnya para pedagang makanan, UMKM kecil-kecilan di perumahan kami. Beberapa di antaranya biasa berjualan makanan untuk persiapan sarapan, dititipkan ke warung-warung kecil. Maka pihak Dewan Takmir Masjid Al Ukhuwwah di perumahan berinisiatif memberikan ruang bagi para penggiat UMKM kuliner di perumahan untuk tetap mendapatkan penghasilan dengan berjualan takjil.

Sejak tahun 2023 Masjid Al Ukhuwwah mengadakan Bazaar Ramadan yang memfasilitasi warga perumahan yang bermata pencaharian sebagai pedagang makanan dan minuman. Pihak masjid menyediakan tenda dan meja untuk menggelar dagangan secara nyaman. Fasilitas ini diberikan secara cuma-cuma.

Tahun 2023 Bazaar Ramadan perumahan digelar di jalan perumahan di bagian utara masjid. Tahun 2024 ini bazaar ramadan digelar di pintu masuk perumahan. Harapannya dengan lokasi yang lebih terbuka maka konsumen tidak terbatas pada masyarakat warga perumahan saja. Di tempat yang lebih terbuka dan dekat jalan raya akan mengundang masyarakat umum yang lalu lalang.



Produk-produk UMKM yang dijajakan di Bazaar Ramadan perumahan sangat beragam. Minuman segar seperti es coklat, es campur, es serut, puding sedot, jus buah dijual dengan harga mulai 3 ribuan. Jajanan takjil ramadan berupa kue-kue lebih beragam lagi. Aneka gorengan hingga dimsum, kue-kue tradisional hingga Korean food dapat dibeli dengan harga mulai dua ribuan. Bagi yang tidak sempat memasak juga bisa membeli bermacam-macam lauk pauk dan sayur di bazaar ramadan. 

Ingin belanja takjil ramadan ? datang yuk ke Perumahan Permata Sukodono Raya, Sidoarjo

Share:

No comments:

Post a Comment

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.