catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Jajanan Khas Ramadan Yang Bikin Ketagihan

Ramadan bulan penuh keberkahan. Pahala-pahala dilipatgandakan, orang-orang berpacu untuk berbuat kebaikan. Serunya Ramadan, menggerakan perekonomian dengan aneka perdagangan yang hanya ada di bulan puasa, jajanan khas Ramadan salah satunya. 

Alhamdulillah, berkat adanya internet para pedagang takjil bisa meniru resep-resep jajanan khas Ramadan se-antero nusantara dan dijual di pasar-pasar tradisional, di pusat kuliner dan pasar takjil. Begitu enaknya jajanan Ramadan ini tak jarang membuat ketagihan. Bahkan meski tak di bulan Ramadan kalau kangen rela mencari hingga ke sudut-sudut kota.

Apa aja nih jajanan khas Ramadan yang bikin ketagihan?

1. Es Palu Butung

Es Palu Butung ini sajian khas Makasar. Terkadang orang menyebutnya es pisang ijo sebab makanan ringan ini didominasi warna hijau dari irisan pisang yang berselimut lapisan tepung berwarna hijau. Di sebagian daerah di Pulau Jawa, Es Palu Butung lazim ditemui saat bulan Ramadan menjelang waktu berbuka puasa. Satu porsi es kebanggaan masyarakat Sulawesi komplit dengan bubur sumsum dan kuah santan nan gurih ini mampu mengusir dahaga sekaligus memberikan rasa kenyang. Cobain deh bagi yang belum pernah mencoba.

2. Kolak kacang hijau

Kolak kacang hijau adalah makanan khas yang biasa dinikmati sebagai takjil atau camilan buka puasa. Kolak kacang hijau tidak hanya berisi kacang hijau lembut, potongan pisang, ubi, buah labu, singkong menjadikan kolak makin menggiurkan untuk disantap saat berbuka puasa.

3. Es (sop) buah

Kalau ingin menikmati es buah atau sop buah tak harus menunggu bulan Ramadan sih ya. Tetapi menikmati sop buah saat buka puasa rasanya memang lain daripada hari-hari biasanya. Apalagi isi sop buahnya komplit seperti irisan apel, pir, semangka, pepaya, melon, buah naga, ditambah kolang-kaling, kurma dan agar-agar atau puding. Hidangan kaya serat dan segar ini menjadi jajanan khas Ramadan favorit karena sehat dan bergizi.



3. Aneka jajanan gorengan

Konon jajanan khas Ramadan yang tidak boleh ditinggalkan adalah aneka macam gorengan. Beberapa gorengan lezat yang cocok dinikmati saat berbuka puasa adalah

a. Pisang goreng pasir

Pisang goreng pasir yang legit dan crispy menjadi pilihan menu berbuka yang seru dan pas dinikmati bersama keluarga. Sensasi "pasir" dari tepung panir dan gula pasir membuat siapa pun yang pernah mencicipinya jadi ketagihan.

b. Tahu brontak atau tahu fantasi

Disebut tahu brontak sebab isiannya seolah ingin memberontak keluar. Tahu yang dikerok isinya lalu ditambahkan irisan wortel, kubis, kecambah dan dilapisi kocokan telur serta sedikit tepung ini cukup lengkap nutrisinya, protein nabati, protein hewani sekaligus karbohidrat dalam satu sajian.

c. Risoles

Risoles adalah makanan ringan yang terbuat dari lapisan tepung yang digiling seperti dadar dan ditambahkan isian rogut (cacahan wortel, kentang, daging) atau sosis dengan mayonaise.  Risoles makin nikmat jika dicocol saos tomat dan dimakan bareng cabe rawit. Tekstur kulitnya yang lembut dan kenyal sehingga mudah dikunyah membuatnya jadi jajanan favorit tak hanya bagi orang dewasa tapi juga anak-anak.

d. Sosis solo

Jajanan ini disebut sosis karena bentuknya lonjong seperti sosis namun kulitnya mirip kulit lumpia. Isi sosis solo biasanya adalah suwiran ayam yang dominan dengan rasa manis mampu berpadu dengan kulitnya yang berasa gurih,

4. Bubur Madura

Madura tidak hanya terkenal dengan sate ayamnya yang lezat. Bubur Madura yang legit bisa menjadi pilihan menu jajanan khas Ramadan yang ringan untuk takjil saat berbuka puasa. Seporsi bubur Madura kuah santan yang berisi bubur sumsum, mutiara sagu, rumput laut, "biji salak"

5. Barongko

Barongko adalah jajanan khas Ramadan dari Sulawesi Selatan. Terbuat dari pisang kepok yang dihaluskan dan dicampur santan, gula, garam kemudian dibungkus daun pisang dan dikukus hingga matang. Rasanya perpaduan gurih legit cocok dinikmati sebagai takjil di bulan Ramadan.

Nusantara yang kaya kuliner menyimpan lebih banyak lagi jajanan khas Ramadan yang bisa bikin ketagihan. Favorit kalian mana nih teman-teman?

Share:

No comments:

Post a Comment

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.