Xpander Si Kuda Hitam Menggemparkan Dunia
Otomotif Indonesia
Xpander,
varian terbaru Mitsubishi menggemparkan dunia otomotif Indonesia. Sejak
diluncurkan 10 Agustus 2017 pemain baru di varian low MPV ini seolah siap menantang
Avanza dan Xenia yang selama satu dasawarsa terakhir merajai pasar otomotif
Indonesia. Bagai kuda hitam, hadirnya tidak diperkirakan namun Mitsubishi
Xpander langsung menggemparkan. Hanya selang 14 hari setelah peluncuran
resminya kuda hitam di dunia otomotif nusantara sebanyak 11.521 unit Xpander
telah dipesan pecinta otomotif).
PT. Mitsubishi Motors Kramayudha Sales Indonesia (MMKSI)
sebenarnya hanya mentargetkan 3000-4000 unit per bulan untuk penjualan Xpander.
Tentu saja data 11 ribuan SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) hingga akhir Agustus yang
diterima Mitsubishi terkait varian Xpander ini adalah hal luar biasa. Data
tersebut menunjukkan animo yang luar biasa dan jauh melampaui target pemasaran.
Pengumpulan data SPK ini diterima oleh diler resmi MMKSI dari gelaran GIAAS
2017 dan berbagai acara peluncuran di beberapa kota di Indonesia serta konsumen
yang datang langsung ke diler setelah mengetahui peluncuran mobil tersebut
melalui media massa.
Di balik
kegemparan tersebut di kemudian hari terungkap bahwa dari sekitar 7000
panggilan telepon untuk memverifikasi calon konsumen Xpander ternyata hampir
separuhnya tidak dapat diverifikasi. Sebagian nomor telepon tidak aktif,
sebagian lagi nada sibuk, sebagian tidak berkenan melanjutkan verifikasi.
Karena verifikasi yang tidak mulus ini sempat tersiar kabar bahwa penjualan
Xpander tidak segembar-gembor yang diberitakan. Namun Direktur Divisi sales and
marketing MMKSI, Osamu Iwaba menyatakan bahwa “validasi data” yang dimaksud
sebenarnya adalah bagian dari survey. Menurut Osamu survey ini bertujuan untuk
mengetahui latar belakang pemesanan kendaraan dan sebagai sumber informasi.
Sehingga data 11 ribuan tersebut dianggap cukup valid sebagai tolak ukur animo
masyarakat terhadap Xpander.
Keunggulan
Xpander
Terlepas dari simpang
siur masalah validasi data, tingginya permintaan terhadap Xpander menimbulkan
pertanyaan, faktor apakah yang menjadi penyebab utama tingginya animo
masyarakat? Trevor Mann, Chief Operating Officer Mitsubishi Motors Corporation
mengungkapkan kunci sukses Xpander. Menurutnya kesuksesan penjualan Xpander
didorong karena mobil ini menawarkan sesuatu yang berbeda, penyegaran bagi
dunia otomotif Indonesia. Xpander menggabungkan elemen SUV dan MPV sehingga
tampil sebagai satu varian yang menonjol di tengah maraknya pasar MPV.
Menurut situs resmi Mitsubishi Motors beberapa poin penting ini menjadi daya tarik Xpander sehingga
menjelma menjadi kuda hitam di dunia otomotif Indonesia:
1. Desain interior yang menawan dan elegan
Interior Xpander didominasi warna beige dan hitam. Mitsubishi Xpander menyeridakan ruang-ruang
penyimpanan multifungsi di setiap sisi. Terdapat glove box, coin box, seat back pocket multifungsi dan kotak
penyimpanan tertutup di sekitar dashboard serta bangku depan. Terdapat cup
holder di kabinet kecil yang diapit dua bangku depan. Kabinet ini juga
berfungsi untuk menyimpan dokumen atau CD. Di setiap pintu terdapat ruang untuk
meletakkan botol minuman. Dan yang paling menarik adalah keberadaan laci kecil
yang terdapat di bawah bangku penumpang yang bisa digunakan untuk menyimpan
sandal atau sepatu. Mobil tampak rapi tanpa barang berserakan.
Sumber: www.mitsubishi-motors.co.id/2017/09/25/bedah-fitur-mitsubishi-xpander/ |
2. Terdapat banyak power outlet
Lowbat saat perjalanan? Tak perlu khawatir jika menumpang Xpander. Dari
bangku depan, tengah dan belakang dilengkapi power outlet. Gadget bisa direcharge dan diletakkan di tempat yang
aman selama proses charging berlangsung.
3. Fitur keamanan Smart System ETACS
Fitur ini memungkinkan pintu mobil secara otomatis akan mengunci
sendiri jika kendaraan ditinggalkan selama 30 detik. Praktis dan tidak perlu
khawatir lupa mengunci pintu.
Beberapa
fitur ini (terutama power outlet di setiap baris bangku, laci di bawah bangku
belakang dan Smart System ETACS) mungkin belum ditemui di mobil MPV lain
sehingga menjadi daya tarik yang sangat menonjol. Jika dibandingkan varian
Mitsubishi lain seperti Pajero yang memiliki fitur keamanan yang canggih seperti
FCM (Forward Collision Mitigation System)
untuk mengatur pengereman khusus demi menghindari tabrakan, HDC (Hill Descent Control) untuk mengontrol
kecepatan saat menurun atau BSW (Blind
Spot Warning) untuk membantu pengendara mengendalikan kendaraan saat pindah
jalur, tentu Xpander masih kurang bersaing. Tetapi jika dibandingkan dengan
harganya Xpander sangat layak bersaing di kelas Low MPV. Bayangkan, dengan
harga mobil baru mulai 189 hingga
246 jutaan sudah mendapatkan kenyamanan berkendara dilengkapi fitur canggih
zaman ini. Harga yang sepadan dengan fasilitas yang ditawarkan. Berani mencoba?
(sumber : http://mitsubishixpander.com) |
No comments:
Post a Comment