catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Google+ Followers

Xpander, Si Kuda Hitam MPV Indonesia

Xpander Si Kuda Hitam Menggemparkan Dunia Otomotif Indonesia
            Xpander, varian terbaru Mitsubishi menggemparkan dunia otomotif Indonesia. Sejak diluncurkan 10 Agustus 2017 pemain baru di varian low MPV ini seolah siap menantang Avanza dan Xenia yang selama satu dasawarsa terakhir merajai pasar otomotif Indonesia. Bagai kuda hitam, hadirnya tidak diperkirakan namun Mitsubishi Xpander langsung menggemparkan. Hanya selang 14 hari setelah peluncuran resminya kuda hitam di dunia otomotif nusantara sebanyak 11.521 unit Xpander telah dipesan pecinta otomotif).

PT. Mitsubishi Motors Kramayudha Sales Indonesia (MMKSI) sebenarnya hanya mentargetkan 3000-4000 unit per bulan untuk penjualan Xpander. Tentu saja data 11 ribuan SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) hingga akhir Agustus yang diterima Mitsubishi terkait varian Xpander ini adalah hal luar biasa. Data tersebut menunjukkan animo yang luar biasa dan jauh melampaui target pemasaran. Pengumpulan data SPK ini diterima oleh diler resmi MMKSI dari gelaran GIAAS 2017 dan berbagai acara peluncuran di beberapa kota di Indonesia serta konsumen yang datang langsung ke diler setelah mengetahui peluncuran mobil tersebut melalui media massa.
            Di balik kegemparan tersebut di kemudian hari terungkap bahwa dari sekitar 7000 panggilan telepon untuk memverifikasi calon konsumen Xpander ternyata hampir separuhnya tidak dapat diverifikasi. Sebagian nomor telepon tidak aktif, sebagian lagi nada sibuk, sebagian tidak berkenan melanjutkan verifikasi. Karena verifikasi yang tidak mulus ini sempat tersiar kabar bahwa penjualan Xpander tidak segembar-gembor yang diberitakan. Namun Direktur Divisi sales and marketing MMKSI, Osamu Iwaba menyatakan bahwa “validasi data” yang dimaksud sebenarnya adalah bagian dari survey. Menurut Osamu survey ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang pemesanan kendaraan dan sebagai sumber informasi. Sehingga data 11 ribuan tersebut dianggap cukup valid sebagai tolak ukur animo masyarakat terhadap Xpander.

Keunggulan Xpander
            Terlepas dari simpang siur masalah validasi data, tingginya permintaan terhadap Xpander menimbulkan pertanyaan, faktor apakah yang menjadi penyebab utama tingginya animo masyarakat? Trevor Mann, Chief Operating Officer Mitsubishi Motors Corporation mengungkapkan kunci sukses Xpander. Menurutnya kesuksesan penjualan Xpander didorong karena mobil ini menawarkan sesuatu yang berbeda, penyegaran bagi dunia otomotif Indonesia. Xpander menggabungkan elemen SUV dan MPV sehingga tampil sebagai satu varian yang menonjol di tengah maraknya pasar MPV.
            Menurut situs resmi Mitsubishi Motors beberapa poin penting ini menjadi daya tarik Xpander sehingga menjelma menjadi kuda hitam di dunia otomotif Indonesia:

1.    Desain interior yang menawan dan elegan
Interior Xpander didominasi warna beige dan hitam. Mitsubishi Xpander menyeridakan ruang-ruang penyimpanan multifungsi di setiap sisi. Terdapat glove box, coin box, seat back pocket multifungsi dan kotak penyimpanan tertutup di sekitar dashboard serta bangku depan. Terdapat cup holder di kabinet kecil yang diapit dua bangku depan. Kabinet ini juga berfungsi untuk menyimpan dokumen atau CD. Di setiap pintu terdapat ruang untuk meletakkan botol minuman. Dan yang paling menarik adalah keberadaan laci kecil yang terdapat di bawah bangku penumpang yang bisa digunakan untuk menyimpan sandal atau sepatu. Mobil tampak rapi tanpa barang berserakan.
Sumber: www.mitsubishi-motors.co.id/2017/09/25/bedah-fitur-mitsubishi-xpander/

2.    Terdapat banyak power outlet
Lowbat saat perjalanan? Tak perlu khawatir jika menumpang Xpander. Dari bangku depan, tengah dan belakang dilengkapi power outlet. Gadget bisa direcharge dan diletakkan di tempat yang aman selama proses charging berlangsung.
3.    Fitur keamanan Smart System ETACS
Fitur ini memungkinkan pintu mobil secara otomatis akan mengunci sendiri jika kendaraan ditinggalkan selama 30 detik. Praktis dan tidak perlu khawatir lupa mengunci pintu.

Beberapa fitur ini (terutama power outlet di setiap baris bangku, laci di bawah bangku belakang dan Smart System ETACS) mungkin belum ditemui di mobil MPV lain sehingga menjadi daya tarik yang sangat menonjol. Jika dibandingkan varian Mitsubishi lain seperti Pajero yang memiliki fitur keamanan yang canggih seperti FCM (Forward Collision Mitigation System) untuk mengatur pengereman khusus demi menghindari tabrakan, HDC (Hill Descent Control) untuk mengontrol kecepatan saat menurun atau BSW (Blind Spot Warning) untuk membantu pengendara mengendalikan kendaraan saat pindah jalur, tentu Xpander masih kurang bersaing. Tetapi jika dibandingkan dengan harganya Xpander sangat layak bersaing di kelas Low MPV. Bayangkan, dengan harga mobil baru mulai 189 hingga 246 jutaan sudah mendapatkan kenyamanan berkendara dilengkapi fitur canggih zaman ini. Harga yang sepadan dengan fasilitas yang ditawarkan. Berani mencoba?


(sumber : http://mitsubishixpander.com)



Share:

No comments:

Post a Comment

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.