catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Ngabuburit Ramadan

Ramadan tak bisa dipisahkan dengan ngabuburit. Ngabuburit berasal dari bahasa Sunda dan dapat diartikan sebagai kegiatan menanti saatnya berbuka puasa. Meski waktu puasa sepanjang saat terbit fajar atau adzan subuh hingga matahari terbenam ketika adzan Maghrib, ngabuburit lebih ditekankan pada waktu bada ashar hingga menjelang adzan Maghrib.

Waktu seusai Ashar hingga Maghrib adalah "saat-saat kritis" ketika berpuasa Ramadan, begitu kata netizen. Kalori dan energi tubuh telah banyak terkuras oleh aktivitas seharian. Maka sore hari tuh saat lemes-lemesnya, tapi kalau udah dekat banget ke adzan Maghrib, sekitar satu hingga setengah jam yang dihabiskan dengan ngabuburit nah tuh pada balik seger lagi karena semangat menyambut waktu berbuka puasa. 

Ngabuburit Ramadan, Sumber Pixabay (Konavi)


Hal-hal yang sebaiknya diperhatikan saat memilih kegiatan ngabuburit Ramadan:

1. Kegiatan ada nilai plusnya

Ngga sembarangan ngabuburit dong. Pilih kegiatan yang ada nilai plusnya. Misalnya ikut pengajian di masjid raya kan enak tuh biasanya selain pembicaranya keren-keren, dakwahnya enak didengar plus takjil udah disediain masjid. Atau ngabuburit sambil mantai menikmati senja? bisa, ada kok pantai yang dekat dengan masjid sekalian nunggu Maghrib. Pantai Padang di Sumatera Barat misalnya, ada Masjid Al Hakim yang dicat serba putih itu berdiri megah di bibir pantai.

2. Tidak membatalkan pahala puasa

Duh ya jangan sampai pilih aktivitas ngabuburit Ramadan yang berpotensi membatalkan atau mengurangi pahala puasa. Puasanya sih gakk batal tapi pahalanya berkurang bisa-bisa cuma dapat lapar dan dahaga doang. Misalnya nih kongkow, ngobrol di cafe ala-ala arisan atau gaul tapi sambil ghibah dan tebar fitnah. Astaghfirullah ukhty. Mending kongkow di perpustakaan deh kan pasti dilarang berisik. Atau maunya nonton film tapi lhadalah ada adegan gak disensor XXX wadaaw udah jijay pahala puasa pun terancam karena mata dipakai melihat hal tak sepantasnya, bisa pengaruh ke pikiran dan mental pula. Udah deh nonton kartun Upin Ipin aja mending ada pelajaran agamanya.

3. Perhatikan lokasi untuk sholat Maghrib

Dimana nih ngabuburit Ramadan yang nyaman? jangan hanya nyari tempat makan yang enak tapi juga perhatikan tempat makannya ada disediakan tempat sholat yang bersih nggak, atau minimal temapt makan itu nggak jauh dari masjid atau mushola buat mendirikan sholat Maghrib. Kan nggak lucu kalau asyik makan enak pas buka puasa, giliran mau sholat Maghrib kebingungan karena jauh dari mana-mana, ga ada tempat wudhu apalagi mushola. Emangnya mau dijamak? Padahal bukan perjalanan kemana-mana, cuma makan doang.

4. Keamanan dan kenyamanan

Hee ya jangan lupa pilih tempat ngabuburit Ramadan yang nyaman dan aman ya. Kalaupun ada kafe atau pasar malam yang konon rame, tapi kalau akses menuju daerah situ kawasan gelap dan sering terjadi tindak kriminalitas mending jangan deh. Sayangi nyawa, sayangi keselamatan, mending cari tempat lain yang lebih aman dan nyaman. Gak usah gambling dah kalau masalah keselamatan. Masih banyak kok tempat menarik lain yang bisa dipilih buat menghabiskan waktu menunggu saatnya berbuka puasa

Itu sih beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih aktivitas ngabuburit Ramadan. Kalau kalian gimana?

Share:

No comments:

Post a Comment

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.