catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Google+ Followers

Membandingkan Sigra dan Calya

Kebutuhan Publik Akan Mobil Murah

            Memiliki mobil adalah impian sebagian besar keluarga Indonesia. Mobil bukan kebutuhan primer namun keberadaannya sangat membantu aktivitas terutama di saat-saat tertentu seperti mudik lebaran dan rekreasi. Saat ini mobil pribadi terutama jenis MPV bisa menjadi modal usaha misalnya taksi online atau mobil rental.
            Daya beli masyarakat Indonesia di bidang otomotif kurang menggembirakan sejak krisis ekonomi menerpa beberapa tahun belakangan. Maka kehadiran mobil murah sangat membantu masyarakat mendapatkan mobil impian. Dua jenis mobil MPV yang harga jualnya cenderung terjangkau adalah Daihatsu Sigra dan Toyota Calya. Kehadiran dua jenis mobil ini mengingatkan kembali pada booming penjualan Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza. Meski diproduksi oleh pabrikan yang sama namun dari segi harga Sigra dan Calya cenderung lebih murah. Meskipun demikian Sigra dan Calya dilengkapi dengan fitur-fitur terbaru seperti spion elektrik, wiper belakang, immobilizer dan audio head unit double din yang dilengkapi koneksi USB serta Aux.
Toyota Calya. Sumber : Toyota.co.id

            Peluncuran Calya dan Sigra pada bulan Agustus 2016 menarik perhatian khalayak ramai. Apalagi produk otomotif ini menggunakan 94 persen komponen lokal. Penamaan keduanya berasal dari bahasa Sansekerta. Calya berarti prima dan Sigra bermakna responsif. Julukan yang tepat untuk produk otomotif. Bagi konsumen yang menginginkan mobil baru LCGC (Low Cost Green Car) yang ramah lingkungan, kedua kendaraan ini adalah pilihan tepat. Kapasitas mesin Toyota Calya dan Daihatsu Sigra berkisar antara 998 CC hingga 1197 cc. Toyota Calya type E dan G serta Daihatsu Sigra type M,R dan X memiliki kapasitas mesin 1197 cc. Sedangkan Daihatsu Sigra type D berkapasitas mesin 998 cc. Dengan kapasitas mesin lebih kecil kedua merek ini lebih hemat bahan bakar dibandingkan MPV lain seperti Ertiga, Avanza dan Mobilio.
            Meski tergolong mobil LCGC namun fitur Calya dan Sigra cukup lengkap. Produsen keduanya memperhatikan masalah kenyamanan dan keamanan pengendara serta penumpang. Calya dan Sigra dilengkapi rem ABS, retractable safety belt dan side impack beam sebagai fitur yang melindungi keamanan berkendara.

Sumber http://www.toyota.co.id/product/calya/features/safety

 SRS (Supplemental Restraint System) Airbag melengkapi Toyota Calya dan Daihatsu Sigra mulai type X. Cup holder di setiap baris bangku mobil Daihatsu Sigra dan Toyota Calya menjadikan penumpang merasa nyaman dan tak khawatir tumpah ketika meletakkan botol minuman selama perjalanan.

SRS Airbag pada Sigra Type X. Sumber daihatsu.co.id

Membandingkan Sigra dan Calya
            Bagaimanakah membedakan Sigra dan Calya? Sekilas kedua jenis mobil ini tampak mirip namun ada perbedaan mendasar antara keduanya antara lain:
1.    Fitur
Interior Sigra mempesona dengan sentuhan two tone color yang modern dan stylish.  Interior Calya didominasi warna coklat dan hitam. Perbedaan lainnya tampak pada bagian aliran udara. Toyota Calya memiliki aliran udara yang menyatu dengan bumper. Pada Daihatsu Sigra aliran udaranya dibuat terpisah. Daihatsu Sigra memiliki cover foglamp yang meruncing dengan posisi horizontal. Sedangkan pada Toyota Calya posisi cover foglamp vertikal dengan desain cenderung tajam.
Daihatsu Sigra sumber daihatsu.co.id

2.   Harga
Ditinjau dari harga Daihatsu Sigra dibandrol dari harga 108,9 juta rupiah hingga 149 jutaan Toyota Calya dijual dengan harga mulai dari 135 hingga 152 Juta rupiah. Toyota Calya dijual lebih mahal sebab fitur-fiturnya lebih lengkap dibandingkan Sigra.

3.   Kelemahan dan kelebihan
Kelebihan Calya terletak pada merek Toyota yang disandangnya. Merek Toyota rata-rata memiliki harga jual kembali yang lebih tinggi daripada merek mobil lainnya. Namun Sigra memiliki kelebihan pada knalpotnya yang lebih besar dengan adanya muffler panduan. Sementara Calya hanya memiliki pipa knalpot yang polos. Kedua merek mobil ini sama-sama berkapasitas 7 penumpang. Daihatsu Sigra dan Toyota Calya dilengkapi fitur yang memperhatikan faktor keamanan. Namun fitur-fitur ini tidak terdapat pada Daihatsu Sigra tipe standard, inilah salah satu kelemahan Sigra. Kedua jenis mobil ini sama-sama hemat bahan bakar sebagai kelebihannya. Namun keduanya juga memiliki kelemahan pada plat bodynya yang lebih tipis dibandingkan mobil MPV lainnya.

Ingin mencoba peruntungan di bisnis taksi online? Sigra dan Calya adalah pilihan tepat sebagai modal utama.

Share:

1 comment:

  1. Ada yg sudah pernah menggunakan Daihatsu Sigra u/ Taksi Online?

    ReplyDelete

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.