catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Tempat wisata favorit di kampung halaman

Mudik ke kampung halaman sekalian jalan-jalan emang asyik. Masalahnya jika kampung halamannya nggak cuma satu, tapi ada dua karena mudik lebaran berarti pulang ke kampung halaman sendiri dan kampung halaman suami.

Saat orang tua saya dan mertua (orang tua suami) masih ada kami mengatur jadwal mudik agar dirasa sama adil. Jadi mudik ke rumah ibu di Probolinggo terlebih dahulu, baru kemudian H-2 mudik ke Bali, rumah mertua. Pastikan aja bekalnya cukup hahaha. Alhamdulillah THR kami cukup untuk perjalanan dan sekadar oleh-oleh dan kadang sedikit angpau untuk keponakan.

Dilahirkan di Surabaya dan pindah ke Probolinggo di usia empat tahunan serta menghabiskan masa remaja di sana, membuat saya mencintai Probolinggo sebagai kampung halaman. Sebagai kota kecil, dulu Probolinggo tidak punya banyak pilihan tempat wisata, tapi Bromo dan air terjun Madakaripura ada di Probolinggo loh namun jaraknya cukup jauh dari rumah ibu. Obyek wisata, atau setidaknya tempat yang mengasyikkan buat jalan-jalan yang dapat diakses dengan mudah dari rumah adalah pelabuhan Tanjung Tembaga. Rumah ibu tidak terlalu jauh dari pelabuhan. Jangan dibayangkan pantai yang indah seperti di Bali. Tapi memandang laut lepas dan kesibukan nelayan menurunkan ikan tangkapan di pagi hari bisa menjadi hiburan tersendiri. 

Selain pelabuhan, obyek wisata Pantai Bentar juga menarik untuk dikunjungi. Paling suka view jembatan kayu yang menjorok ke pantai. Kesannya kayak di Maldives hehehe. Di bulan tertentu konon ada kawanan hiu tutul yang mampir sebentar di Pantai Bentar, tapi kami belum pernah menyaksikannya sendiri, sebab saat mudik tidak pernah bertepatan dengan musim migrasi hiu tutul.

Tempat wisata favorit di kampung halaman, Dokpri


Nah kalau pas mudik ke Bali, bisa dong menjawab pertanyaan tentang tempat wisata favorit di kampung halaman. Rumah mertua di Denpasar tapi jalan-jalan ke beberapa tempat wisata di Bali bisa dijangkau dengan naik motor. Kalau pas rezeki bisa sewa mobil saat mudik ke Bali, kami jalan-jalannya ke tempat yang lebih jauh. Bedugul salah satunya. Paling senang jalan ke daerah Bedugul, selain ke Kebun Raya Bedugul juga bisa melanjutkan perjalanan ke Danau Bratan yang terkenal keindahannya. 

Di Kebun Raya Bedugul kami bisa menikmati pemandangan hijaunya pepohonan rindang. udara segar dan kabut yang turun pelahan di kejauhan. Tapi kalau pas musim liburan panjang, seperti libur lebaran baiknya datang pagi-pagi banget agar tidak terjebak kemacetan. Wih kalau kesiangan antrian kendaraan yang mau parkir jangan ditanya panjangnya, di dalam kebun raya juga kesulitan menggelar tikar untuk menikmati suasana. 


Danau Beratan Bedugul letaknya agak lebih tinggi dari Kebun Raya Bedugul. Pemandangannya cantik sekali dan udaranya sejuk. Keberadaan pura di sini menambah magis suasana, apalagi dengan gamelan khas Bali yang menyambut pengunjung di pintu masuk. Kesan teduh, tenang, tertangkap mata dan telinga.

Bagi yang pulang kampung sekalian bisa jalan-jalan  di berbagai tempat wisata, tentu mudik lebaran adalah anugerah istimewa. Tetapi andaikan di kampung halaman tidak ada tempat wisata, bukan berarti lebaran tidak berarti. Bukankah bisa menuntaskan puasa Ramadan dengan baik dan sehat hingga Idulfitri adalah keberkahan tersendiri? Bukankan bisa berbakti kepada orang tua dengan menyambung silaturahim adalah keutamaan yang tak bisa diganti dengan apapun? Yang terpenting adalah rasa syukur di dalam hati.

Share:

No comments:

Post a Comment

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.