Google+ Followers

Wednesday, October 11, 2017

Mengenal Fitur dan Keunggulan Mobilio RS

Sejarah Mobilio
            Mobilio RS merupakan Mobilio type eksklusif. Mobil berkapasitas tujuh penumpang ini diklaim sebagai produk terlaris Honda di Indonesia saat ini. Penjualan Mobilio pada semester awal 2017 mencapai 23.085 unit atau sekitar 24,7 persen dari total penjualan sementara pabrikan Jepang tersebut yang mencapai 93.262 unit. (sumber https://otomotif.tempo.co/read/892668/mobilio-mobil-honda-paling-laris-di-semester-i-2017)
Menurut sejarahnya Mobilio adalah mobil MPV Boxy yang dirilis di Jepang pada Tahun 2001 – 2008. Mobil tersebut kurang populer di Jepang karena karakternya tidak cocok dengan kebutuhan masyarakat negeri matahari terbit ini.

Sumber : https://www.honda-indonesia.com/
Presdir HPM Tomoki Uchida dalam sebuah kesempatan memaparkan bahwa tidak ada arti khusus. Penyebutannya mengacu pada kendaraan yang bisa mobile dan diucapkan dalam bahasa Italia. Inti namanya hanya agar mudah diucapkan dan mudah diingat. Popularitas Mobilio disebut mampu bersaing dengan popularitas Avanza dan Xenia. Fakta ini terpapar dalam berita yang dirilis salah satu media. Fakta lainnya mobilio banyak digunakan sebagai armada untuk angkutan taksi online dan bersaing dengan popularitas Xenia dan Avanza yang dikenal sebagai rajanya mobil sewaan. Artinya Mobilio dianggap memenuhi kriteria mobil sewa pada umumnya yaitu nyaman, hemat bahan bakar dan biaya perawatannya murah.

Perbandingan Mobilio RS dan Mobilio lainnya

            Pada umumnya setiap kali rilis mobil jenis baru yang merupakan facelift atau varian terbaru dari satu jenis mobil maka ada beberapa fitur tambahan yang menjadi andalan. Namun tak menutup kemungkinan varian lama juga masih memiliki keunggulan. Berikut ini adalah perbandingan antara Mobilio RS dan Mobilio lain.
1.    Fitur
Secara garis besar varian Mobilio terdiri dari Mobilio S, Mobilio E, Mobilio E CVT, Mobilio RS dan Mobilio RS CVT. Spesifikasi mesin segala jenis Mobilio tidak ada perbedaan; 1.5 L SOHC 4 silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW. Perbedaan mendasar terletak pada fitur tambahannya terutama pada fitur audio. Mobilio RS (baik Mobilio RS maupun Mobilio RS CVT) dilengkapi audio layar sentuh 6.8 inchi yang tertanam di dalam dashboardnya. Sementara Mobilio type S, Mobilio E dan Mobilio E CVT hanya memiliki audio layar sentuh 6.2 inchi. Sistem multimedia Mobilio RS juga lebih canggih karena bisa terhubung dengan smartphone melalui bluetooth dan port USB. Sementara Honda Mobilio S dan Mobilio E hanya dilengkapi Aux Input saja, Mobilio E CVT dilengkapi Aux input dan port USB (tanpa bluetooth). Mobilio RS sangat memperhatikan kualitas audio sebagai bagian dari kenyamanan penumpang. Jumlah speakernya ada enam buah ( 4 speaker berada di depan dan belakang dan 2 Tweeter speaker dekat jendela). Jumlah speaker pada Mobilio RS lebih banyak dari jumlah speaker Mobilio lainnya yang hanya berjumlah empat buah. Honda Mobilio RS juga dapat dikenali ciri khasnya dari warna two tone eksteriornya. Mobilio RS CVT dirilis dengan warna oranye dan atap berwarna hitam sehingga tampak trendy dan stylish.

2.    Harga
Mobilio RS dibandrol lebih mahal daripada Mobilio lain. Menurut situs resminya Honda Mobilio S dijual dengan harga 189,5 juta rupiah, Honda Mobilio E dibandrol 210 juta rupiah, Honda Mobilio E CVT dijual dengan harga 221 juta rupiah. Sedangkan Mobilio RS dijual seharga 233 juta rupiah dan termahal adalah Honda Mobilio RS CVT seharga 243,5 juta rupiah.

3.    Keunggulan dan Kelemahan Mobilio RS
Keunggulan Mobilio RS yang paling menonjol dibandingkan Mobilio lain adalah kelengkapan fitur keamanan. Mobilio RS dilengkapi fitur Vehicle Stability Assist (VSA) yaitu fitur yang membantu menjaga laju kendaraan tetap stabil ketika bermanuver. Fungsi utama fitur ini adalah meminimalkan resiko over atau understeer yang bisa mengakibatkan ketidakseimbangan kemudi saat menikung tajam. Mobil RS CVT semakin lengkap dengan fitur Hill Start Assist (HSA) yang mampu menahan laju kendaraan agar tidak menggelinding ata meluncur saat berhenti sejenak ketika harus mendaki di tanjakan.
Meskipun demikian Mobilio RS masih memiliki kekurangan, antara lain kaca spionnya yang tidak dapat melipat otomatis saat mobil dikunci dari luar. Mobilio RS dengan harga lebih mahal juga belum dilengkapi fitur defogger kaca belakang. Padahal fitur ini dibutuhkan untuk membersihkan kaca mobil agar tidak menutupi pandangan tatkala kabut dan hujan deras. Mobilio RS juga kehilangan lampu utama model proyektor yang menjadi ciri khas Mobilio generasi sebelumnya.

Jika ingin memilki Mobil baru untuk memulai bisnis rental mobil atau taksi online, Mobilio adalah salah satu pilihan tepat. Mobil ini telah terbukti merajai pangsa pasar otomotif Indonesia dan menarik perhatian konsumen karena kenyamanan yang ditawarkannya.


No comments:

Post a Comment