catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Google+ Followers

Perbedaan Avanza G dan E

Avanza, Rajanya MPV Indonesia

            Avanza, siapa tak kenal rajanya Low MPV Indonesia yang satu ini. Kehadirannya berhasil memikat hati konsumen. Hingga pertengahan semester tahun 2017 Avanza selalu menduduki puncak penjualan tertinggi sebagai mobil terlaris di Indonesia. (baca: ini)
Sejak diperkenalkan pertama kali pada tahun 2004 Avanza (dan Xenia) hanya butuh waktu 10 tahun saja untuk mencapai penjualan 1,5 juta unit. Padahal Toyota Kijang generasi sebelumnya membutuhkan waktu 36 tahun untuk mencapai rekor penjualan 1,5 juta unit (referensi: media massa)
            Modelnya yang trendy, harga terjangkau, dealer dan bengkel resmi yang mudah ditemui dengan pelayanan memuaskan ditengarai menjadi faktor-faktor yang menyebabkan Avanza laris di pasaran. Mobil jenis Low MPV ini juga merajai persewaan mobil sebab terbilang cukup irit bahan bakar dan nyaman dikendarai dalam sebuah perjalanan panjang dengan 7 penumpang.

Perbedaan Avanza G dan E

Meski selalu menempati puncak penjualan namun tidak membuat pabrikan Jepang Toyota puas dengan model Avanza. Berbagai inovasi ditawarkan dalam jangka waktu tertentu. Salah satunya adalah dengan diperkenalkannya dua varian Avanza yaitu tipe E dan G. 
Avanza E dan G sumber http://www.toyota.astra.co.id

Bagaimanakah perbedaan keduanya? Beberapa poin berikut memaparkan perbedaan yang mendasar antara Avanza tipe E dan G.

1.    Fitur
Avanza tipe E dan G dipasarkan dalam dua pilihan mesin yaitu 1500 cc yang dikenal dengan sebutan 1.5L dan 1300cc yang disebut 1.3L. Semua Avanza baik tipe E maupun G 1300cc hadir dalam transmisi manual dan otomatis. Namun tipe 1.5G hanya dipasarkan dalam satu varian saja yaitu 1.5 G M/T. Terdapat perbedaan mendasar antara Avanza E dan G baik dari sisi interior maupun eksterior. Avanza 1.3E merupakan tipe paling bawah dari Grand New Avanza. Lampu depan Avanza 1.3E menggunakan halogen dengan multireflektor sama seperti tipe 1.3G namun tipe 1.3E tidak memiliki lampu kabut atau fog lamp. Avanza tipe 1.3G memiliki eksterior samping pada kaca spion yang serupa dengan warna bodi dan dilengkapi fitur pengaturan elektrik serta turn signal lamp. Sedangkan Avanza tipe 1.3E tidak memiliki fitur turn signal lamp. Back door garnish pada Avanza tipe 1.3G berawarna krom dan untuk tipe 1.E berwarna silver. Khusus pada Avanza tipe 1.3G ditambahkan aksesoris berupa emblem huruf G dibalut warna biru seperti pada logo Hybrid pada bodi samping kanan serta dilengkapi fitur rear smoothing panel. Sementara pada tipe E tidak terdapat emblem dan fitur ini.
Avanza 1.3G sumber http://www.toyota.astra.co.id

Ditinjau dari segi interior Avanza tipe 1.3G dan 1.3E sama-sama menggunakan perpaduan warna hitam dan coklat. Perbedaanya adalah pada bagian audio system. Pada tipe 1.3E audio systemnya menggunakan warna hitam, demikian juga halnya pada panel pintu dan shift lever knob yang juga berwarna hitam. Sedangkan pada tipe 1.3G menggunakan warna silver pada audio system, panel pintu dan shift lever knob.
Perbedaan berikutnya adalah pada unit audio systemnya. Meski sama-sama menggunakan tipe 2 DIN CD AM/FM AUX namun untuk audio Avanza tipe 1.3E tidak dilengkapi fitur bluetooth.
Fitur keamanan dan kenyamanan Avanza cukup baik. Semua jenis varian telah dilengkapi fitur Side Impact beam dan rangka sampingnya diperkuat dengan penambahan baja. Pada Avanza tipe G juga dilengkapi dengan immobilizer yang tidak terdapat pada Avanza seri E.

2.    Harga
Perbedaan mendasar pada fitur-fitur Avanza tipe E dan G menyebabkan perbedaan harga jual. Avanza tipe E dijual mulai harga 190 jutaan. Avanza tipe G ditawarkan dengan harga 220 jutaan. Lebih lengkapnya terdapat pada tabel berikut 
3.    Kelebihan dan Kekurangan
Avanza E dan G memiliki dimensi yang sama namun lebih panjang 50 mm dibandingkan Avanza generasi sebelumnya. Mesin Avanza terbaru baik tipe E maupun G juga lebih besar dibandingkan Avanza lama. Grand New Avanza menggunakan mesin berkapasitas 1329 cc. Avanza lama menggunakan mesin 1298 cc. Hal ini menjadi kelebihan sekaligus kekurangannya. Sebab pabrikan otomotif saat ini berlomba menawarkan mobil low MPV ber-cc rendah demi alasan hemat energi (BBM). Kekurangan dari Avanza tipe E tidak memiliki fog lamp padahal fitur ini dibutuhkan untuk keselamatan berkendara di tengah hujan deras atau kabut tebal.

Jika memiliki dana 200 jutaan Avanza tipe E atau G adalah pilihan yang tepat untuk kebutuhan mobil baru Anda. Membandingkan penawaran harga terbaik pun tak perlu putar-putar kota keliling diler sebab kini telah ada Mobiloka. Perburuan mobil baru bisa lebih efisien serta hemat waktu dan tenaga, cukup dengan memainkan jari di dunia maya.


Share:

No comments:

Post a Comment

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.